ELEMEN PENTING BICARA EFEKTIF

Elemen Penting Bicara Efektif

Lenny Laskowski
LJL Seminars


"Setengah dunia terdiri dari orang-orang yang punya sesuatu untukdibicarakan dan mereka tidak bisa melakukannya; setengahnya lagi tidakpunya apa-apa untuk dibicarakan dan mereka tetap berbicara."

Setiap orang bisa berbicara. Tidak setiap orang bisa berbicara denganefektif. Untuk bisa efektif dalam berbicara ada enam elemen yang harusdipertimbangkan.SIAP BICARA

Kesiapan adalah elemen terpenting. Berapa kali Anda melatih bicaraAnda? Sebagai pedoman umum, Anda harus menghabiskan waktu sekitar 30jam untuk persiapan dan latihan bicara jika Anda akan berbicara selama1 jam. Gunakan tape atau video untuk merekam latihan Anda. Ini akanmembantu Anda mendapatkan gambaran akurat tentang bagaimana Andaberbicara.BERIKAN DIRI ANDA

Gunakan contoh dan kisah atau pengalaman pribadi yang patutdiceritakan jika memungkinkan. Pastikan bahwa cerita Anda memangmembantu dalam memberi penekanan terhadap poin-poin Anda. Cerita Andaharus "nyambung" dengan pesan yang ingin Anda sampaikan. Gunakancontoh-contoh dari kehidupan pribadi dan profesi Anda untukmenunjukkan poin yang Anda maksud.RILEKSUntuk bisa rileks, Anda harus sudah siap. Juga, fokuslah pada "pesan"dan bukan pada "audience". Gunakan gerakan tubuh, termasuk caraberjalan. Latihlah bagian pembukaan dari bicara Anda dan rencanakandengan tepat bagaimana Anda akan mengatakannya. Audience akan menilaiAnda dalam 30 detik pertama sejak mereka melihat Anda.GUNAKAN HUMOR ALAMIAH

Jangan coba-coba menjadi stand up comedian. Gunakan humor yang naturalterhadap diri Anda sendiri, tentang sesuatu yang Anda katakan atauAnda lakukan. Pastikan bahwa Anda tidak meng"humori" orang lain yangmenjadi bagian dari audience. Orang akan tertawa BERSAMA Anda jikaAnda melakukannya dengan bijak. Asal, Anda tidak berlebihanmelakukannya.RENCANAKAN POSISI TUBUH DAN TANGAN

Selama latihan, perhatikanlah momen-momen di mana Anda bisamenggunakan "olah tubuh". Tetapkan tiga posisi di mana Anda akanberdiri dan latihlah tidak hanya bagaimana bergerak akan tetapi jugakapan Anda bergerak. Ambil tiga posisi, satu di tengah panggung, satudi kanan Anda, dan satu lagi di kiri Anda. Jangan bersembunyi dibelakang podium. Jika Anda memang perlu melakukan kontak mata,lakukanlah selama Anda bergerak.

PERHATIKAN DETIL

Pastikan bahwa Anda akan berbicara di tempat yang tepat. Pastikanbahwa Anda bisa sampai ke sana lebih cepat dari saat Anda harus mulaibicara. Tanyakan berapa banyak yang akan hadir dan mendengarkan Anda.Pastikan bahwa Anda membawa semua alat bantu visual yang dibutuhkantermasuk handout. Datanglah lebih cepat sehingga Anda bisa melakukanobservasi pendahuluan dan melakukan pembenahan di menit-menit terakhirsebelum Anda mulai bicara.

Adalah sangat penting bahwa Anda memperhatikan detil sekecil apapun.Anda tidak akan berlebihan dalam berencana. Ingatlah "he who fails toplan is planning for failure".

Lenny Laskowski adalah seorang international professional speaker danpenulis buku "10 Days to More Confident Public Speaking".

Bergabunglah dengan milis BICARA di:
http://groups.yahoo.com/group/bicara/atau kirim email kosong ke:
http://groups.yahoo.com/group/pendidikan/post?postID=40C1vtEDaUblRp4GJHsmGGsU4shkPEJ3S2RBY8HpsHoAUMzJg4zNC_oXAeCrEGg6a-nj_ZVN6iBjjNPff0HSUzWvaY4kKAMarilah belajar bersama memahami fenomena berbicara.
MILIS BICARA.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CERITA PENDEK ON-LINE KARYA SISWA-SISWI KELAS XII IPA 3 TAHUN 2014/2015

CERITA PENDEK ON-LINE KARYA SISWA-SISWI KELAS XII IPA 2 TAHUN 2014/2015

LKS MEMBERIKAN TANGGAPAN-SANGGAHAN-PENOLAKAN PENDAPAT KELAS XII MIPA 6 TAHUN 2015/2016