LKPD 3.4: Kalimat Efektif Kelas XII IPS 2 Xadupa


PETUNJUK
  1. Gunakan jejaring yang benar untuk mencari dan memahami konsep, ciri-ciri, struktur, dan bahasa kalimat efektif!
  2. Lacak di sumber yang bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya!
  3. Pahami baik-baik tabel pembagian tugas yang disajikan atau diberikan di kelas, lantas kerjakan soal sesuai dengan alokasi dan proseduralnya! 
  4. Perhatikan aturan dan tata tertib pengiriman jawaban kalian sebagaimana telah dijelaskan!
  5. Jawaban kalian dikirim melalui komentar, dengan catatan: 1) email sesuai dengan indikasi daftar nama dari sekolah, tidak diperkenankan nama selengekan, seronok; 2) tulis nama dan nomor absen di dalam jawaban tersebut; 3) Ikuti batas waktu yang ditentukan!
SOAL
  1. Berilah batasan atau konsep kalimat efektif dengan menggunakan sumber yang baik, minimal 3 (tiga) sumber yang saling melengkapi variabel pengertiannya. Bila di sumber pertama telah menemukan variabel A, pada sumber kedua dan seterusnya, kalian harus cari variabel B, C, dan seterusnya. Lebih baik kalian kutip bagian yang mengandung variabel sebagaimana yang dimaksud! Lantas, tulislah simpulan, misalnya, kalian tinggal merangkai variabel konsep tersebut ke dalam pengertian yang jelas. Simpulan: Kalimat efektif adalah A, B, dan C.
  2. Carilah ciri-ciri kalimat efektif dengan menggunakan berbagai sumber, lantas buatlah rangkaian simpulan ciri-ciri kalimat efektif tersebut! Kalian bisa menggunakan pola di atas sehingga simpulannya mengandung banyak variavel yang menjadi ciri kalimat efektif!
  3. Kerjakan soal di bawah ini sesuai dengan tabel berikut! Kalian diminta mengubah kalimat soal menjadi kalimat efektif!
          Deskripsi pembagian tugas sebagaimana tertuang dalam tabel berikut. 


No.

No. absen

No. Soal
1
1, 10, 11, 21, 29
1, 5, 10. 15. 20, 25, 30
35, 40, 45, 50, 55, 60, 65, 70
2
2, 12, 19, 22, 30
2, 7, 12, 17, 22, 27, 32
37, 42, 47, 52, 57, 62, 67, 72
3
3, 13, , 20, 23, 31
 3, 8, 13, 18, 23, 28,33
38, 43, 48, 53, 58, 63, 68, 73
4
4, 14, 24, 32
4, 9, 14, 19, 24, 29, 34
39, 44, 49, 54, 59, 64, 69, 74
5
5, 15, 25, 33
5, 8, 11, 14, 17, 21, 24, 27, 29, 32, 35, 38, 41, 44, 47
6
6, 16, 26, 34
3, 6, 12, 15, 18, 21, 24,36, 39, 45 , 48, 51, 54, 57, 63
7
7, 17, 27, 35
4, 8,  16, 20, 24, 28, 3248, 52, 56, 60, 64, 68, 72, 75
8
8, 9, 18, 28
7, 14, 21, 28, 35, 42, 49, 52, 56, 59, 63, 70, 71, 74, 75


Kompetensi dasar : Siswa mampu menyampaikan gagasan dengan menggunakan ahasa secara benar                                       dan tepat sebagai hasil proses berpikir yang cermat
Indikasi :
2.1 Siswa mampu menggunakan kesepadanan kalimat secara tepat dan benar
2.2 Siswa mampu menggunakan keparalelan kalimat secara tepat dan benar
2.3 Siswa mampu menggunakan kehematan kata dalam kalimat secara tepat dan benar
2.4 Siswa mampu menggunakan keterpaduan gagasan dalam kalimat secara tepat dan benar
2.5 Siswa mampu menggunakan kalimat dengan sistem ejaan dan penalaran yang benar


Perbaikilah kalimat-kalimat berikut menjadi kalimat yang efektif! Lihatlah juga kebakuan bahasanya!
  1. Karena terlambatnya datangnya bantuan dari pemerintah setempat, maka masyarakat pengungsi korban banjir di daerah itu amat mendambakan bantuan dari masyarakat sekitar.
  2. Fakta dari keuangan perbankan menunjukkan tentang adanya manipulasi proyek sehingga sang terdakwa tak bisa mengelak lagi dari perkara itu.
  3. Kalian-kalian itu kurang mempunyai pola cara mengatur diri yang baik, tetapi memiliki semangat yang bagus buat maju sehingga mampu memenuhi kebutuhan minimal yang seharusnya ada, tetapi belum bisa mencerminkan pribadi yang baik.
  4. Kamu-kamu itulah yang semestinya mengerti tentang masalah yang hendak dibahas di depas kelas nanti, jangan kalian serahkan semua maslah-masalah itu padaku.
  5.  diketahui tidak memiliki SIM dan STNK, Polantas akirnya segera menilang pengemudi kendaraan bermmotor gelap itu.
  6. Caranya ialah mereka-mereka itu melakukan kongkalingkong kepada para pejabat pajak.
  7. Jepang telah dapat mensukseskan kemajuan teknologi dlam berbagai bidang.
  8.  permasalahan yang kami ingin paparkan adalah mengenai hubungan logis antara sistem kurikulum dengan prestasi pembelajaran siswa.
  9. Pajak tersebut seharusnya digunakan untuk mensejahterakan rakyat Indonesia, bukan sebagai kepentingan pribadi.
  10. Upah buruh harus dinaikkan di mana mereka merasa terpenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya.
  11. Menulis cerita sebenarnya adalah merupakan suatu kegiatan yang relatif gampang dan mudah dilakukan bagi seorang pemeduli tentang peristiwa hidup dan kehidupan yang terjadi di sekitarnya atau sekitar kita.
  12. Saban waktu, detik demi detik, menit demi menit, jam demi jam, hari demi hari, hingga satuan waktu minggu, bulan, dan tahun, bahkan satuan waktu yang lebih panjang lagi, baik abad maupun milenium, semuanya dapat ditulis sesuai dengan hasil pengamatan dalam kepekaan nurani intuitif jurnalistik.
  13. Untuk menaggulangi tawuran massal di kalangan para siswa dapat ditangulangi dengan cara menyediakan kegiatan sibuk di sekolah yang menyenangkan.
  14. Acara berikutnya adalah sambutan Kepala Sekolah, waktu dan tempat kami persilakan.
  15. Dari penyidikan yang dilakukan Tim KPK itu membuktikan bahwa terdakwa terbukti melanggar ketentuan hukum dan prosedural berkaitan dengan tugas dan wewenangnya.
  16. Daerah dari mana asal tenaga kerja wanita itu didatangkan terletak jauh di daerah-daerah pedesaan, terutama alangan ekonomi menengah ke bawah.
  17. Unjuk rasa bertujuan untuk memperjuangkan tentang aspirasi orang kecil, sikap kritis terhadap kebijaksanaan pemerintah, dan masalah keberlangsungan hidup rakyat-rakyat kecil.
  18.  wacana di atas adalah menandakan bahwa pengalaman amat berharga dalam dunia menulis, apalagi bagi seorang jurnalis atau cerpenis maupun novelis.
  19. Ini memperkuat bahwa jika pengalaman yang dialami seseorang memberikan kesan memori demikian kuat dalam syaraf memorinya, dan kekuatan syaraf memori serta keterbatasannya mendorong seseorang untuk menuliskan kekayaaan batinnya itu dengan maksud ingin berbagi kisah kepada orang lain.
  20. Kekayaan batin hasil kepekaan dan kecermatan penulis akhirnya berujung pada kelegaan batin penulis serta dibarengi dengan perolehan pendapatan penulis itu.
  21. Pengalaman terhadap peristiwa sehari-hari bisa menjadi inspirasi dalam menulis, baik itu berita kisah (feature), fragmen, sketsa, lukisan peristiwa, dan cerpen atau novel.
  22. Cara paling bagus yaitu adalah menuliskan sesuatu yang relatif akrab dan dekat dengan kita disertai dengan melalui riset ke lapangan (field research); melakukan observasi dan wawancara atau di rumah saja (desk research), membaca buku dan menjelajahi internet.
  23. Pengalaman J.K. Rowling ketika saat menulis Harry Potter melakukan hal tersebut guna memberima aroma latar tempat yang lebih tepat dan sesuai dengan suasana yang diharapkan.
  24. Para calon-calon  pengarang pemula selalu merasa takut ketika hendak memulai menuliskannya. Ide sudah didapat. Sinopsis sudah dibuat. Para tokoh dan karakter komplit. Konflik aduhai. Ending mengejutkan atau menggetarkan. So, menunggu apa lagi?
  25. Thomas Alfa Edison, si dia orang penemu listrik itu, mengalami kegagalan sebanyak 9000an kali, tetapi dia tidak kapok-kapok.
  26. Menulis adalah merupakan pekerjaan yang membutuhkan ketekunan seperti seorang Edison, gigih, kesungguhan hati, kekerasan hati, dan tentu kerja keras. Gagal dengan tulisan, menulis lagi.
  27. Jika menulis andaikata diibaratkan kita sedang menaiki sepeda motor, membaca buku adalah bensinnya.
  28. Kemudian selanjutnya bersosialisasi biasanya dimulai dengan membuat konsensus, gaul, lalu bikin komitmen tertentu dan bila di antaranya orang-orang itu terdapat ada kecocokan, maka akan dilanjutkan dengan bermasyarakat.
  29. Sumber yang dapat dipercaya, menunjukkan bahwa dari sebanyak 700 guru yang mengusulkan kenaikan pangkat ke IV. b ke atas, hanya 22 % saja yang berhasil lolos.
  30. Mantan Presiden Repulik Indonesia yang kedua, Haji Muhammad Soeharto meninggal dunia setelah dirawat di RSPP Jakarta Pusat selama hampir tiga miggu dalam usia 86 tahun.
  31. Di mana-mana, di kampung-kampung, di kantor-kantor, di rumah-rumah, memperingati hari Sumpah Pemuda dengan khidmat.
  32. Generasi muda sekarang harus selalu berpikir dan ambil sikap yang tepat secara simultan di mana pada masa globalisasi nanti banyak fenomena-fenomena terjadi yang sering kita abaikan.
  33. Caranya ialah mereka melakukan kongkalingkong kepada para pejabat pajak.
  34. Jepang telah dapat mensukseskan kemajuan teknologi dalam berbagai bidang-bhidang kehidupan.
  35. Di kelas menulis Rumah Dunia, 4 keterampilan berbahasa yaitu adalah prosedur yang harus ditempuh jika ingin bisa menuangkan gagasan dalam bentuk karangan.
  36. Dia harus mau mendengar, berbicara, baca, dan akhirnya menulis sebab  keempat hal ini adalah prasarat utama sebelum kita betul-betul menjadi pengarang profesional.
  37. Reaksi anggota masyarakat tidak ada tujuan lain, kecuali demi untuk memperingatkan pengemudi kendaraan bila melewati daerah itu.
  38. Di suatu tempat di mana orang dapat mengembangkan gagasannya peneliti itu mempromosikan gagasannya dengan lancar.
  39. Pada masa ini pula kekuatan dengan kepercayaan diri juga muncul dan berkembang.
  40. Bersosialisasi berarti upaya mencari seorang teman dekat dan di dalamnya terdapat hubungan belajar mengkomunikasikan dengan orang sekitar, membangun kedekatan emosi, dan proses pendekatan kepribadian
  41. Saya akhirnya menyerah menuruti perintahnya sebab kalau tidak saya pasti babak belur semua anggota badan saya.
  42. Pada wajah itu menggambarkan keceriaan masa depannya sebagai seorang pembawa acara.
  43. Dengan semakin berambahnya siswa putus sekolah akan menimbulkan masalah pertambahan penduduk usia sekolah yang menganggur.
  44. Banyaknya sampah di masyarakat perkotaan adalah merupakan akibat tidak disiplinnya penduduk kota memilah-milah sampah organik dan sampah nonorganik.
  45. Menurut Mendiknas dalam sebuah wawancara televisi mengatakan jumlah tenaga terdidik di desa-desa sangat kurang
  46. Menurut mereka pemberdayaan masyarakat berarti upaya mencari sumber daya manusia sebanyak mungkin dan di dalamnya terdapat hubungan saling berkait-kaitan dengan pasar global, yang membangun kekuatan ekonomi masyarakat, terus proses pemasaran globalnya.
  47. Para kaum agamawan dan para tokoh masyarakat sangat berpengaruh terhadap anggapan dasar masyarakat mengenai kerukunan beragama yang kian mengancam meraja lela dalam semua lini masyarakat.
  48.  dilahirkan di tengah-tengah rakyat, sehingga karenanya saya merasakan betapa dahsyatnya penderitaan rakyat.
  49. Kami sekelas diberi tanggung jawab merancang program rekreasi liburan, pemesanan transpotasi, menentukan biaya penginapan, dan mengatur konsumsi selama dalam perjalanan.
  50. Mengenai tentang siapa siswa yang akan menjadi ketua romobongan di acara rekreasi tersebut tadi kami sedang bicarakan dalam rapat intern dengan wali kelas.
  51. Pajak teresbut seharusnya digunakan untuk mensejahterakan rakyat Indonesia, bukan sebagai kepentingan pribadi.
  52.  sih emang udah sering dikupas, cuman diskusi kita kali ini lebih oke, karena kita bakalan ngeliat data yang berupa angka para pelajar kita belajar kalau di rumah.
  53. Umumnya mayoritas generasi muda kita sekarang banyak yang belum bisa memanfaatkan canggihnya teknologi informasi yang ada dengan benar-benar.
  54. Dengan naiknya anggaran pengembangan pendidikan maka ini akan memberikan dampak positif pada mengembangkan sumber daya manusia yang dimiliki oleh negara kita itu.
  55. Problematika masalah yang dihadapi itu sama sekali tidak berdasarkan pada kenyataan yang dihadapi oleh lembaga-lembaga yang dibawahinya.
  56. Unjuk rasa massa kalangan buruh masih terus ada, tetapi sangat terbatas sekali pada kemampuan pamer fisik anarkis belaka.
  57. Kedua kesebelasan dalam Liga Primer itu terus saling serang-menyerang daerah pertahanan meskipun belum membuahkan gol.
  58. Dari angka-angka pengumpulan suara itu menunjukkan suatu kesimpulan kasar bahwa di daerah pinggiran kota pasangan capres nomor  2 mengungguli pasangan capres  nomor 3.
  59. Dilihat dari hukum, pembahasan masalah itu kayak itu terus, perlu konfirmasi sehingga membingungkan, rancu, tak jelas.
  60. Diharapkan dengan melalui bantuan tersebut dapat meringankan beban peran serta masyarakat setempat dalam pendidikan, terutama jenjang pendidikan dasar dan menengah.
  61. Akibat luapan air lahar dingin itu telah membobolkan beberapa jembatan yang menghubungkan kedua propinsi.
  62. Berdasarkan laporan koresponden kami di Nagrek mengabarkan bahwa banyak kendaraan arus balik yang memasuki wilayah itu harus mengalami kemacetan yang cukup panjang.
  63. Anarki adalah merupakan suatu tindakan pengrusakan sarana sosial sehubungan dengan penyalahtafsiran atas maksud aspirasi pada suatu sistem baik melalui dengan lembaga departemen, atau bahkan swasta pun juga bisa.
  64. Meskipun Sriwijaya FC terus gencar-gencaran  melancarkan serangan bertubi-tubi, tetapi gawang Persipura terasa terlalu sulit ditembuskan.
  65. Berdasarkan pada semua data-data tersebut menunjukkan kepada kami tentang perlunya langkah-langkah preventif terhadap semua tindakan-tindakan pemecahbelahan bangsa.
  66. Kerajinan dari bahan gerabah asal Kasongan itu telah berhasil menembus pasaran internasional hingga ke Amerika Serikat.
  67. Lalu kemudian biasanya setelah terbiasa berdisiplin belajar, biasanya pelajar lantas mengatur jadwal kegiatan, perhitungan waktu bermain, lalu bikin komitmen tertentu dan bila di antaranya mengalami kesulitan lantas konsultasi dengan guru-gurunya sendiri.
  68. Pengeluaran dana pembangunan kawasan berikat ini hampir semuanya menjadi wewenang perusahaan You Ben Wae..
  69. Begitu setelah diyakini bersama oleh semua pihak bahwa dua puluh empat orang itu terlibat dalam perkara itu, pihak Kepolisian Jawa Tengah segera lantas menahan orang-orang yang dicurigainya itu.
  70.  pokok yang menggejala yang penulis ingin kupas dalam simposium ini adalah mengenai dampak buruk kemajuan zaman terhadap perilaku budaya remaja-remaja di negara-negara berkembang, seperti negara kita sendiri.
  71. Ditinjau dari segi struktur organisasi, organisasi kita ini tersebut belum memiliki unsur-unsur yang lengkap dan tak memadai.
  72. Karena perlakuaan para petugas Satpol PP  itulah kini di mana-mana sering menjadi bentrokan yang membawa korban kepada masyakarat sekitar pedagang kaki lima itu.
  73. Dorothea adalah siswa yang sangat rajin sekali, terutama dalam kegiatan yang untuk keperluan OSIS.
  74. Para pemikir ahli sosiologi sudah memprediksikan sejak dari mula munculnya fenomena-fenomena ketidakpuasan dari kalangan masyarakat kita tentang kebhinekaan yang rapuh dipahami.
  75. Kalangan-kalangan  petinggi birokrasi-birokrasi senantiasa terus-menerus menyibukkkan diri membicarakan tentang memberantas korupsi dan antisipasinya, terutama diliat dari Undang-Undang Anti Korupsi.
  76. Dari psikologi perkembangan masyarakat daerah ini semakin berkurangnya ketergantungan dengan pemerintah daerah melalui jalur interaksi ekonomi yang dilakukannya di pasaran, usaha lokal, maupun dengan masyarakat nasional dan internasional
  77. Segala apa yang dinyatakan oleh capres itu selalu menimbulkan kontroversi perbedaan pendapat dari berbagai pihak karena situasi politik yang memanas.
  78. Telepon genggam yang harganya sangat mahal sekali itu tidak terjangkau konsumen pengguna kelas menengah ke bawah.
  79. Setelah yakin dipastikan terlibat dalam kasus korupsi, para petugas aparat keamanan segera meringkus orang itu dan sudah dipastikan menjadi terdakwa.
  80. Karena berkali-kali dijelaskan berulang-ulang oleh pihak yang berkompeten, mereka-mereka itu baru memahami mengenai pokok-pokok persoalan yang dihadapi oleh mereka.


Gunakan nama dan nomor absen secara encara benar!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CERITA PENDEK ON-LINE KARYA SISWA-SISWI KELAS XII IPA 3 TAHUN 2014/2015

CERITA PENDEK ON-LINE KARYA SISWA-SISWI KELAS XII IPA 2 TAHUN 2014/2015

FORMAT KARYA TULIS ILMIAH AKADEMIS