MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN (1)

Pengantar

Siswa-siswi terkasih, selamat bertemu dalam konteks pembelajaran daring bidang studi Bahasa Indonesia kelas XII. Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas perihal Surat Lamaran Pekerjaan!
Namun, terasa kontradiktif situasi belakangan ini dengan pokok bahasan yang akan kita kupas bersama.

Coba kita lihat video berikut dengan seksama!



WASPADA GELOMBANG PENGANGGURAN




Menghadapi situasi pandemi Corona 19 bagi pemerintah di negara mana pun merupakan persoalan yang serius dan terasa menjadi beban untuk mengatasinya. Mengatasi persoalan keselamatan kesehatan  bagi warganya sudah menjadi tanggung jawab pemerintah, namun di sisi lain pemerintah belum mampu menemukan jalan pintas untuk menanggulangi dan mengatasi persoalan itu. Persoalan yang demikian kompleks dan multidimensional itu berdampak besar bagi perekonomian tiap-tiap negara.

Pemerintah mencoba mengatasi dengan menetapkan pola kehidupan New Normal, meskipun seirama dengan tiu wabah penyakit itu tidak bisa diajak bersahabat. Korban demikian banyak berjatuhan, bahkan hingga meninggal dunia. Pembatasan yang dilakukan oleh pemerintah membawa dampak buruk bagi masyarakat pada umumnya, terutama dari sektor pendapatan dan penghasilan sebagian besar rakyat Indonesia.

Ilustrasi video di atas mengungkapkan betapa beratnyya tanggung jawab pemerintahan Jokowi kini secara ekonomis. Mengatasi persoalan kesehatan berbuah juga dengan semakin banyaknya pengangguran. Itu menandakan bahwa keberimbangan faktor kesehatan dan kemakmuran amat dekat.

Bagaimana dengan persoalan pengangguran? Tentu semuanya menjadi beban kita bersama. Mengatasi penganguran bukan persoalan mudah segampang membalik tangan. Demikian banyak perusahaan dan wirausaha yang gulung tikar, tutup kantor, mem-PHK karyawan, bahkan ada juga yang semakin menaggung beban utang ke bank atau utang  jaminan usaha lainnya.


Pada kesempatan kali ini kita akan membahas KD 3.1 Menulis Surat Lamaran Pekerjaan. Segmentasi materi yang akan kita bicarakan adalah 1) konsep surat lamaran pekerjaan; 2) unsur-unsur surat lamaran pekerjaan; 3) komposisi unsur-unsur surat lamaran pekerjaan; dan 4) karakter bahasa surat lamaran pekerjaan.

Setelah pemahaman hal-hal di atas kalian harus melakukan pelatihan dalam Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Secara prosedural Penugasan kalian kerjakan di Buku Latihan, lantas kalian kirim di jejaring. Penilaian dilakukan berdasarkan proses dan hasil penugasan kalian.

Silakan kalian buka jejaring di sini ! Di sini akan kalian temukan: materi KD 3.1 dan LKPD! Setelah itu melalui jaringan kelas guru akan melakukan penganbsenan, pemantauan, dan penilaian!

Sehubungan dengan materi ini kalian silakan membuka jaringan klik di sini ini guna mengerjakan LKPD! Mohon ikuti dan patuhi aturan dan tata tertip penggunaannya.

Terima kasih atas perhatian, partisipasi, dan langkah pembelajaran kalian di tengah kondisi seperti sekarang. Apa pun persoalan yang ada di depan dan menghadang, kita pasti bisa mengatasinya, menghadapi dengan tegar, dan mengatasi dengan langkah bijak dan tepat!

Selamat belajar, belajar, dan belajar! Keep spirit high!



Komentar

Postingan populer dari blog ini

CERITA PENDEK ON-LINE KARYA SISWA-SISWI KELAS XII IPA 3 TAHUN 2014/2015

CERITA PENDEK ON-LINE KARYA SISWA-SISWI KELAS XII IPA 2 TAHUN 2014/2015

FORMAT KARYA TULIS ILMIAH AKADEMIS