PUISI KARYA SISWA-SISWI KELAS X MIPA 2 TAHUN 2016/2017


Puisi merupakan ungkapan perasaan seseorang dengan menggunakan kepandaian mengolah kata-kata sebagai ungkapan dan medianya. Melalui puisi seseorang bisa menyampaikan isi hatinya kepada pihak tertentu yang dimaksud disertai kehendak atau tujuan yang disampaikan. Dengan media puisi jalinan komunikasi antarindividu terjalin, antarkomunitas terhubungkan, dan antara individu dengan komunitas bisa dilaksanakan.
Puisi sebagai bentuk ungkapan perasaan yang dikemas melalui rangkaian kata-kata merupakan hasil karya tulis dalam kategori sastra. Maka, hakikat potensi sastra amat mungkin dimanfaatkan secara optimal sehingga karya tersebut memiliki cita rasa bernuansa kebutuhan batin manusia.
Siswa-siswi pun secara naluriah memiliki hasrat dan kemauan menulis puisi. Oleh sebab itu guru hendaknya memberi peluang siswa-siswi menyampaikan luapan emosinya melalui karya puisi sebagai ekspresi jati d piri. Taktik, strategi, metode, dan model pembelajaran bisa dimanfaatkan oleh guru untuk memberi peluang siswa-siswi mencurahkan isi hatinya. 
Dalam era kemajuan zaman yang kian mengglobal, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi amat membantu layanan proses pembelajaran. Maka, media ini adalah sarana siswa-siswi mencurahkan isi hatinya melalui sastra bentuk puisi sebagai ungkapan bagian proses pembelajaran. dalam Kurikulum  2013 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia. 
Siswa-siswi sebagai subjek pembalajar didampingi, dibimbing, diarahkan tanpa memutus sikap, niat, dan motivasi kerativitasnya. Deret puisi berikut ini adalah karya "awal" mereka yang harus diberi apresiasi yang lebih memancing imajinasi dan karyanya. Memang, tak ada gading yang tak retak, tak ada manusia yang sempurna, tapi taki boleh semangat dan niat belajar hanya bersifat sementara.
Belajar dan terus belajar mengembangkan diri amat penting bagi generasi muda.

Sebagai catatan, harap dipatuhi kaidah yang ditetapkan dalam mengungggah puisi-puisi kalian.

Postingan populer dari blog ini

CERITA PENDEK ON-LINE KARYA SISWA-SISWI KELAS XII IPA 3 TAHUN 2014/2015

CERITA PENDEK ON-LINE KARYA SISWA-SISWI KELAS XII IPA 2 TAHUN 2014/2015

FORMAT KARYA TULIS ILMIAH AKADEMIS