Postingan

LIMA KARAKTERISTIK YANG MEMBEDAKAN “MANAJER PEMIMPIN” DARI “MANAJER YANG MENGELOLA OPERASIONAL”

Dalam sebuah jaringan informasi adikemukakan beberapa karakteristik Manajer. Berikut ini gambarannya. Manajer pemimpin adalah pemikir jangka panjang yang melihat jauh ke depan, dan dapat melampaui krisis-krisis, serta laporan periodik. 2. Minat manajer pemimpin tidak terbatas hanya kepada unitnya sendiri. Mereka ingin mengetahui bagaimana semua bagian/bidang organisasinya mempengaruhi satu sama lain, dan kerjasama satu sama lain, dan mereka terus menjangkau melampaui bidang pengaruh mereka yang spesifik. 3. Manajer pemimpin sangat menekankan pentingnya visi, nilai-nilai, dan motivasi. 4. Manajer pemimpin mempunyai keterampilan politik yang kuat untuk menangani tuntutan yang bertentangan dari berbagai bagian. 5. Manajer pemimpin tidak menerima status quo. Manajemen adalah proses memastikan program serta tujuan-tujuan organisasinya untuk diimplementasikan. Kepemimpinan, di lain pihak, ada hubungannya dengan menyampaikan visi dan memotivasi orang. Kepemimpinan adalah pengaruh. Kepem

BEDAH BUKU SASTRA SISWA 2011/2012

Gambar
Apresiasi sastra di kalangan pelajar perlu dibina dan diarahkan dengan fokus memberi peluang siswa berkarya dalam mengapresiasi karya sastra, membimbing ke arah dan tingkatan apresiasi yang jelas, serta  menyampaikan kepada pihak lain.  Dengan demikian, sikap dan tingkat apresiasi selalu terarah dalam nuansa positif, edukatif,  dankreatif dan produktif. Berikut ini adalah sebagian kecil dari apresiasi sastra siswa kelas XII tahun 2011/2012 SMA Xaverius 1 Palembang. Menuju ke hasil seperti yang terlampir memerlukan serangkaian proses dan langkah-langkah yang membutuhkan pengetahuan dasar akademis serta kemampuan mengimplikasikannnya manakala berkarya. kegigihan semangat belajar siswa amatr diperlukan, selain daya dukung serta pengarahan dari guru bidang studi. Disadari juga, bahwa karya siswa berikut adalah hasil karya terbaik mereka hingga level mereka saat ini. Hal ini tentu akan terus meningkat dan bertambah selaras dengan usia, kedeewasaan, dan wawasan atau pengetahuan mer

BAGAIMANAKAH CARA SOPAN MENOLAK PENDAPAT?

          Penolakan atau penyanggahan pendapat orang lain merupakan reaksi bentuk hasil rumusan jalan pikiran kita terhadap pendapat orang lain, terutama dari aspek kelemahan pendapat tersebut, yang kemudian diikuti alternatif jalan keluarnya. Di sini terlihat bahwa, tak cukup bagi kita jika hanya sebatas menilai aspek kelemahan pendapatnya. Tanggung jawab moral berikutnya adalah menyodorkan alternatif solusi, dari yang terbaik sampai yang paling kurang baik. Di sisi lain kita harus berani mengemukakan kelemahan pendapat lawan bicara, tidak usah melihat siapa yang bicara, melainkan apa yang dibicarakan.            Mempelajari cara menolak pendapat lawan bicara sebenarnya juga bermanfaat untuk mengadakan evaluasi terhadap diri sendiri. Secara ilmiah setiap orang harus berlaku jujur, baik terhadap orang lain maupun diri sendiri. Semakin objektif dan jujur seseorang semakin berani mengoreksi pendapat diri sendiri. Hal ini akan semakin membuat diri kita bersifat terbuka terhadap sa

PUISI KARYA SISWA-SISWI XII IPS 3 - 2011/2012

Kreasi dalam blog ini tercurah tatkala perasaan dan pikiran siswa "terpedaya" akan kewajibannnya dalam memaknai hidup dan kehidupan. Hidup dan kehidupan yang menantang dan mengasyikkan untuk dinikmati senantiasa dapat ditorehkan dalam kata-kata nan bermakna. Pujanga merangkai kata, begitu juga siswa-siswi remaja dalam gejolak emosi dan perasaannya. Krya yang ada di blog ini bermanfaat bagi kita untuk menikmatinya: ada yang menyentuh nuansa kalbu kita.

PUISI KARYA SISWA-SISWI XII IPA 1 - 2011/2012

Mata hati manusia bisa dikemas dalam puisi mulia nan indah dan berirama. Begitu juga dengan hati dan pikiran siswa-siswi yang berada dalam blog ini. Mereka menorehkan suara hati dalam kemasan kata-kata dan gaya bahasa yang memesona. Curahan emosi dan perenungan hati mampu ditorehkan dalam sebuah puisi yang menyentuh hati. Bacalah karya mereka dan nikmati. Ada hikmah yang berguna bagi diri kita.

PUISI KARYA SISWA-SISWI XII IPA 4 - 2011/2012

Puisi adalah kreasi suara hati. Puisi mengguratkan detak-detak hidup dan kehidupan yang selalu bergelombang dan berguling terus seirama waktu yang tak akan berhenti. Maka, kata demi kata, gaya dan irama mengukir dalam orehan suara hari seseorang. Karya puisi ini adalah suara hati siswa-siswi kelas yang dimaksud seirama dengan geletar pikiran dan perasaannya. Mari kita nikmati karya mulia suara hati mereka.

PUISI KARYA SISWA-SISWI XII IPA 3 - 2011/2012

Puisi merupakan karya seseorang tentang hakikat hidup dan kedidupannya. Hakikat tersebut erat kaitannya dengan nuansa pemahaman dan penghayatan nilai-nilai di balik peristiwa-peristiwa yang selalu terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini memerlukan kepekaan dan ketajaman nurani dalam pemahaman dan penghatannya. Lantas, hal-hal tersebut mengendap dalam hati yang buntutnya minta disalurkan melalui rangkaian kata-kata yang terpilih serta kemasan gaya bahasa yang secara eksplisit mengungkapkan cuta rasa dalam penulisan puisi. Begitu juga dengan puisi dalam blog ini yang merupakan karya siswa-siswi XII IPA 2 - 2011/2012 hendaknya kita pahami dan apresiasi sebagai ungkapan isi hati.