Postingan

ETIKA DAN SANTUN BERDEBAT

PENOLAKAN-PENYANGGAHAN PENDAPAT Penolakan atau penyanggahan pendapat orang lain merupakan reaksi bentuk hasil rumusan jalan pikiran kita terhadap pendapat orang lain, terutama dari aspek kelemahan pendapat tersebut, yang kemudian diikuti alternatif jalan keluarnya. Di sini terlihat bahwa, tak cukup bagi kita jika hanya sebatas menilai aspek kelemahan pendapatnya. Tanggung jawab moral berikutnya adalah menyodorkan alternatif solusi, dari yang terbaik sampai yang paling kurang baik. Di sisi lain kita harus berani mengemukakan kelemahan pendapat lawan bicara, tidak usah melihat siapa yang bicara, melainkan apa yang dibicarakan. Mempelajari cara menolak pendapat lawan bicara sebenarnya juga bermanfaat untuk mengadakan evaluasi terhadap diri sendiri. Secara ilmiah setiap orang harus berlaku jujur, baik terhadap orang lain maupun diri sendiri. Semakin objektif dan jujur seseorang semakin berani mengoreksi pendapat diri sendiri. Hal ini akan semakin membuat diri kita bersifat terbuka terha

LEMBAR KEGIATAN PEMBELAJARAN KALEF XII IPS 3 2009

LEMBAR KERJA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA XII NAMA : …………………………………. KELAS/NO. ABSEN : …………../…………………….. 1. Standar kompetensi : Siswa mampu menyampaikan gagasan dengan menggunakan ahasa secara benar dan tepat sebagai hasil proses berpikir yang cermat 2. Kompetensi dasar : 2.1 Siswa mampu menggunakan kesepadanan kalimat secara tepat dan benar 2.2 Siswa mampu menggunakan keparalelan kalimat secara tepat dan benar 2.3 Siswa mampu menggunakan kehematan kata dalam kalimat secara tepat dan benar 2.4 Siswa mampu menggunakan keterpaduan gagasan dalam kalimat secara tepat dan benar 2.5 Siswa mampu menggunakan kalimat dengan sistem ejaan dan penalaran yang benar Perbaikilah kalimat-kalimat berikut menjadi kalimat yang efektif! 1. Dalam masyarakat postmodern pun mengenal adanya masa transisi yang menyulitkan kebersikapan. 2. Kebijakan gubernur diharapkan mampu memancing para industriawan untuk

KALIMAT EFEKTIF

Dalam penggunaan bahasa keseharian sering kita temukan kejanggalan-kejanggalan berbahasa yang dikemukakan oleh seseorang, baik itu personel pribadi, pejabat struktural birokrasi maupun instansi, guru dalam proses pembelajaran, entertainer dalam media audio visual, siaran televisi, media surat kabar, majalah, tabloid, dan lain-lain, terutama bila ditinjau dari segi kebahasaan dan hukum logika. Akibatnya adalah munculnya ragam bahasa yang tidak benar dan tidak efektif. Semua itu berujung pada efek sosial komunitas penggunanya, baik awam maupun kalangan terpelajar, dalam hal ini siswa maupun mahasiswa. Kejanggalan bahasa dalam konteks pembelajaran bisa ditemukan dalam buku pelajaran, tutur kata guru di kelas, karya tulis siswa atau mahasiswa, soal-soal ulangan atau soal ujian, bahkan data administratif suatu sekolah atau perguruan tinggi. Harus kita akui, meski bahasa Indonesia secara nasional sudah diakui melalui Sumpah Pemuda, Oktober 1928, dan secara resmi sejak Agustus 1945, realita

LEMBAR KEGIATAN PEMBELAJARAN KALEF XII IPA 1 2009-2010

LEMBAR KERJA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA XII NAMA : …………………………………. KELAS/NO. ABSEN : …………../…………………….. 1. Standar kompetensi : Siswa mampu menyampaikan gagasan dengan menggunakan ahasa secara benar dan tepat sebagai hasil proses berpikir yang cermat 2. Kompetensi dasar : 2.1 Siswa mampu menggunakan kesepadanan kalimat secara tepat dan benar 2.2 Siswa mampu menggunakan keparalelan kalimat secara tepat dan benar 2.3 Siswa mampu menggunakan kehematan kata dalam kalimat secara tepat dan benar 2.4 Siswa mampu menggunakan keterpaduan gagasan dalam kalimat secara tepat dan benar 2.5 Siswa mampu menggunakan kalimat dengan sistem ejaan dan penalaran yang benar Perbaikilah kalimat-kalimat berikut menjadi kalimat yang efektif! 1. Salah satu ciri logam yaitu memuai jika dipanaskan. 2. Sungguhpun semua lini perusahaan memiliki kompetensi yang baik, tetapi simpati masyarakat lingkungan amat diperlukan. 3. Kepada semua anggota yang belum membayar iuran anggota harap menemui ke Ibu

LEMBAR KEGIATAN PEMBELAJARAN KALEF XII IPA 2 1011

LEMBAR KERJA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA XII NAMA : …………………………………. KELAS/NO. ABSEN : …………../…………………….. 1. Standar kompetensi : Siswa mampu menyampaikan gagasan dengan menggunakan ahasa secara benar dan tepat sebagai hasil proses berpikir yang cermat 2. Kompetensi dasar : 2.1 Siswa mampu menggunakan kesepadanan kalimat secara tepat dan benar 2.2 Siswa mampu menggunakan keparalelan kalimat secara tepat dan benar 2.3 Siswa mampu menggunakan kehematan kata dalam kalimat secara tepat dan benar 2.4 Siswa mampu menggunakan keterpaduan gagasan dalam kalimat secara tepat dan benar 2.5 Siswa mampu menggunakan kalimat dengan sistem ejaan dan penalaran yang benar Perbaikilah kalimat-kalimat berikut menjadi kalimat yang efektif! 1. Meskipun perusahaan itu belum terkenal, tetapi produksinya banyak dibutuhkan masyarakat. 2. Harga kebutuhan pokok terus meningkat. Sedangkan daya beli masyarakat dan petani belum ada perubahan. 3. Salah satu ciri logam yaitu memuai jika di

LEMBAR KEGIATAN PEMBELAJARAN KALEF XII IPA 3

LEMBAR KERJA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA XII NAMA : …………………………………. KELAS/NO. ABSEN : …………../…………………….. 1. Standar kompetensi : Siswa mampu menyampaikan gagasan dengan menggunakan ahasa secara benar dan tepat sebagai hasil proses berpikir yang cermat 2. Kompetensi dasar : 2.1 Siswa mampu menggunakan kesepadanan kalimat secara tepat dan benar 2.2 Siswa mampu menggunakan keparalelan kalimat secara tepat dan benar 2.3 Siswa mampu menggunakan kehematan kata dalam kalimat secara tepat dan benar 2.4 Siswa mampu menggunakan keterpaduan gagasan dalam kalimat secara tepat dan benar 2.5 Siswa mampu menggunakan kalimat dengan sistem ejaan dan penalaran yang benar Perbaikilah kalimat-kalimat berikut menjadi kalimat yang efektif! Krisis kepercayaan adalah merupakan akumulasi keterhimpitan kaum bawah selama pemerintahan yang berkuasa kurang tanggap tentang gejolak sosial. Dalam masyarakat postmodern pun meng

LEMBAR KEGIATAN PEMBELAJARAN KALEF XII IPA 4 2009-2010

LEMBAR KERJA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA XII NAMA : …………………………………. KELAS/NO. ABSEN : …………../…………………….. 1. Standar kompetensi : Siswa mampu menyampaikan gagasan dengan menggunakan ahasa secara benar dan tepat sebagai hasil proses berpikir yang cermat 2. Kompetensi dasar : 2.1 Siswa mampu menggunakan kesepadanan kalimat secara tepat dan benar 2.2 Siswa mampu menggunakan keparalelan kalimat secara tepat dan benar 2.3 Siswa mampu menggunakan kehematan kata dalam kalimat secara tepat dan benar 2.4 Siswa mampu menggunakan keterpaduan gagasan dalam kalimat secara tepat dan benar 2.5 Siswa mampu menggunakan kalimat dengan sistem ejaan dan penalaran yang benar Perbaikilah kalimat-kalimat berikut menjadi kalimat yang efektif! 1. Dalam masyarakat postmodern pun mengenal adanya masa transisi yang menyulitkan kebersikapan. 2. Kebijakan gubernur diharapkan mampu memancing para industriawan untuk