Postingan

ELEMEN PENTING BICARA EFEKTIF

Elemen Penting Bicara Efektif Lenny Laskowski LJL Seminars "Setengah dunia terdiri dari orang-orang yang punya sesuatu untukdibicarakan dan mereka tidak bisa melakukannya; setengahnya lagi tidakpunya apa-apa untuk dibicarakan dan mereka tetap berbicara." Setiap orang bisa berbicara. Tidak setiap orang bisa berbicara denganefektif. Untuk bisa efektif dalam berbicara ada enam elemen yang harusdipertimbangkan.SIAP BICARA Kesiapan adalah elemen terpenting. Berapa kali Anda melatih bicaraAnda? Sebagai pedoman umum, Anda harus menghabiskan waktu sekitar 30jam untuk persiapan dan latihan bicara jika Anda akan berbicara selama1 jam. Gunakan tape atau video untuk merekam latihan Anda. Ini akanmembantu Anda mendapatkan gambaran akurat tentang bagaimana Andaberbicara.BERIKAN DIRI ANDA Gunakan contoh dan kisah atau pengalaman pribadi yang patutdiceritakan jika memungkinkan. Pastikan bahwa cerita Anda memangmembantu dalam memberi penekanan terhadap poin-poin Anda. Cerita Andaharus "n

DISKUSI

MARI BERDISKUSI SECARA BAIK DAN BENAR! Keterampilan berbicara dalam ragam budaya masyarakat Indonesia kini bisa terwujud dalam berbagai bentuk, di antara rutinitas kegiatan berbicara dalam kehidupan manusia sehari-hari. Apabila dirunut dari aspek tujuan, tempat, waktu, pihak yang terlibat, serta sarana yang dipergunakan, kegiatan berbicara menurut G. Sukadi (1997) dapat dibedakan menjadi 1) obrolan; 2) musyawarah/rapat; 3) diskusi; dan 4) debat. Kegiatan obrolan bercirikan antara lain: 1) dilakukan tanpa tujuan yang pasti, sebab pada umumnya dilakukan untuk menambah keakraban, memperluas pergaulan, atau bahkan hanya untuk mengisi waktu luang; 2) dapat dilakukan di mana pun, dalam situasi bagaimanapun; 3) bisa dilaksanakan kapan pun, dalam batas waktu tak tertentu; 4) dapat dilakukan oleh siapa pun dengan siapa saja, tanpa klasifikasi dan kesamaan arah; dan 5) tidak memerlukan sarana dan fasilitas Musyawarah merupakan kegiatan berbicara bersama yang: 1) dilakukan dengan tujuan mencari t

Berbagai Bentuk Keterampilan Berbahasa

DEBAT Dalam peradaban manusia kegiatan berbicara bersama ternyata dirasakan amat penting dalam menjali8n komunkasi antarsesama. Sejarah membuktikan bila di antara lekuk-liku kegiatan berbicara tersebut mengalami perkembangan hingga membentuk kegiatan berbicara sesuai dengan kont5ekis nzaman dan lingkungan masyrakatnya. Akhirnya, kemjauan peradaban melahirkan bentuk kegiatan berbicara dalam debat, meski bentuk itu sudah ada sejak zaman Romami Kuno. Dalam konteks masyarakat Indonesia budaya debat barulah muncul secara umum lewat media televisi setelah terjadi reformasi di negeri ini. Kegiatan ini menjadi menarik banyak diminati oleh berbagai elemen masyarakat, akademisi, tokoh pergerakan, politikus, dan lain-lain. Meski dunia debat dalam konteks masyarakat kita seperti sekarang masih belum ideal, titik ini merupakan langkah awal yang memang harus ditempuh menuju msyarakata Indonesia yang maju menuju tingkat peradaban yang lebih mulia. Debat adalah kegiatan adu argumentasi antara dua piha

LAFAL BAHASA INDONESIA BAKU?

LAFAL BAHASA INDONESIA BAKU Hans Lapoliwa-Pusat Bahasa Sebagai bahasa yang hidup, bahasa Indonesia telah dan akan terus mengalami perubahan sejalan dengan perkembangan masyarakat pemakainya. Luasnya wilayah pemakaian bahasa Indonesia dan keanekaragaman penuturnya serta cepatnya perkembangan masyarakat telah mendorong berkembangnya berbagai ragam bahasa Indonesia dewasa ini. Kenyataan bahwa bahasa Indonesia digunakan oleh kelompok-kelompok masyarakat penutur yang berbeda latar belakangnya baik dari segi geografis maupun dari segi sosial menyebabkan munculnya berbagai ragam kedaerahan (ragam regional) dan sejumlah ragam sosial. Salah satu jenis ragam sosial yang bertalian dengan pokok bahasan makalah ini adalah ragam bahasa Indonesia yang lazim digunakan oleh kelompok yang menganggap dirinya terpelajar. Ragam ini diperoleh melalui pendidikan formal di sekolah. Karena itu, ragam ini lazim juga disebut ragam bahasa (Indonesia) sekolah. Ragam ini juga disebut ragam (bahasa) tinggi. Dalam

LKS KALEF XII IPS 1 0809

LEMBAR KERJA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA XII NAMA : …………………………………. KELAS/NO. ABSEN : …………../…………………….. 1. Standar kompetensi : Siswa mampu menyampaikan gagasan dengan menggunakan ahasa secara benar dan tepat sebagai hasil proses berpikir yang cermat 2. Kompetensi dasar : 2.1 Siswa mampu menggunakan kesepadanan kalimat secara tepat dan benar 2.2 Siswa mampu menggunakan keparalelan kalimat secara tepat dan benar 2.3 Siswa mampu menggunakan kehematan kata dalam kalimat secara tepat dan benar 2.4 Siswa mampu menggunakan keterpaduan gagasan dalam kalimat secara tepat dan benar 2.5 Siswa mampu menggunakan kalimat dengan sistem ejaan dan penalaran yang benar Perbaikilah kalimat-kalimat berikut menjadi kalimat yang efektif! 1. Meskipun perusahaan itu belum terkenal, tetapi produksinya banyak dibutuhkan masyarakat. 2. Harga kebutuhan pokok terus meningkat. Sedangkan daya beli masyarakat dan petani belum ada perubahan. 3. Salah satu ciri logam yaitu memuai jika di

LKS KALEF XII IPS 2 0910

LEMBAR KERJA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA XII NAMA : …………………………………. KELAS/NO. ABSEN : …………../…………………….. 1. Standar kompetensi : Siswa mampu menyampaikan gagasan dengan menggunakan ahasa secara benar dan tepat sebagai hasil proses berpikir yang cermat 2. Kompetensi dasar : 2.1 Siswa mampu menggunakan kesepadanan kalimat secara tepat dan benar 2.2 Siswa mampu menggunakan keparalelan kalimat secara tepat dan benar 2.3 Siswa mampu menggunakan kehematan kata dalam kalimat secara tepat dan benar 2.4 Siswa mampu menggunakan keterpaduan gagasan dalam kalimat secara tepat dan benar 2.5 Siswa mampu menggunakan kalimat dengan sistem ejaan dan penalaran yang benar Perbaikilah kalimat-kalimat berikut menjadi kalimat yang efektif! 1. Salah satu ciri logam yaitu memuai jika dipanaskan. 2. Sungguhpun semua lini perusahaan memiliki kompetensi yang baik, tetapi simpati masyarakat lingkungan amat diperlukan. 3. Kepada semua anggota yang belum membayar iuran anggota harap me