APLIKASI TEORI TES KOMPETENSI KEBAHASAAN
I. PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Sebagai suatu pembelajaran, pembelajaran bahasa dilaksanakan untuk mencapai sejumlah tujuan pembelajaran yang telah diidentifikasi dan dirumuskan berdasarkan telaah mendalam terhadap kebutuhan yang perlu dipenuhi. Hal ini diupayakan tercapai melalui serangkaian kegiatan pembelajaran yang secara matang dirancang dan diselenggarakan secara sungguh-sunguh. Proses pembelajaran dilansanakan dengan menggunakan bahan ajar dan pelatihan yang terpilih dan disusun secara teliti demi pencapaian tujuan. Upaya memastikan ketercapaian tujuan yang telah dirumuskan dilakukan dengan melaksanakan ragkaian evaluasi sebagaimana telah dirancang. Faktor inilah yang mendudukkan evaluasi sebagai bagian dari desain pembelajaran memiliki fungsi amat penting. Bermula dari tujuan yang harus dicapai untuk memenuhi sejumlah kebutuhan, serangkaian kegiatan dirancang dan diselenggarakan. Tujuan pembelajaran, proses kegiatan pembeljaran, dan evaluasi hasi