Postingan

KALIMAT EFEKTIF

Dalam penggunaan bahasa keseharian sering kita temukan kejanggalan-kejanggalan berbahasa yang dikemukakan oleh seseorang, baik itu personel pribadi, pejabat struktural birokrasi maupun instansi, guru dalam proses pembelajaran, entertainer dalam media audio visual, siaran televisi, media surat kabar, majalah, tabloid, dan lain-lain, terutama bila ditinjau dari segi kebahasaan dan hukum logika. Akibatnya adalah munculnya ragam bahasa yang tidak benar dan tidak efektif. Semua itu berujung pada efek sosial komunitas penggunanya, baik awam maupun kalangan terpelajar, dalam hal ini siswa maupun mahasiswa. Kejanggalan bahasa dalam konteks pembelajaran bisa ditemukan dalam buku pelajaran, tutur kata guru di kelas, karya tulis siswa atau mahasiswa, soal-soal ulangan atau soal ujian, bahkan data administratif suatu sekolah atau perguruan tinggi. Harus kita akui, meski bahasa Indonesia secara nasional sudah diakui melalui Sumpah Pemuda, Oktober 1928, dan secara resmi sejak Agustus 1945, realita

LEMBAR KEGIATAN PEMBELAJARAN KALEF XII IPA 1 2009-2010

LEMBAR KERJA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA XII NAMA : …………………………………. KELAS/NO. ABSEN : …………../…………………….. 1. Standar kompetensi : Siswa mampu menyampaikan gagasan dengan menggunakan ahasa secara benar dan tepat sebagai hasil proses berpikir yang cermat 2. Kompetensi dasar : 2.1 Siswa mampu menggunakan kesepadanan kalimat secara tepat dan benar 2.2 Siswa mampu menggunakan keparalelan kalimat secara tepat dan benar 2.3 Siswa mampu menggunakan kehematan kata dalam kalimat secara tepat dan benar 2.4 Siswa mampu menggunakan keterpaduan gagasan dalam kalimat secara tepat dan benar 2.5 Siswa mampu menggunakan kalimat dengan sistem ejaan dan penalaran yang benar Perbaikilah kalimat-kalimat berikut menjadi kalimat yang efektif! 1. Salah satu ciri logam yaitu memuai jika dipanaskan. 2. Sungguhpun semua lini perusahaan memiliki kompetensi yang baik, tetapi simpati masyarakat lingkungan amat diperlukan. 3. Kepada semua anggota yang belum membayar iuran anggota harap menemui ke Ibu

LEMBAR KEGIATAN PEMBELAJARAN KALEF XII IPA 2 1011

LEMBAR KERJA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA XII NAMA : …………………………………. KELAS/NO. ABSEN : …………../…………………….. 1. Standar kompetensi : Siswa mampu menyampaikan gagasan dengan menggunakan ahasa secara benar dan tepat sebagai hasil proses berpikir yang cermat 2. Kompetensi dasar : 2.1 Siswa mampu menggunakan kesepadanan kalimat secara tepat dan benar 2.2 Siswa mampu menggunakan keparalelan kalimat secara tepat dan benar 2.3 Siswa mampu menggunakan kehematan kata dalam kalimat secara tepat dan benar 2.4 Siswa mampu menggunakan keterpaduan gagasan dalam kalimat secara tepat dan benar 2.5 Siswa mampu menggunakan kalimat dengan sistem ejaan dan penalaran yang benar Perbaikilah kalimat-kalimat berikut menjadi kalimat yang efektif! 1. Meskipun perusahaan itu belum terkenal, tetapi produksinya banyak dibutuhkan masyarakat. 2. Harga kebutuhan pokok terus meningkat. Sedangkan daya beli masyarakat dan petani belum ada perubahan. 3. Salah satu ciri logam yaitu memuai jika di

LEMBAR KEGIATAN PEMBELAJARAN KALEF XII IPA 3

LEMBAR KERJA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA XII NAMA : …………………………………. KELAS/NO. ABSEN : …………../…………………….. 1. Standar kompetensi : Siswa mampu menyampaikan gagasan dengan menggunakan ahasa secara benar dan tepat sebagai hasil proses berpikir yang cermat 2. Kompetensi dasar : 2.1 Siswa mampu menggunakan kesepadanan kalimat secara tepat dan benar 2.2 Siswa mampu menggunakan keparalelan kalimat secara tepat dan benar 2.3 Siswa mampu menggunakan kehematan kata dalam kalimat secara tepat dan benar 2.4 Siswa mampu menggunakan keterpaduan gagasan dalam kalimat secara tepat dan benar 2.5 Siswa mampu menggunakan kalimat dengan sistem ejaan dan penalaran yang benar Perbaikilah kalimat-kalimat berikut menjadi kalimat yang efektif! Krisis kepercayaan adalah merupakan akumulasi keterhimpitan kaum bawah selama pemerintahan yang berkuasa kurang tanggap tentang gejolak sosial. Dalam masyarakat postmodern pun meng

LEMBAR KEGIATAN PEMBELAJARAN KALEF XII IPA 4 2009-2010

LEMBAR KERJA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA XII NAMA : …………………………………. KELAS/NO. ABSEN : …………../…………………….. 1. Standar kompetensi : Siswa mampu menyampaikan gagasan dengan menggunakan ahasa secara benar dan tepat sebagai hasil proses berpikir yang cermat 2. Kompetensi dasar : 2.1 Siswa mampu menggunakan kesepadanan kalimat secara tepat dan benar 2.2 Siswa mampu menggunakan keparalelan kalimat secara tepat dan benar 2.3 Siswa mampu menggunakan kehematan kata dalam kalimat secara tepat dan benar 2.4 Siswa mampu menggunakan keterpaduan gagasan dalam kalimat secara tepat dan benar 2.5 Siswa mampu menggunakan kalimat dengan sistem ejaan dan penalaran yang benar Perbaikilah kalimat-kalimat berikut menjadi kalimat yang efektif! 1. Dalam masyarakat postmodern pun mengenal adanya masa transisi yang menyulitkan kebersikapan. 2. Kebijakan gubernur diharapkan mampu memancing para industriawan untuk

LEMBAR KEGIATAN PEMBELAJARAN KALEF XII IPA 5 1011

LEMBAR KERJA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA XII NAMA : …………………………………. KELAS/NO. ABSEN : …………../…………………….. 1. Standar kompetensi : Siswa mampu menyampaikan gagasan dengan menggunakan ahasa secara benar dan tepat sebagai hasil proses berpikir yang cermat 2. Kompetensi dasar : 2.1 Siswa mampu menggunakan kesepadanan kalimat secara tepat dan benar 2.2 Siswa mampu menggunakan keparalelan kalimat secara tepat dan benar 2.3 Siswa mampu menggunakan kehematan kata dalam kalimat secara tepat dan benar 2.4 Siswa mampu menggunakan keterpaduan gagasan dalam kalimat secara tepat dan benar 2.5 Siswa mampu menggunakan kalimat dengan sistem ejaan dan penalaran yang benar Perbaikilah kalimat-kalimat berikut menjadi kalimat yang efektif! 1. Salah satu ciri logam yaitu memuai jika dipanaskan. 2. Sungguhpun semua lini perusahaan memiliki kompetensi yang baik, tetapi simpati masyarakat lingkungan amat diperlukan. 3. Kepada semua anggota yang belum membayar iuran anggota harap me

SELUK-BELUK PIDATO

1. Pengantar Perkembangan zaman kini menunjukkan betapa komunikasi antarmanusia berkembang cepat sesuai dengan taraf peradaban serta kemajuan teknologi. Perkembangan teknologi yang demikian pesat membawa pengaruh terhadap perkembangan teknologi komunikasi yang ujungnya memberikan tantangan dan peluang bagi manusia bahwa keterampilan berkomunikasi dalam berbagai bentuk merupakan suatu area yang harus dijawab melalui keterampilan berbicara. Keterampilan berbicara dalam berbagai jenis dan bentuk memang kini memberi peluang seseorang untuk meniti karier atau mengasah keterampilan, bahkan bermuara pada keuntungan finansial yan menjanjikan. Hal ini amat terlihat dalam konteks entertain, terutama melalui media audio visual. Dalam konteks yang lain, keterampilan berbicara di depan umum, pidato misalnya, bisa digunakan untuk berbagai keperluan sekaligus memberikan banyak manfaat kepada si penyampai gagasan. Konteks di atas sebaiknya dirasakan masyarakat pembelajar, terutama siswa sekolah

TEKNIK PRESENTASI ILMIAH

PRESENTASI ILMIAH 1. Pengertian Presentasi ilmiah merupakan kegiatan yang lazim dilakukan dalam dunia ilmiah. Kegiatan itu berfungsi untuk menyebarkan informasi ilmiah. Karena mahasiswa merupakan intelektual yang berkewajiban menyebarkan ilmu yang dimilikinya, kemahiran untuk melakukan presentasi ilmiah merupakan suatu kebutuhan. Agar presentasi ilmiah dapat berjalan dengan efektif, ada kiat-kiat yang perlu diterapkan, yakni (1) menarik minat dan perhatian peserta, (2) menjaga agar presentasi tetap fokus pada masalah yang dibahas, dan (3) menjaga etika ketika tampil di depan forum ilmiah. Untuk menarik minat dan perhatian pada topik/masalah yang dibahas, seorang penyaji dapat menggunakan media yang menarik (media visual seperti gambar dengan warna yang menarik, ilustrasi, dll.), mengetahui latar belakang peserta, dan menjaga suara agar tidak monoton serta terdengar jelas oleh seluruh peserta yang berada di suatu ruangan. Untuk menjaga agar presentasi tetap fokus pada madalah yang dibah

MENGINGAT BAHAN BICARA

MENGINGAT BAHAN BICARA Berbicara di depan orang lain merupakan keterampilan berbahasa yang memerlukan persiapan dan teknis tertentu sehingga apa yang disampaikan dapat dimengerti oleh orang lain dengan baik. Sebagai suatu keterampilan aktif berbahasa, berbucara di depan orang lain merupakan suatu hal yang memberikan nilai seni dan keahlian tersendiri Ada banyak cara untuk bisa mengingat bahan bicara. Setidaknya, empat cara berikut ini adalah cara yang paling umum dilakukan oleh banyak pembicara publik. Anda pilih sendiri mau yang mana, akan tetapi ingatlah bahwa beberapa cara ternyata merupakan cara yang salah.Anda bisa mengingat bahan bicara dengan: - Menghafal - Membaca sepenuhnya; - Menggunakan catatan; - menggunakan alat bantu visual MENGHAFAL Inilah cara yang paling buruk menurut para pakar public speaking. Mengapa? Karena dengan menghafal, Anda akan disibukkan oleh berabgai kata atau kalimat, dan bukan ide yang ada di belakangnya. Padahal, apa yang penting adalah idenya, dan buka

MENGADAKAN RAPAT

MENGADAKAN RAPAT DENGAN BAIK RAPAT 1. Rapat merupakan sarana yang berguna dalam lembaga, organisasi, biro jasa, perusahaan, dan lain-lain yang dapat membantu manajemen karena melalui rapat dapat dipermudah tugas yang makin sulit untuk mengoordinasi kegiatan yang sifatnya beraneka ragam. 2. Pengertian rapat (meeting) *berkumpulnya sekurang-kurangnya dua atau lebih orang untuk memutuskan suatu tujuan (Shrap v. Dawes, 1976). 3. Rapat dapat bervariasi ukurannya, baik dari jumlah peserta, tujuan, maupun yang lain. Rapat sekelompok kecil orang dalam organisasi secara teratur disebut rapat komisi. Komisi merupakan suatu badan yang mencakup orang-orang yang secara kolektif bertanggung jawab atas keputusan dan tindakannya terhadap otoritas ysng lebih tinggi. Komisi diberi wewenang untuk mengesahkan suatu keputusan melalui mayoritas suara dan lazim terikat atas suara itu. 4. Tujuan rapat antara lain : 4.1 memberikan informasi tentang sesuatu, misalnya hasil pertemuan, rapat, seminar berita yang