MEMBERIKAN TANGGAPAN-SANGGAHAN-PENOLAKAN PENDAPAT KELAS XII MIPA 8 TAHUN 2015/2016

 Konsep memberikan tanggapan, sanggahan, dan penolakan secara dasar sudah kalian pahami lengkap melalui pelacakan berbagai referensi, baik melalui buku atau jejaring, yang hasilnya kalian tulis di Buku Latihan. Pemahaman perihal tersebut menuntut tindak lanjut aplikasi dalam konteks yang benar. Proses pembelajaran berikutnya adalah mewujudkan hal itu dalam konteks lebih luas tatkala kita memperoleh, menerima, dan menghadapi suatu informasi dalam era yang serbacanggih ini.
    Suatu informasi hendaknya disikapi secara berjarak, dalam arti menyikapi secara kritis perihal kebenarannya. Setiap orang memiliki hak untuk menerima atau menolak suatu informasi. Sikap ini lebih baik apabila dibarengi dengan sistem atau pola pikir yang sahih dan benar.
      Beberapa kaidah dan prinsip penalaran secara inti sudah kalian pahami, begitu juga dengan bentuk-bentuk kesalahan penalaran yang sering kita temukan di dalam kehidupan sehari-hari melalui opini seseoarng yang kian marak bertaburan. Nah, kini saatnya kalian menyikapi opini dalam wacana di bawah ini dengan sikap kritis dan berdasar sehingga ketika memberikan tanggapan, sanggahan, atau penolakan tercermin kecerdasan kalian menyikapi pola pikir suatu gagasan atau informasi.

Langkah Kerja Memberikan Tanggapan atau Penolakan Pendapat!

1.      Tentukan kalimat-kalimat inti gagasan opini yang terdapat dalam wacana!
2.      Berdasarkan kalimat inti gagasan tersebut tentukan simpulan pendapat! Simpulan pendapat  sama dengan K dalam silogisme. K dalam silogisme memiliki rumus yang mengandung term C=B!
3.      Berdasarkan hal tersebut disusun Pm= C=A; Artinya kalian harus membuat term A, yaitu term hantaran (penghubung) antara PM dan Pm. Ingat, bahwa A adalah term suatu komunitas, dan di dalamnya terdapat C!
4.      Bila sudah ditentukan term A, kita restrukturisasi dalam susunan silogisme:

PM (PU)           :                 A       =         B
Pm (Pk)            :                 C       =         A
K                      :                 C       =         B

Manakala langkah kita benar, kalian sudah melewati tahap validitas. Artinya, langkah kerja kalian sudah memenuhi sebagian kaidah silogisme dari sisi term, proposisi, dan rumusnya. Langkah kalian sudah valid, sahih.
5.      Langkah berikutnya adalah meneliti kebenarannya (truth). Di sinilah kita lihat sisi kebenaran dari segi fakta berbicara. Apabila pernyataan itu terdapat atau berlaku untuk suatu komunitas, kebenaran sudah diakui. Tulislah poin-poin kalimat inti yang menurut kalian merupakan gagasan kesalahan penalaran!
6.      Berdasarkan data-data di atas kalian memberikan tanggapan atau sanggahan dalam bentuk paragraf! Apabila kalian menemukan 1 (satu) kesalahan penalaran, kalian memberikan sanggahan minimal dua paragraf, di samping paragraf pembuka dan penutup. Jadi, empat paragraf! Dua paragraf sanggahan berisi 1) paragraf paparan kekurangan atau kelemahan opini lawan yang kalian temukan, ditulis terurai atau rinci dari umum ke khusus hingga semakin memperlihatkan kelemahan penalaran opini yang kalian sanggah; 2) paragraf sanggahan yang mengemukakan pola pikir dan alternatif kemungkinan lebih baik, lebih logis, lebih realistis sehingga memperlihatkan gagasan kalian jauh lebih tepat dan lebih sesuai dengan kebutuhan dan keadaan.
7.      Kriteria penilaian didasarkan pada isi, konstruksi, dan bahasa yang secara proporsional berbanding 40-30-30.
8.      Harap diingat, kaidah tata tulis mutlak memengaruhi hasil akhir penilaian! Kesalahan tata tulis dikenakan pengurangan skor sesuai jumlah yang ditemukan.
9.      Jawaban dimasukkan melalui komentar. Jawaban yang dikirim hanya a) restrukturisasi silogisme, dan b) tanggapan-sanggahan-penolakan pendapat! Kalian bisa menentukan sendiri pilihan tanggapan, sanggahan, atau penolakan. Secara prinsip, ketiganya memiliki level yang berbeda dengan konsekuensi logis yang sesuai.
10.  Kriteria penilaian berhubungan dengan variabel isi (40%), konstruksi (30%), dan bahasa (30%).
11.  Jawaban diterima bila memenuhi persyaratan yang ditentukan: 1) MENGGUNAKAN EMAIL NAMA SAH; 2) menuliskan nama, kelas, dan nomor absen. Tidak ada perbaikan atau kesempatan mengirim ulang.
12.  Guru berhak menyeleksi jawaban yang dimunculkan di daring.
13.  Tabel lokasi soal dan pemberi tanggapan-sanggahan-penolakan:

Tabel nomor soal yang harus dikerjakan!

Wacana 1

No.
No. Paragraf
No. Absen yang Mengerjakan
1
1-2-3
1; 9; 23; 24; 31
2
4-5-6
2; 10; 22; 25; 32
3
7-8-9
3; 11; 21; 26
4
Judul-10-11
4; 12; 20; 27

Wacana 2


No.
No. Paragraf
No. Absen yang Mengerjakan
1
1-2-3
5; 19; 28, 33
2
4-5-6
6; 13; 18; 29
3
7-8-9
7; 14; 17; 30
4
10-11-12
8; 15; 16;34


Selamat mengerjakan!


WACANA 1
”Ngupi-ngupi” di Lereng Merapi

1.         Menyeruput kopi sambil menikmati simfoni serangga malam di sejuknya lereng Merapi. Itulah asyiknya ”ngupi-ngupi” di kedai Melcosh, di Jalan Kaliurang, Kilometer 23, Sleman, DI Yogyakarta. Ada jadah bakar, tempe mendoan, dan pisang bakar, jajanan rakyat sebagai kawan menikmati kopi hangat.

2.         Sejuk kala malam dan teduh di hari siang. Itulah kedai Melcosh berada di kaki Gunung Merapi, sekitar 2 kilometer ke bawah dari tempat wisata Kaliurang, Kedai dirancang semioutdoor alias setengah terbuka. Didesain oleh arsitek Andreas Hartono dan Aryanto Sujarwo, Melcosh menggunakan atap dengan kerangka bambu, dengan penutup berbahan elastis. Lengkung-lengkung atap dan tiang membentuk rongga-rongga mirip bunga terompet yang meredam panas siang.

3.         Kedai tidak menggunakan dinding penyekat sehingga kita bisa leluasa melihat kebun seluas 3,4 hektar lebih di sekeliling. Udara dari pepohonan teduh di kebun itu mengirimkan rasa sejuk. Kebun itu pula yang menjadi arena pergelaran simfoni serangga malam. Atmosfer itulah yang menemani kita menikmati kopi dan hidangan Melcosh.

4.         Malam itu jarum jam menunjuk pukul sembilan lebih delapan menit. Kafe temaram dengan nyala lilin. Secangkir kopi dari Siborongborong sudah tandas. Ini kopi dari tanah Tapanuli Utara, Sumatera Barat, dengan elemen rasa rempah, herbal yang kuat. Kopi siborongborong menjadi salah satu kopi pilihan Melcosh, selain kopi kintamani dari Bali, gambung dan ciwidey (Jabar), mandailing (Sumut), raung (Jatim), gayo (Aceh), toraja (Sulut), timika (Papua), dan kopi merapi.

5.         Semua kopi diracik sejak dalam bentuk biji, kemudian digiling sesaat sebelum diseduh. Jadi dijamin, kopi sampai ke meja dalam rasa dan aroma primanya. Maklum, pendiri Melcosh, Y Deni Sulistiwawan Pr, adalah penikmat kopi. Ia hanya menghidangkan kopi yang sudah lulus dari uji cecapnya. Jika ia mendapati rasa kopi yang kurang pas menurut indera pencecapnya, ia tidak akan menghidangkan kepada tamu. Jika mendapat kopi di bawah standar alias jelek, Deni akan komplain kepada pihak penggarang biji kopi (roastery).

6.         ”Ada yang roasting-nya (penggarangan) tidak merata. Tapi, ada yang terlalu medium dark. Kalau mendapat kopi seperti itu, kami akan lakukan roasting ulang. Kadang kami blend (campur) dengan kopi lain sehingga bitter (rasa pahit kopi), acid (keasaman) fruity-nya sebanding,” kata Deni yang mengakui bahwa dia bukan ahli kopi, tetapi hanya penikmat berat.

7.         Sebagai pengantar menikmati kopi, Melcosh menyediakan sejumlah pilihan menu ndeso. Di antaranya adalah jadah, mendoan, pisang bakar, dan tempe garit. Jadah adalah penganan khas Kaliurang yang biasanya disajikan bersama tempe bacem. Jadah bakar di kedai ini disajikan dalam beberapa pilihan, mulai dari ”original” alias polosan, hingga jadah bertaburan cokelat keju dan kacang tumbuk. Jadah dihidangkan dalam bentuk pipih, setengah lingkaran, sehingga mudah dipotong dan digigit.

8.         Ada yang agak unik, yaitu Nasi Goreng Melcosh. Ini sebenarnya nasi goreng biasa, tetapi bentuknya kerucut seperti tumpeng. Gunung kecil itu diletakkan di atas telur dadar agak kering yang memberi rasa gurih. Ia seperti lautan pasir di sekitar Merapi ”Ada lahar panas dan lahar dinginnya lho ha-ha…,” kata Deni. Kaki gunung itu dikitari ”lahar panas” berupa mayones yang menyumbang rasa manis. Adapun ”lahar dingin” berupa potongan daging ayam dan bakso yang gurih. Dan awas, di dalam gunung itu ada ”magma” berupa cabai. ”Ya, karena kita di Merapi, bentuknya kami bikin seperti Gunung Merapi,” kata Deni.


9.         Kafe Melcosh dikelola sebagai bagian dari upaya menghidupi Sekolah Menengah Kejuruan Sanjaya yang membawahi 11 sekolah di Kabupaten Sleman. Mulai buka pada Juli 2014, kedai dan perangkat pendukung dirancang dengan basis pendidikan. Misalnya, di lahan seluas 3,4 hektar itu nanti akan dibangun lahan perkemahan tempat orang bisa belajar tentang lingkungan hidup. Selain itu, siswa-siswa SMK Sanjaya juga bisa berpraktik di kedai. ”Jadi, secangkir kopi itu sangat berarti untuk pendidikan mereka. Tetapi, kami tak sepenuhnya berorientasi ke bisnis murni sehingga misi pendidikannya hilang,” kata Deni.

10.     Melcosh, dikatakan Deni, dirancang sebagai semacam lounge, kedai santai, bukan rumah makan formal. Bukan dirancang sebagai tempat orang datang, makan, dan kenyang. Kedai dirancang sebagai arena tempat orang bisa bercerita kepada kawan, saudara, pacar, atau siapa pun. Atau tempat bermenung-menung. ”Jadi lebih sebagai tempat refleksi emosional, personal. Orang menjadi terhubungkan dengan orang lain,” kata Deni.

11.     Berjarak lebih dari 20 kilometer dari kota, tak menghalangi warga ”Kota Gudeg” untuk ngupi-ngupi ke Melcosh. Suatu malam, misalnya, dua warga Pakualaman meluncur ke Melcosh untuk menjamu rekan-rekannya yang penikmat kopi. Sambil mengobrol ngalor-ngidul mereka menikmati cold brew, kopi dingin yang ternyata berkenan di lidah tamu yang mengaku tidak biasa ngopi itu.

12.     Deni menceritakan, ada sejumlah pelanggan yang datang untuk duduk berlama-lama membaca buku, atau menulis, menikmati secangkir kopi, dan makanan ringan. ”Ada juga orang datang berlama-lama di sini, tetapi enggak pesen-pesen. Kalau orientasi hanya profit, kami mungkin akan rugi. Tapi, orang seperti mereka itu datang ke sini dan mendapatkan inspiring moment. Hal itu jauh lebih memuaskan kami karena itulah tujuan kami,” kata Deni.



WACANA 2


Layar Jajak – Industri Musik Redup oleh Digital

1.      Toko musik Disc Tarra yang berada di salah satu mal terkenal di Jakarta Selatan melakukan ”cuci gudang” dengan diskon hingga 70 persen untuk produk kaset, CD, dan DVD. Beberapa pengunjung pada Kamis (24/12/2015) tampak melihat-lihat cakram musik di jajaran rak yang isinya mulai kosong di toko tersebut. Toko musik yang pernah berjaya pada era 1990-an itu dikabarkan akan menutup sebagian besar gerainya.

2.      Kondisi toko musik Disc Tarra seolah menjadi penanda jejak industri musik konvensional yang pernah mengalami masa kejayaan. Sebelum Disc Tarra, salah satu pengecer musik legendaris, Aquarius Mahakam, sudah terlebih dahulu gulung tikar pada akhir 2013. Situasi ini mengilustrasikan redupnya industri musik yang dulu mengandalkan penjualan kepingan kaset atau CD.

3.      Perkembangan teknologi digital telah mengubah gaya hidup generasi muda, termasuk dalam cara dan kebiasaan mengonsumsi musik. Kondisi itu juga tergambar dari hasil jajak pendapat Kompas yang diselenggarakan Agustus 2015. Hanya 1 persen dari 734 responden yang berhasil terjaring dalam jajak pendapat ini yang mengaku masih mendengarkan musik lewat perangkat pemutar kaset atau CD.

4.      Mayoritas responden kelompok muda lebih terbiasa menikmati musik melalui internet, baik dengan cara mengunduh maupun mendengarkan langsung secara streaming. Tidak kurang dari 62 persen dari 734 responden mengaku biasa mengunduh lagu dalam format digital di internet. Selain itu, sekitar 15 persen lainnya mengakses melalui streaming musik di laman Youtube. Semakin muda kelompok usia responden, semakin kuat juga kebiasaan mereka mengonsumsi musik dalam bentuk digital.

5.      Hasil penelitian Global World Index menyimpulkan bahwa jumlah orang yang mendengarkan musik lewat internet meningkat hingga 76 persen selama periode 2012-2015. Mayoritas orang yang memanfaatkan teknologi tersebut adalah mereka yang berusia 16 hingga 24 tahun. Data lain dari organisasi industri rekaman dunia International Federation of Phonographic Industry (IFPI) mencatat sebanyak 46 persen pendapatan industri musik secara global pada 2014 sudah dikuasai rekaman musik digital.

6.      Sementara itu, rekaman musik fisik sebesar 46 persen dan 8 persen sisanya dari pertunjukan dan sinkronisasi (pemanfaatan untuk iklan, film, games, program TV). Tren pertumbuhan nilai pendapatan di industri musik digital pun menunjukkan prospek yang cerah, rata-rata 9,4 persen per tahun pada periode 2009-2014. Pada 2009, pendapatan industri musik digital global meraup 4,4 miliar dollar AS. Lima tahun kemudian kembali melonjak menjadi 6,9 miliar dollar AS.

7.      Perkembangan teknologi gawai dan telekomunikasi semakin memanjakan konsumen. Jenis aplikasi dan layanan streaming musik berbasis internet terus berkembang menyediakan jutaan koleksi lagu yang dapat diakses baik secara gratis maupun berbayar. Aplikasi gratis untuk mengunduh musik antara lain Youtube yang menyajikan berbagai tayangan termasuk musik dalam format video. Sementara aplikasi Soundcloud menyediakan koleksi musik dalam format audio. Kedua aplikasi tersebut dapat dengan mudah diakses melalui telepon genggam.

8.      Sementara bagi mereka yang mengutamakan kualitas suara (video), beberapa aplikasi menawarkan layanan berbayar dengan cara berlangganan. Laman/aplikasi berbayar ini antara lain Vevo, Deezer, Guvera, MixRadio  Spotify, dan Joox.Tidak ketinggalan produsen telepon pintar dan operating system juga fokus pada pasar penikmat musik dengan layanan aplikasi semacam iTunes dari Apple, atau aplikasi musik yang disediakan di Google Play Store bagi pengguna Android. Warga menikmati musik melalui berbagai aplikasi yang tersedia di gawai di Jakarta, Selasa (5/1).

9.      Industri musik yang mengandalkan bentuk rekaman fisik tergilas oleh industri musik dalam format digital. Industri musik Tanah Air pernah mengalami masa keemasan pada periode 1990-an dengan puncak penjualan album musik yang mencapai 77,5 juta kopi.

10.  Resesi ekonomi pada 1998 sempat menyusutkan angka penjualan menjadi 41,6 juta kopi. Meski demikian, kembali meningkat dengan capaian 64,5 juta kopi di tahun 1999. Selepas tahun 2000, industri musik di Tanah Air mulai lesu dan terus merosot hingga saat ini. Bahkan, penjualan rekaman musik pada 2011 hingga 2013 tercatat rata-rata hanya 5 juta keping per tahun (Kompas, 27/11). Pasar kaset, CD, dan DVD terus merosot, antara lain, juga sebagai akibat bergesernya cara konsumsi dan gaya hidup konsumen. Faktor lain yang mempercepat lumpuhnya industri musik konvensional ini antara lain juga akibat kemudahan teknologi yang mendorong maraknya pembajakan.

11.  Model pembajakan ini tak hanya berupa penggandaan rekaman dalam bentuk kaset, CD, atau DVD ilegal. Lebih dari itu, masyarakat demikian mudah menggandakan musik dari format cakram ke bentuk digital untuk kemudian dibagikan secara bebas dan terbuka di internet. Hasil survei Asosiasi Industri Rekaman Indonesia tahun 2013 menyebutkan terjadi sekitar enam juta kali pengunduhan ilegal lagu setiap hari melalui internet. Hal ini mengakibatkan industri rekaman menanggung kerugian hingga Rp 6 miliar per hari. Ini berarti industri musik Tanah Air kehilangan potensi pendapatan sebesar Rp 180 miliar per bulan atau Rp 2,16 triliun per tahun.


12.  Tidak bisa dimungkiri kehadiran teknologi internet yang menghadirkan dunia digital telah mengubah banyak hal secara masif dan luas. Perubahan gaya hidup masyarakat mengakibatkan berbagai media yang sebelumnya melekat dalam keseharian menjadi tidak relevan lagi. Kaset, CD, dan DVD sangat mungkin tidak lagi mendominasi, tetapi akan tetap bertahan dan beradaptasi seperti piringan hitam yang sempat berjaya di masa silam.



Komentar

  1. Nama: Fany
    Kelas: XII MIPA 8
    Absen: 11

    Wacana 1 (ParagraF 7, 8 dan 9)
    I. RESTRUKTURISASI

    1.1 Silogisme paragraf 7
    1.1.1 Kesimpulan: Jadah dari Melcosh (Term C), mudah dipotong dan digigit (Term B).
    1.1.2 Premis Minor: Jadah dari Melcosh (Term C ), berbentuk pipih setengah lingkaran (Term A).
    1.1.3 Premis Mayor: Semua makanan yang berbentuk pipih setengah lingkaran (Term A), mudah dipotong dan digigit (Term B).
    1.2 Silogisme paragraf 8
    1.2.1 Kesimpulan: Melcosh (Term C), menyediakan nasi goring berbentuk seperti merapi (Term B).
    1.2.2 Premis Minor: Melcosh (Term C), merupakan kedai yang berada di lereng merapi (Term A).
    1.2.3 Premis Mayor: Semua kedai yang berada di lereng merapi (Term A), menyediakan nasi goreng berbentuk seperti merapi (Term B).
    1.3 Silogisme paragraph 9
    1.3.1 Kesimpulan: Melcosh (Term C), berupaya untuk menghidupi Sekolah Menengah Kejuruan Sanjaya (Term B).
    1.3.2 Premis Minor: Melcosh (Term C), adalah kedai yang dirancang dengan basis pendidikan (Term A).
    1.3.3 Premis Mayor: Semua kedai yang dirancang dengan basis pendidikan (Term A), berupaya untuk menghidupi Sekolah Menengah Kejuruan Sanjaya (Term B).

    BalasHapus
  2. Nama: Fany
    Kelas: XII MIPA 8
    Absen: 11

    II. TANGGAPAN – SANGGAHAN – PENOLAKAN PENDAPAT

    Paragraf pembuka
    Makanan merupakan sesuatu yang pokok bagi manusia untuk melanjutkan hidupnya. Tetapi di jaman modern, orang lebih banyak berupaya mendapatkan makanan yang cepat karena tidak mempunyai waktu untuk membuat makanan. Hal ini menyebabkan banyak dibukanya tempat makan atau kafe yang menyediakan makanan cepat saji dan makanan dari luar. Karena pengaruh makanan dari luar ini, makanan lokal yang dulu digemari mulai dilupakan bahkan diremehkan, yang dapat menyebabkan pudarnya kekhasan suatu bangsa.

    Paragraf 7
    Pada dewasa ini, sangat susah menemukan makanan lokal sehingga menyebabkan tidak sedikitnya orang yang merindukan makanan lokal. Hal ini juga dapat berdampak pengetahuan generasi selanjutnya mengenai makanan lokal. Padahal, makanan lokal dapat menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap tanah air dan juga dapat menunjukkan ciri khas Negara Indonesia.
    Saya tidak setuju dengan pendapat penulis pada paragraf ketujuh, kalimat pertama yang mengatakan bahwa jadah, mendoan, pisang bakar dan tempe garit adalah makanan ndeso. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya kesalahan dalam penyampaian kepada masyarakat bahwa makanan lokal adalah makanan ndeso. Hal ini juga berdampak kepada generasi muda yang dapat merasa segan atau bahkan gengsi untuk makan makanan lokal karena telah diberi label bahwa makanan lokal adalah makanan ndeso. Sebaiknya penulis lebih berhati-hati dalam memilih kata-kata.

    Paragraf 8
    Daya tarik memang dibutuhkan dalam hal apapun untuk menarik minat orang banyak. Terutama makanan yang menjadi kebutuhan pokok manusia. Agar makanan disukai banyak orang, cita rasa dan gizi yang terkandung dalam makanan harus diperhatikan. Tetapi jangan lupa sebelum orang mencicipi makanan, orang akan memilih makanan yang unik dan menarik perhatiannya.
    Saya setuju dengan penulis yang mengatakan bahwa makanan biasapun bisa dibentuk dengan unik dan juga memiliki rasa yang enak. Nasi goreng Melcosh yang berada di lereng gunung merapi dapat dibentuk menyerupai merapi. Hal ini dapat menambah sensasi saat memakan nasi goreng tersebut. Kekreatifan dalam menciptakan bentuk makanan dan bahan makanan dapat menjadi inspirasi orang lain, bahwa makanan yang sederhanapun dapat dibuat unik dan dengan harga yang terjangkau

    BalasHapus
  3. Nama: Fany
    Kelas: XII MIPA 8
    Absen; 11

    Paragraf 9
    Pendidikan merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan masa depan seseorang. Tetapi, kurangnya jangkauan bantuan dari pemerintah terhadap pendidikan di daerah yang terpencil menjadikan sulitnya untuk ‘mencicipi’ bangku sekolah. Tetapi, tak sedikit orang yang menyumbangkan bantuan kepada daerah baik berupa dana atau tenaga untuk memajukan pendidikan di daerah.
    Pada paragraf kesembilan, kalimat kelima, penulis mengatakan bahwa misi pendidikan dapat hilang bila Melcosh terfokus dengan bisnis. Saya tidak setuju dengan pendapat penulis, karena menurut pendapat saya, bila bisnis di Melcosh berjalan dengan baik dan sukses, tentu dana yang akan didapat lebih besar. Hal ini tentunya akan dapat memberi bantuan lebih banyak di Kabupaten Sleman atau bahkan daerah di sekitar Kabupaten Sleman untuk memajukan pendidikan. Hal ini juga dapat digunakan untuk menambah wisata kuliner bagi wisatawan yang berkunjung di Kabupaten Sleman dan juga menambah daya tarik dari daerah tersebut. Penulis seolah-olah mengatakan bahwa terlalu fokus dengan bisnis dapat memudarkan tujuan. Hal ini dapat disalah artikan oleh masyarakat bahwa bisnis hanya terfokus pada uang . sebaiknya penulis dapat lebih berhati-hati dalam menyusun kata.

    Penutup
    Semakin tingginya kekreatifitasan masyarakat dalam bidang kuliner, tentu membuat bertambahnya kegemaran orang dalam kuliner. Tetapi, ada baiknya kita sebagai masyarakat Indonesia yang cinta pada tanah air dan bangsa juga tidak melupakan makanan khas Indonesia terutama dari daerah sendiri. Karena hal ini dapat menyebabkan pudarnya cirikhas suatu daerah. Untuk melestarikan makanan daerah, kita tidak perlu sampai membuka tempat makan khusus untuk mekanan daerah, tetapi kita juga bisa sesekali makan makanan khas daerah. Bila bukan kita, siapa lagi yang akan melestarikan makanan daerah.

    BalasHapus
  4. Nama:Fany
    Kelas: XII MIPA 8
    Absen: 11

    Wacana 1 (ParagraF 7, 8 dan 9)
    I. RESTRUKTURISASI

    1.1 Silogisme paragraf 7
    1.1.1 Kesimpulan: Jadah dari Melcosh (Term C), mudah dipotong dan digigit (Term B).
    1.1.2 Premis Minor: Jadah dari Melcosh (Term C ), berbentuk pipih setengah lingkaran (Term A).
    1.1.3 Premis Mayor: Semua makanan yang berbentuk pipih setengah lingkaran (Term A), mudah dipotong dan digigit (Term B).
    1.2 Silogisme paragraf 8
    1.2.1 Kesimpulan: Melcosh (Term C), menyediakan nasi goring berbentuk seperti merapi (Term B).
    1.2.2 Premis Minor: Melcosh (Term C), merupakan kedai yang berada di lereng merapi (Term A).
    1.2.3 Premis Mayor: Semua kedai yang berada di lereng merapi (Term A), menyediakan nasi goreng berbentuk seperti merapi (Term B).
    1.3 Silogisme paragraph 9
    1.3.1 Kesimpulan: Melcosh (Term C), berupaya untuk menghidupi Sekolah Menengah Kejuruan Sanjaya (Term B).
    1.3.2 Premis Minor: Melcosh (Term C), adalah kedai yang dirancang dengan basis pendidikan (Term A).
    1.3.3 Premis Mayor: Semua kedai yang dirancang dengan basis pendidikan (Term A), berupaya untuk menghidupi Sekolah Menengah Kejuruan Sanjaya (Term B).

    BalasHapus
  5. Nama: Fany
    Kelas: XII MIPA 8
    Absen: 11

    II. TANGGAPAN – SANGGAHAN – PENOLAKAN PENDAPAT

    Paragraf pembuka
    Makanan merupakan sesuatu yang pokok bagi manusia untuk melanjutkan hidupnya. Tetapi di jaman modern, orang lebih banyak berupaya mendapatkan makanan yang cepat karena tidak mempunyai waktu untuk membuat makanan. Hal ini menyebabkan banyak dibukanya tempat makan atau kafe yang menyediakan makanan cepat saji dan makanan dari luar. Karena pengaruh makanan dari luar ini, makanan lokal yang dulu digemari mulai dilupakan bahkan diremehkan, yang dapat menyebabkan pudarnya kekhasan suatu bangsa.

    Paragraf 7
    Pada dewasa ini, sangat susah menemukan makanan lokal sehingga menyebabkan tidak sedikitnya orang yang merindukan makanan lokal. Hal ini juga dapat berdampak pengetahuan generasi selanjutnya mengenai makanan lokal. Padahal, makanan lokal dapat menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap tanah air dan juga dapat menunjukkan ciri khas Negara Indonesia.
    Saya tidak setuju dengan pendapat penulis pada paragraf ketujuh, kalimat pertama yang mengatakan bahwa jadah, mendoan, pisang bakar dan tempe garit adalah makanan ndeso. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya kesalahan dalam penyampaian kepada masyarakat bahwa makanan lokal adalah makanan ndeso. Hal ini juga berdampak kepada generasi muda yang dapat merasa segan atau bahkan gengsi untuk makan makanan lokal karena telah diberi label bahwa makanan lokal adalah makanan ndeso. Sebaiknya penulis lebih berhati-hati dalam memilih kata-kata.

    Paragraf 8
    Daya tarik memang dibutuhkan dalam hal apapun untuk menarik minat orang banyak. Terutama makanan yang menjadi kebutuhan pokok manusia. Agar makanan disukai banyak orang, cita rasa dan gizi yang terkandung dalam makanan harus diperhatikan. Tetapi jangan lupa sebelum orang mencicipi makanan, orang akan memilih makanan yang unik dan menarik perhatiannya.
    Saya setuju dengan penulis yang mengatakan bahwa makanan biasapun bisa dibentuk dengan unik dan juga memiliki rasa yang enak. Nasi goreng Melcosh yang berada di lereng gunung merapi dapat dibentuk menyerupai merapi. Hal ini dapat menambah sensasi saat memakan nasi goreng tersebut. Kekreatifan dalam menciptakan bentuk makanan dan bahan makanan dapat menjadi inspirasi orang lain, bahwa makanan yang sederhanapun dapat dibuat unik dan dengan harga yang terjangkau

    BalasHapus
  6. Nama: Fany
    Kelas: XII MIPA 8
    Absen: 11

    Paragraf 9
    Pendidikan merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan masa depan seseorang. Tetapi, kurangnya jangkauan bantuan dari pemerintah terhadap pendidikan di daerah yang terpencil menjadikan sulitnya untuk ‘mencicipi’ bangku sekolah. Tetapi, tak sedikit orang yang menyumbangkan bantuan kepada daerah baik berupa dana atau tenaga untuk memajukan pendidikan di daerah.
    Pada paragraf kesembilan, kalimat kelima, penulis mengatakan bahwa misi pendidikan dapat hilang bila Melcosh terfokus dengan bisnis. Saya tidak setuju dengan pendapat penulis, karena menurut pendapat saya, bila bisnis di Melcosh berjalan dengan baik dan sukses, tentu dana yang akan didapat lebih besar. Hal ini tentunya akan dapat memberi bantuan lebih banyak di Kabupaten Sleman atau bahkan daerah di sekitar Kabupaten Sleman untuk memajukan pendidikan. Hal ini juga dapat digunakan untuk menambah wisata kuliner bagi wisatawan yang berkunjung di Kabupaten Sleman dan juga menambah daya tarik dari daerah tersebut. Penulis seolah-olah mengatakan bahwa terlalu fokus dengan bisnis dapat memudarkan tujuan. Hal ini dapat disalah artikan oleh masyarakat bahwa bisnis hanya terfokus pada uang . sebaiknya penulis dapat lebih berhati-hati dalam menyusun kata.

    Penutup
    Semakin tingginya kekreatifitasan masyarakat dalam bidang kuliner, tentu membuat bertambahnya kegemaran orang dalam kuliner. Tetapi, ada baiknya kita sebagai masyarakat Indonesia yang cinta pada tanah air dan bangsa juga tidak melupakan makanan khas Indonesia terutama dari daerah sendiri. Karena hal ini dapat menyebabkan pudarnya cirikhas suatu daerah. Untuk melestarikan makanan daerah, kita tidak perlu sampai membuka tempat makan khusus untuk mekanan daerah, tetapi kita juga bisa sesekali makan makanan khas daerah. Bila bukan kita, siapa lagi yang akan melestarikan makanan daerah.

    BalasHapus
  7. Nama : Maria Fransiska Avelia.
    Kelas : XII MIPA 8
    No absen : 23.
    Wacana 1 (Paragraf 1,2 dan 3)
    I. RESTRUKTURISASI

    1.1 Silogisme paragraf 1
    1.1.1 Kesimpulan: Melcosh (Term C), memiliki jajanan sebagai kawan menikmati kopi hangat (Term B).
    1.1.2 Premis Minor: Melcosh(Term C ), memiliki jajanan-janan rakyat (Term A).
    1.1.3 Premis Mayor: Semua jajanan-jajanan rakyat (Term A), merupakan kawan menikmati kopi hangat (Term B).
    1.2 Silogisme paragraf 2
    1.2.1 Kesimpulan: Melcosh (Term C), memiliki semioutdoor alias setengah terbuka (Term B).
    1.2.2 Premis Minor: Melcosh (Term C), menggunakan atap dengan kerangka bumbu dan atap membentuk rongga-rongga (Term A).
    1.2.3 Premis Mayor: Kedai dengan atap kerangka bambu dan atap membentuk rongga-rongga (Term A), memiliki semioutdoor alias setengah terbuka (Term B).
    1.3 Silogisme paragraf 3
    1.3.1 Kesimpulan: Melcosh (Term C), memiliki atmosfer menemani kita menikmati kopi (Term B).
    1.3.2 Premis Minor: Melcosh (Term C), menggunakan dinding penyekat sehingga memberikan udara sejuk (Term A).
    1.3.3 Premis Mayor: Semua kedai dengan dinding penyekat dapat memberikan udara sejuk (Term A), serta memiliki atmosfer menemani kita menikmati kopi (Term B).

    II. TANGGAPAN – SANGGAHAN – PENOLAKAN PENDAPAT
    Paragraf pembuka.
    Kedai kopi merujuk kepada sebuah organisasi yang secara esensial menyediakan kopi atau minuman panas lainnya. Di udara yang dingin di lereng merapi sangat cocok apabila sambil menghirup kopi hangat. Ditemani dengan makanan-makanan yang menggambarkan sebuah kedai. Makanan tersebut tentunya sangat diminati oleh orang-orang penikmat makanan asli Indonesia. Pastinya dengan banyak penikmat kopi, akan banyak pula yang mau menikmati makanan-makanan lain sebagai kawan saat menghirup kopi. Seperti yang kita ketahui, orang yang tinggal atau sedang mengunjungi lereng merapi pasti ingin menghangatkan tubuh. Salah satunya dengan mengunjungi kedai kopi yang ada di sekitar lereng.

    BalasHapus
  8. Nama : Maria Fransiska Avelia.
    Kelas : XII MIPA 8
    No absen : 23.
    Paragraf 1.
    Kedai kopi menyediakan kopi yang dibuat dengan manual tanpa alat atau sebuah mesin yang dapat bekerja dengan sendirinya membuat sebuah kopi. Bagi penikmat kopi yang suka dengan penggunaan metode manual ini dapat mengunjungi kedai kopi. Dengan adanya kopi hangat yang sudah tersedia, pastinya seorang penikmat kopi membutuhkan sebuah makanan untuk menemaninya menghirup kopi hangat. Makanan yang sering tersedia dan ada di kedai kopi biasanya dipilih oleh banyak orang sebagai teman dalam menikmati secangkir kopi hangat. Ditambah lagi dengan suasana yang mendukung dalam maksud dapat menambah gairah seseorang pada saat menikmati secangkir kopi hangat di kedai kopi.
    Saya bertanggapan bahwa pemilik Kedai Melcosh memiliki kualitas memadai sebagai kedai kopi pada era zaman sekarang. Makanan yang masih bersifat lokal dan susah ditemui di banyak kedai kopi modern yang kita kenal sebagai cafe. Masih tersedia dan disajikan kepada penikmat kopi di kedai kopi tersebut. Sebagai generasi muda tentunya sangat bangga, karena ternyata masih ada kedai kopi yang masih mengambil keputusan untuk tidak mengikuti perkembangan zaman. Jajanan rakyat yang disediakan sangat menarik dan pastinya sangat diminati banyak penikmat kopi, khususnya orang yang tinggal di sekitar lereng merapi.
    Paragraf 2.
    Kedai yang menggunakan desain semioutdoor sangat jarang ditemui. Seperti yangkita ketahui bahwa pada era sekarang banyak kedai modern. Kedai tersebut biasanya kita temui dalam keadaan indoor dan di dalam mall. Lain halnya apabila kita dapat menemui sebuah kedai kopi yang sengaja dibuat dengan desain outdoor. Serta didukung dengan pemandangan yang indah dan menawan yang dapat dilihat langsung dari dalam kedai kopi tersebut.
    Saya kurang setuju dengan penjelasan yang ditulis oleh penulis pada saat menggambarkan bagaimana keadaan dari Kedai Melcosh. Karena hanya dikatakan atap dan tiang serta keadaan desain dari kedai yang dijelaskan. Sebagai pembaca, saya menginginkan penulis untuk menjelaskan lebih mendalam, seperti menjelaskan keadaan di sekitar kedai tersebut. Tidak dijelaskan secara mendalam mengenai keadaan di dalam kedai tersebut, karena penulis hanya menjelaskan bagian luarnya saja. Sebaiknya penulis menuliskan keadaan luar maupun dalam kedai tersebut secara jelas, agar pembaca dapat menerima dengan baik maksud yang ingin disampaikan oleh penulis.
    Paragraf 3.
    Mendengar alunan musik sambil menikmati secangkir kopi, itulah yang sedang kita rasakan sebagai orang yang hidup di era modern seperti ini. Lain halnya dengan orang yang masih ingin menikmati masa-masa indah di era tradisional. Seperti dengan menikmati keindahan alam ditemani dengan suara bising dari desiran angin, menikmati udara yang sejuk. Serta sambil melihat pemandangan alam yang sungguh luar biasa indahnya. Bagi orang pecinta alam tentunya sangat menyukai tempat tersebut.
    Saya sangat menyukai kalimat yang tercantum pada paragraf 3 ini, penulis menjelaskan lebih mendasar mengenai keadaan sekitar di Kedai Melcosh. Tetapi, pembaca tidak akan mengerti maksud dari kata ini ‘arena pergelaran simfoni serangga malam’. Gambaran pembaca yang sudah membayangkan keindahan kedai tersebut menjadi terhambat karena tidak mengerti dengan maksud yang ingin disampaikan oleh penulis. Sebaiknya penulis mau menuliskan lebih jelas dengan menggunakan kebahasaan yang lebih dimengerti banyak orang, bukan hanya sedikit orang. Karena tujuan seorang penulis dalam membuat sebuah artikel pastinya berkeinginan untuk memberikan penjelasan yang mudah dimengerti oleh para pembaca.

    BalasHapus
  9. Nama : Maria Fransiska Avelia.
    Kelas : XII MIPA 8
    No absen : 23.
    Penutup.
    Sebagai orang yang mencintai keindahan alam di negara Indonesia tercinta, menjadi sangat tertarik bila berkunjung ke tempat seperti Kedai Melcosh. Tertarik karena, penulis sudah mau menggambarkan kepada para pembaca bagaimana keadaan di dalam kedai tersebut, makanan-makanan yang disajikan pastinya menggugah selera kita sebagai pecinta makanan tradisional. Keinginan untuk pergi ke tempat seperti Kedai Melcosh sangat diminati, bukan hanya dari pecinta alam, tetapi juga dari kalangan masyarakat yang sangat merindukan betapa indahnya kedai kopi yang tidak seperti kedai kopi sekarang ini. Tidak seperti kedai kopi yang hanya terkekang di dalam kerumunan ruko (rumah toko).

    BalasHapus
  10. Nama : Aldo Giovanno
    Kelas : XII MIPA 8
    No Absen : 1

    WACANA 1 : ”Ngupi-ngupi” di Lereng Merapi
    I.RESTRUKTURISASI
    1.1 Paragraf I
    1.1.1. Premis Mayor : Menikmati kopi ditemani oleh jajanan pasar
    1.1.2. Premis Minor : Menikmati jajanan pasar di Kedai Melcosh
    1.1.3. Kesimpulan : Menikmati Kopi di Kedai Melcosh
    1.2 Paragraf II
    1.2.1. Premis Mayor : Kedai Melcosh dirancang oleh Arsitek lokal

    1.2.2 Premis Minor : Arsitek lokal mendesain dengan konsep semi outdoor

    1.2.3 Kesimpulan : Kedai Melcosh dirancang dengan konsep semi outdoor
    1.3 Paragraf III
    1.3.1 Premis Mayor : Kedai Melcosh dikelilingi oleh kebun
    1.3.2. Premis Minor : Menikmati simfoni serangga di kebun

    1.3.3 Kesimpulan : Menikmati simfoni serangga di kedai Melcosh
    II. TANGGAPAN, SANGGAHAN, DAN PENOLAKAN PENDAPAT
    Penelitian memang bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Untuk melakukan penelitian diperlukan pengetahuan yang luas serta waktu yang banyak. Seorang peneliti mencurahkan sebagian besar waktunya untuk penelitian yang dilakukannya. Walaupun sulit, penelitian memberikan dampak yang besar bagi masyarakat sekitar.
    Paragraf 1
    Kedai Melcosh merupakan kedai yang terletak di Jogjakarta yang terletak di bawah lereng Gunung Merapi , karena letaknya di bawah Gunung Merapi hal ini membuat kedai Melcosh terasa sejuk , kedai Melcosh memiliki tempat strategis terutama sebagai tempat nongkrong ataupun “Ngupi – Ngupi” hal ini membuat kedai Melcosh di Sleman merupakan tempat utama nongkrong bareng terutama bagi warga Sleman yang berada di sekitarnya, tetapi jika menikmati kopi disertai dengan jajanan pasar terasa kurang pas dimulut, kenapa ? karena jajanan pasar yang dihidangkan berupa gorengan seperti tempe mendoan yang pas disantap dengan nasi dibandingkan dengan menggunakan kopi , hidangan yang paling cocok untuk disantap dengan kopi adalah berupa roti dan kue selain itu nongkrong juga akan membuat banyak waktu yang sebaiknya kita gunakan waktu untuk mengisi hal – hal yang positif .

    Paragraf 2
    Kedai Melcosh didesain oleh arsitek berkebangsaaan Indonesia yaitu oleh Andreas Hartono dan Aryanto yang merancang kedai Melcosh dengan semi outdoor dan dengan atap yang berbentuk terompet hal ini membuat kedai Melcosh menjadi sejuk baik di siang hari maupun malam hari selain itu pun desain kedai Melcosh yang unik menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang ingin menikmati kopi di kedai ini, karena kedai Melcosh sangat dekat dengan tempat wisata Kaliurang sehingga membuat kedai Melcosh di Sleman menjadi daya tarik bagi pariwisata, tetapi desain semi outdoor serta dinding yang menggunakan bambu juga kurang cocok digunakan di daerah pegunungan, kenapa ? karena letak kedai Melcosh yang berdekatan dengan gunung Merapi yang berjarak hanya dua kilometer hal ini membuat kedai Melcosh rentan terhadap gempa vulkanik dan abu vulkanik jika sewaktu – waktu gunung Merapi meletus , selain tu letak geografis Jogjakarta yang sering diterpa angin topan juga harus dipertimbangkan untuk menggunakan bambu untuk membangun kedai kopi ini

    Paragraf 3
    Letak kedai Melcosh yang berhadapan dengan kebun yang luas juga menjadi daya tarik tersendiri selain itu, kedai yang didesain tanpa penyekat juga menjadi nilai tambah bagi kedai ini karena dapat melihat seluruh kebun yang berada di sekelilingnya belum lagi pada malam hari, area perkebunan ini menjadi arena simfoni serangga yang sangat menarik perhatian ,akan tetapi penggunakan tanpa sekat juga kurang efektif, kenapa ? karena membuat banyak serangga mudah masuk ke kedai hal ini dapat memengaruhi kenyamanan para pelanggan terutama dari luar Jogjakarta, sebaiknya mempertimbangkan memasang penyekat berupa kaca agar dapat menjamin kenyamanan para tamu

    BalasHapus
  11. Wacana 1 “Ngupi-Ngupi di Lereng Merapi” (Paragraf 4, 5 dan 6)
    I. RESTRUKTURISASI

    1.1 Silogisme paragraf 4
    1.1.1 Kesimpulan : Kopi Siborongborong (C) menjadi salah satu kopi pilihan Melcosh (B)
    1.1.2 Premis Mayor : Kopi dari Tapanuli Utara, Sumatera Barat, dengan elemen rasa rempah dan herbal yang kuat (A) menjadi pilihan Melcosh (B)
    1.1.3 Premis Minor : Kopi Siborongborong (C) adalah kopi dari Tapanuli Utara, Sumatera Barat, dengan elemen rasa rempah dan herbal yang kuat (A)

    1.2 Silogisme paragraf 5
    1.2.1 Kesimpulan : Y Deni Sulistiawan Pr (C) adalah pendiri Melcosh (B)
    1.2.2 Premis Mayor : Penikmat kopi yang ahli (A) merupakan pendiri Melcosh (B)
    1.2.3 Premis Minor : Y Deni Sulistiawan Pr (C) adalah penikmat kopi yang ahli (A)
    1.3 Silogisme paragraf 6
    1.3.1 Kesimpulan : Kopi yang terlalu medium dark (C) akan di roasting ulang (B)
    1.3.2 Premis Mayor : Kopi lain di blend hingga bitter, acid, dan fruity-nya sehingga sebanding (A) dengan cara di roasting ulang (B)
    1.3.3 Premis Minor : Kopi yang terlalu medium dark (C) akan di blend dengan kopi lain sehingga bitter, acid, dan fruity-nya sebanding. (A)

    BalasHapus
  12. II. TANGGAPAN – SANGGAHAN – PENOLAKAN PENDAPAT
    Wacana 1 (Paragraf 4,5, Dan 6)
    Ngopi, siapa yang tidak mengenal aktifitas ini? Tentu kegiatan ini hampir setiap orang pernah lakukan dari usia muda hingga usia tua. Ngopi merupakan kata lazim untuk menikmati secangkir kopi panas maupun dingin, sendiran atau bersama teman, dirumah maupun di tempat lainya. Minuman ini berasal dari bijih kopi yang ditumbuk hingga halus, berbau khas, dan berwarna hitam. Karena kopi merupakan salah satu minuman yang dikenal dunia, banyak jenis kopi yang berasal dari daerah-daerah sehingga rasa kopi tersebut semakin khas dan beraroma berbeda contohnya saja kopi Kintamani, Bali. Rasa kopi ini berbeda dengan kopi tubruk biasa, kopi Kintamani ini jenis arabika, lebih beraroma rempah-rempah, tidak terlalu asam dan tidak terlalu pahit. Jika kopi tubruk biasa lebih asam, pahit, dan beraroma khas kopi pekat. Karena kopi sekarang telah mendunia, banyak mulai dari berbagai sudut kota membangun kedai/cafe untuk ngopi bersama. Kopi juga menjadi teman akrab untuk sekedar berkumpul santai dengan keluarga, teman dan kerabat.
    Parafgraf 4
    Jenis Kopi tentu sangat banyak tersebar di seluruh daerah, apalagi dengan perkembangan zaman yang membuatnya kopi menjadi lebih modern dan lebih banyak variasi rasa yang dihasilkan. Kopi tradisional pun tak mau kalah akan rasanya, penikmat kopi tradisional pun tetap banyak dan setia akan rasanya seperti jenis kopi daerah dari Tapanuli Utara, Sumatera Barat ialah kopi Siborongborong yang memiliki aroma khas rempah-rempah dan herbal yang kuat. Namun Saya kurang setuju dengan pernyataan yang tertulis bahwa Tapanuli Utara terletak di Sumatera Barat, faktanya bahwa kabupaten Tapanuli Utara terletak di provinsi Sumatera Utara dengan kotanya Tarutung. Lalu Kesalahan juga terdapat pada kata “Tandas” yang tidak baku sehingga para pembaca yang kurang mengerti maksud dari kata tersebut. Sebaiknya kata tandas diganti dengan “dihabiskan” agar lebih mudah dimengerti.

    BalasHapus
  13. Paragraf 5
    Daya tarik sebuah kopi sangatlah kuat sehingga banyak orang menjadikannya minuman terfavorit daripada minuman lainnya. Namun cita rasa kopi tetaplah berbeda dari tangan pembuat yang satu ke tangan pembuat yang lainnya, asal kopi boleh sama tetapi cita rasa tersebut bisa terpengaruh dari bagaimana cara pembuatan dan penyajian dari seorang ahli kopi. Tetapi saya kurang sependapat dengan pernyataan tersebut “dijamin kopi sampai ke meja dalam rasa dan aroma primanya” kata dijamin menyatakan sudah pasti kalau kopi tersebut enak dan , namun kita tidak tahu bagaimana rasa kopi tersebut dengan cita rasa mulut konsumen yang tentunya tiap orang berbeda. Faktor lain kopi juga tidak selalu dapat diukur dengan takaran yang pas, ada yang kurang manis, terlalu asam ataupun terlalu pahit.
    Paragraf 6
    Untuk mendapatkan hasil kopi yang sempurna ialah harus dengan penyajian tentu pas dan dibuat dengan tangan yang bercita rasa tinggi, sehingga kopi yang dibuat dapat sesuan dengan lidah masyarakat pada umunya. Pada pernyataan tersebut terdapat kesalahan penulisan pada kalimat asing, pada kamus KBBI apabila ada kata asing pada sebuah kalimat haruslah diberi tanda garis bawah ataupun cetak miring yang menandakan ada artinya. Seperti kata “Medium dark, roasting (Penggarangan), blend (campur), bitter (rasa pahit kopi), acid (keasaman) fruity-nya” dapat diganti dengan tanda “Medium dark, roasting (Penggarangan), blend (campur), bitter (rasa pahit kopi), acid (keasaman) fruity-nya.” sehingga para pembaca dapat mengerti apa maksdud dari tanda kurung (). Menurut saya kata “Medium dark” selain salah penulisan kata asing juga terpadat kekeliruan pada kata ini yaitu medium dark. Medium dark yang dimaksud penulis tidak dijelaskan secara logis, maksudnya medium dark warna apa yang pas agar tidak terlalu melampaui medium dark. Lalu pada pernyataan tersebut juga dijelaskan bahwa Deni selaku pemilik Melcosh mengakui dia bukan ahli kopi, tetapi hanya penikmat berat. Pada bagian ini terdapat pemikiran yang menggantung, karena dikatakan Deni bukan seorang ahli kopi yang tahu akan segala cita rasa kopi, namun pada pernyataan yang lainnya Deni dapat merasakan rasa kopi yang memiliki cita rasa yang renda dengan indra pengecapnya, itu menandakan sedikit-banyaknya Deni dapat dikatakan ahli kopi walaupun belum terlalu banyak kopi yang ia tahu cita rasanya.
    Penutup
    Pada zaman perkembangan teknologi yang maju ini tentu penikmat kopi tiap hari pasti bertambah. Kopi yang dulunya hanya berwarna hitam dan diminum ketika panas, sekarang dapat dinikmati dalam berbagai macam rasa seperti rasa vanila, coklat, rasa green tea, dan rasa buah-buahan. Tentu kopi ini juga dapat dikonsumsi oleh anak-anak, dengan kafein yang pastinya rendah. Tak kalah juga kopi tradisional yang tetap melestarikan rasanya dari zaman ke zaman hingga rasanya pun tak sedikitpun berubah dari cara penyajian,cita rasa, dan kesederhanaan kopi tersebut. Mungkin yang berubah hanyalah orang yang menyajikan, tempat, dan juga harga. Penikmat kopi sangat mendunia dari berbagai banyak kalangan yang mengidolakan tanaman kopi ini untuk merilekskan pikiran dengan sekedar duduk bersantai bersama dengan secangkir kopi hangat.

    Nama : Winny Vania Arlyn
    Kelas : XII MIPA 8
    No. Absen : 32

    BalasHapus
  14. Nama : Sjafriedo Sjarifuddin
    Kelas : XII MIPA 8
    No. Absen : 30

    Wacana 2 paragraf 7, 8, dan 9.
    I.Restrukturisasi Silogisme

    1.1 Paragraf 7
    Perkembangan teknologi gawai dan telekomunikasi semakin memanjakan konsumen. Jenis aplikasi dan layanan streaming musik berbasis internet terus berkembang menyediakan jutaan koleksi lagu yang dapat diakses baik secara gratis maupun berbayar. Aplikasi gratis untuk mengunduh musik antara lain Youtube yang menyajikan berbagai tayangan termasuk musik dalam format video. Sementara aplikasi Soundcloud menyediakan koleksi musik dalam format audio. Kedua aplikasi tersebut dapat dengan mudah diakses melalui telepon genggam.

    Kalimat inti : Perkembangan semakin memanjakan konsumen.
    PM : Teknologi gawai dan telekomunikasi (A) semakin memanjakan konsumen (B).
    Pm : Perkembangan (C) teknologi dan komunikasi (A).
    K : Perkembangan (C) semakin memanjakan konsumen (B).

    1.2 Paragraf 8
    Sementara bagi mereka yang mengutamakan kualitas suara (video), beberapa aplikasi menawarkan layanan berbayar dengan cara berlangganan. Laman/aplikasi berbayar ini antara lain Vevo, Deezer, Guvera, MixRadio Spotify, dan Joox.Tidak ketinggalan produsen telepon pintar dan operating system juga fokus pada pasar penikmat musik dengan layanan aplikasi semacam iTunes dari Apple, atau aplikasi musik yang disediakan di Google Play Store bagi pengguna Android. Warga menikmati musik melalui berbagai aplikasi yang tersedia di gawai di Jakarta, Selasa (5/1).

    Kalimat Inti : Warga menikmati musik melalui berbagai aplikasi.
    PM : Semua yang tersedia di gawai di Jakarta (A) melalui berbagai aplikasi (B).
    Pm : Warga menikmati musik (C) yang tersedia di Jakarta (A).
    K : Warga menikmati musik (C) melalui berbagai aplikasi (B).

    1.3 Paragraf 9
    Industri musik yang mengandalkan bentuk rekaman fisik tergilas oleh industri musik dalam format digital. Industri musik Tanah Air pernah mengalami masa keemasan pada periode 1990-an dengan puncak penjualan album musik yang mencapai 77,5 juta kopi.
    Kalimat Inti : Industri musik yang mengandalkan bentuk rekaman fisik tergilas oleh industri musik dalam format digital.

    PM : Semua bentuk penyimpanan musik seperti CD atau DVD (A) akan tergilas oleh
    industri musik dalam format digital. (B)
    Pm : Industri musik yang mengandalkan bentuk rekaman fisik (C) terwujud dalam
    penggunaan CD sebagai tempat penyimpanan musiknya.(A)
    K : Industri musik yang mengandalkan bentuk rekaman fisik (C) akan
    tergilas oleh industri musik dalam format digital.(B)

    BalasHapus
  15. II.Tanggapan – Sanggahan – Penolakan
    Perkembangan musik memang sangatlah pesat seiring dengan berkembangnya jaman. Dengan semakin majunya jaman digital kini, musik – musik yang mengandalkan bentuk rekaman fisik tertutupi dengan adanya musik yang dibuat dalam bentuk digital akibat kalah saing dan perbedaan zaman. Banyaknya musik dapat didengar dengan mudah hanya dengan mengandalkan alat digital seperti ponsel dan jaringan internet.
    Pada paragraf 7, bagian premis mayor berisi bahwa “Teknologi gawai dan komunikasi semakin memanjakan konsumen”. Teknologi gawai bukanlah merupakan bahasa yang tepat karena merupakan kata –kata yang sulit untuk dipahami. Teknologi gawai adalah suatu alat yang memiliki tujuan dan fungsi yang praktis yang secara spesifik dirancang lebih canggih dibandingkan dengan teknologi yang diciptakan sebelumnya.
    Penulis memiliki gaya bahasa yang sulit untuk dipahami oleh pembaca secara umum. Karena menggunakan gaya bahasa yang jarang dipakai oleh para pembaca. Kata yang lebih tepat untuk kalimat tersebut adalah “Teknologi alat elektronik” karena memiliki gaya bahasa yang mudah untuk dipahami oleh pembaca secara umum.
    Pada paragraf 8, Pada kalimat inti berisi bahwa “Warga menikmati musik melalui berbagai aplikasi”. Kata menikmati berarti merasakan atau menyukai hal yang sedang dilakukan. Pada kalimat tersebut kata menikmati masih terlalu generalisasi. Yang artinya dapat disangkut pautkan dengan hal yang lain yang menimbulkan keraguan bagi pembacanya.
    Jadi apabila kalimat tersebut ingin diperjelas lagi sebaiknya diganti menjadi “ Warga mendengarkan musik melalui berbagai aplikasi” Sehingga kalimat inti lebih mudah dimengerti dan tidak meragukan pembacanya.
    Pada paragraf 9, kata tergilas memiliki arti yang kurang jelas dan tidak cocok untuk digunakan dalam kalimat “Industri musik yang mengandalkan bentuk rekaman fisik tergilas oleh industri musik dalam format digital”. Sulit bagi pembaca untuk memahami apakah arti dari tergilas tersebut. Tergilas adalah kata yang biasa digunakan dalam peristiwa tragis, seperti misalnya “ayam itu tergilas mobil”. Kata tergilas kurang cocok untuk digunakan dalam kalimat yang dibuat oleh penulis.
    Jadi apabila kalimat tersebut ingin diperbaiki, dapat diganti dengan kata “Industri musik yang mengandalkan bentuk rekaman fisik tertutupi oleh industry musik dalam format digital”. Kata tertutupi dinilai lebih logis karena musik yang menggunakan rekaman fisik akan tertutup pamornya oleh musik dalam bentuk digital.
    Dengan demikian, secara keseluruhan , paragraph ketujuh, kedelapan, dan kesembilan dari wacana “Layar Jajak – Industri Musik Redup oleh Digital” yang berisi opini public yang mengandung beberapa kesalahan dalam penggunaan kata yang menyebabkan pemikiran penulis dalam Inti kalimat menjadi tidak benar. Penulis disarankan untuk mempelajari kembali cara mengungkapkan opini yang benar dan sederhana agar lebih mudah dipahami oleh pembacanya. Dengan demikian, tidak aka nada lagi kesalahan penalaran dalam pendapat penulis di kemudian hari yang dapat menimbulkan tanggapan, sanggahan, dan penolakan.

    BalasHapus

  16. I. Restrukturisasi
    1. Paragraf 4
    A. Kalimat inti : Kopi siborongborong (C) menjadi kopi pilihan malcosh (B).
    B. PM : Kopi Indonesia (A) menjadi kopi pilihan malcosh (B).
    C. pm : Kopi siborongborong (C) adalah kopi Indonesia (A).
    D. K : Kopi siborongborong (C) menjadi kopi pilihan malcosh (B).
    2. Paragraf 5
    A. Kalimat inti : Pendiri malcosh (C) adalah penikmat kopi (B).
    B. PM : Pendiri kafe (A) adalah penikmat kopi (B).
    C. pm : Pendiri malcosh (C) adalah pendiri kafe (A).
    D. K : Pendiri malcosh (C) adalah penikmat kopi (B).

    3. Paragraf 6
    A. Kalimat inti : Kopi yang terlalu medium dark (C) akan di roasting ulang (B).
    B. PM : Kopi yang roastingnya tidak merata (A) akan di roasting ulang(B).
    C. pm : Kopi yang terlalu medium dark(C) adalah kopi yang roasting-nya tidak merata(A).
    D. K : Kopi yang terlalu medium dark (C) akan di roasting ulang (B).

    Bagian 1
    Nama : Andreas Thoby
    Kelas : XII MIPA 8
    No : 02

    BalasHapus
  17. Bagian 1
    I. Restrukturisasi
    1. Paragraf 4
    A. Kalimat inti : Kopi siborongborong (C) menjadi kopi pilihan malcosh (B).
    B. PM : Kopi Indonesia (A) menjadi kopi pilihan malcosh (B).
    C. pm : Kopi siborongborong (C) adalah kopi Indonesia (A).
    D. K : Kopi siborongborong (C) menjadi kopi pilihan malcosh (B).
    2. Paragraf 5
    A. Kalimat inti : Pendiri malcosh (C) adalah penikmat kopi (B).
    B. PM : Pendiri kafe (A) adalah penikmat kopi (B).
    C. pm : Pendiri malcosh (C) adalah pendiri kafe (A).
    D. K : Pendiri malcosh (C) adalah penikmat kopi (B).

    3. Paragraf 6
    A. Kalimat inti : Kopi yang terlalu medium dark (C) akan di roasting ulang (B).
    B. PM : Kopi yang roastingnya tidak merata (A) akan di roasting ulang(B).
    C. pm : Kopi yang terlalu medium dark(C) adalah kopi yang roasting-nya tidak merata (A).
    D. K : Kopi yang terlalu medium dark (C) akan di roasting ulang (B).

    Nama :Andreas Thoby
    Kelas : XII MIPA 8
    No 02

    BalasHapus
  18. bagian 2

    II. Tanggapan – sanggahan – penolakan
    Pada restrukturisasi ditentukan Premis Mayor ( PM ), premis minor ( pm ) dan Kesimpulan ( K ), dimana di dalam Premis Mayor terdapat A dan B, premis minor terdapat C dan A, dan kesimpulan terdapat C dan B. A menjelaskan dalam arti yang lebih luas dan C adalah subjek dan B adalah predikat. Setelah membaca paragraf 4, 5, dan 6 maka kita dapat menentukan PM, pm, dan K. kita dapat memberikan tanggapan, yakni memberikan persepsi kita. Kita bisa memberikan sanggahan yakni membantah hal yang dikatakan si penulis, bahkan kita dapat memberikan penolakan. Dalam paragraf 4, 5, dan 6 terdapat beberapa kejanggalan terutama paragraf ke-6 yang memiliki kata yang mungkin hanya diketahui oleh beberapa orang saja.
    Pada paragraf ke- 4 terdapat inti kalimat kopi siborongborong menjadi kopi pilihan malcosh. Kalimat tersebut sedikit berbau iklan, karena bagi segelintir orang, itu hanya cara pemilik kafe tersebut untuk membuat kafenya terkenal. Pada PM kata kopi Indonesia memiliki arti yang sangat besar karena Indonesia memilik beragam jenis kopi. Maka dapat dikatakan kata tersebut belum memiliki dasar yang kuat.
    Pada paragraf ke-5 pada PM terdapat kalimat pendiri kafe adalah penikmat kopi, padahal kata tersebut belum tentu benar karena pendiri kafe bisa saja seorang pengusaha yang bahkan mungkin tidak bisa mengkonsumsi kopi. Maka kalimat tersebut sedikit ambigu, pada pm tidak ada kesalahan namun pada kesimpulan kembali didapat kalimat yang sedikit ambigu.

    Nama : Andreas Thoby
    Kelas : XII MIPA 8
    No :02

    BalasHapus
  19. Bagian 3

    Pada paragraf ke- 6 pada bagian PM, pm, dan K, sudah cukup valid namun ada istilah medium dark yang merupakan kata spesial yang tidak banyak orang yang tahu, namun untuk paragraf ke- 6 sangat minim kesalahan.
    Pada paragraf ke-4 kalimat sedikit berbau iklan maka sebaiknya penulis mengganti atau memperbaiki kalimat tersebut. Untuk kopi Indonesia, Indonesia adalah Negara terbesar peng-ekspor kopi maka Indonesia dapat dikatakan produsen kopi terbesar dengan beragam jenis kopi yang dihasilkan. Pada paragraf ke-5 akan diberikan penolakan karena pendiri kafe tidak berarti penikmat kopi, kalimat tersebut tidak memiliki dasar yang kuat. Pada paragraf ke-6 akan diberikan tanggapan terhadap kata medium dark yang merupakan kata yang tidak dikenal banyak orang, dan akan lebih baik jika menggunakan kata yang lebih familiar atau mudah dikenal.

    Nama : Andreas Thoby
    Kelas : XII MIPA 8
    No : 02

    BalasHapus
  20. I.Judul
    Restrukturisasi :
    PM : Kegiatan refleksi emosional (A) dilakukan di Lereng Merapi (B)
    Pm : “Ngupi-ngupi” (C) adalah kegiatan refleksi emosional (A)
    K : “Ngupi-ngupi” (C) dilakukan di Lereng Merapi (B)

    II.Paragraf 10
    Restrukturisasi :
    PM : Tempat makan yang menarik (A) dirancang sebagai tempat refleksi emosional(B)
    Pm : Melcosh (C) adalah tempat makan yang menarik (A)
    K : Melcosh (C) dirancang sebagai tempat refleksi emosional (B)


    III.Paragraf 11
    Restrukturisasi :
    PM : Pengunjung yang tak biasa minum kopi (A) bisa menikmati kopi dingin yang berkenan di lidah (B)
    Pm : Dua warga Pakualaman (C) adalah pengunjung yang tak biasa minum kopi (A)
    K : Dua warga Pakualaman (C) bisa menikmati kopi dingin yang berkenan di lidah (B)

    Nama : Carolina Maria Sidabutar
    No Absen : 04
    Kelas : XII MIPA 8

    BalasHapus

  21. Kedai Unik sebagai Refleksi Emosional

    Tempat makan merupakan lokasi favorit bagi semua kalangan dan lapisan masyarakat. Saat ini, tempat makan bukan hanya terpusat pada lokasi yang didatangi untuk kepuasan perut saja, namun sudah bergeser menjadi tempat nongkrong atau refleksi emosional. Atas dasar itulah, banyak pengusaha-pengusaha kafe atau tempat kuliner yang tertarik untuk menapaki usaha tempat-tempat bersantai sekaligus ditemani minuman atau makanan ringan. Keberadaan tempat-tempat seperti ini memiliki fungsi yang berbeda-beda dalam opini setiap orang. Oleh karenanya, disampaikan beberapa alternatif pemikiran atau penalaran terkait keberadaan tempat-tempat tersebut.

    1.Judul
    Dari judul yang ada pada wacana 1, terdapat penggunaan istilah yaitu “ngupi-ngupi” yang diapit dalam tanda petik. Secara analisis, dapat disimpulkan secara langsung dan cepat bahwa penulis dari wacana tersebut akan menuliskan wacana mengenai kegiatan “ngupi-ngupi” di Lereng Merapi. “Ngupi-ngupi” disini adalah kegiatan bersantai, melepas beban pikiran atau berileksasi.
    Walaupun judul yang sajikan nampak langsung menjurus kepada isi dari wacana tersebut, namun lebih baik jika si penulis dalam wacana tidak memakai istilah asing pada judul. Istilah-istilah kerakyatan seperti “ngupi-ngupi” atau “ngeteh” boleh saja jika dimasukkan ke dalam wacana tersebut sesuai dengan konteks teks yang akan disajikan. Namun, ada baiknya jika pada judul, penulis menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Misalnya wacana tersebut diberi judul “Bersantai di Lereng Merapi” atau “Refleksi Emosional di Lereng Merapi”. Hal ini akan terlihat lebih efektif dan menarik.

    2.Paragraf 10
    Pada paragraf tersebut, penulis berusaha menyampaikan penalarannya mengenai tempat bersantai yang bernama “Melcosh”. Melcosh ini adalah tempat sejenis kedai atau kafe yang diperuntukkan bukan untuk makan secara formal, namun digunakan untuk tempat bersantai, melepas lelah, mengobrol ataupun hanya untuk melamun. Pada dasarnya, keberadaan kedai seperti ini memang menimbulkan efek positif bagi pengunjungnya. Namun tidak menutup kemungkinan, keberadaan kedai-kedai atau kafe sejenis ini bisa menimbulkan efek yang kurang baik bagi lingkungan sekitar.
    Jika dilihat sepintas, tidak ada salahnya dengan keberadaan kafe atau kedai-kedai tempat nongkrong dan refleksi emosional. Namun, jika dianalisis lebih mendalam, banyak penyalahgunaan tempat-tempat seperti ini. Salah satunya bagi kalangan anak sekolah yang cenderung merokok atau memesan minuman beralkohol di tempat-tempat seperti ini. Karena jika diperluas, belum tentu kafe seperti “Melcosh” ini hanya menyediakan kopi atau teh saja. Pasti masih banyak jenis minuman lain yang disedikan. Selain itu, efek negatif yang dapat ditimbulkan adalah perjudian. Biasanya, untuk menghilangkan lelah atau depresi, sekelompok orang akan bermain kartu atau permainan sejenis lainnya ditemani minuman ringan. Hal ini merupakan contoh tidak baik bagi lingkungan sekitar.

    Nama : Carolina Maria Sidabutar
    No Absen : 04
    Kelas : XII MIPA 8

    BalasHapus
  22. 3.Paragraf 11
    Pada paragraf tersebut, si penulis menerangkan bahwa orang yang tidak biasa minum kopipun bisa menyukai minum kopi ketika sudah berada di Melcosh ini. Hal ini memberikan gambaran begitu nyamannya tempat ini. Kenyamanan yang ditimbulkan sampai bisa membuat orang yang tidak biasa melakukan sesuatu jadi menikmati melakukan hal itu. Selain itu, si penulis juga menerangkan bagaimana pengorbanan dua warga Pakualaman untuk menikmati kopi di Lereng Merapi itu. Mereka rela menyusuri jalan yang berjarak 20 kilometer jauhnya. Hal ini merupakan gambaran bagaimana terkenalnya dan nyamannya Melcosh sebagai tempat nongkrong.
    Dalam hal ini, saya kagum terhadap keberadaan Melcosh ini. Menurut saya, Melcosh ini pasti merupakan tempat yang sangat terkenal sampai membuat orang jauh-jauh datang hanya untuk menikmati kopi dingin di sana. Hal ini menggambarkan bagaimana keberadaan sebuah kafe bisa jadi sangat menguntungkan jika sudah masuk ke dalam hati pengunjungnya. Jika satu orang sudah merasa nyaman untuk sekedar nongkrong atau minum teh di sebuah tempat, maka pasti orang tersebut akan menyiarkan kepada orang lain tentang keberadaan tempat itu. Hal inilah yang membuat akan semakin banyak orang yang akan datang dan menikmati waktu di sana. Kenyamanan yang dijanjikan jika berada di Melcosh ini akan berkembang menjadi nilai ekonomis yang dapat menghasilkan keuntungan yang berlimpah sebagai hasil usaha.

    Dari sajian judul dan kedua paragraf di atas. Melcosh merupakan tempat yang sangat nyaman sebagai tujuan refleksi emosional. Melcosh ini bahkan dikunjungi oleh pengunjung dari luar kota yang jaraknya jauh. Bahkan, orang-orang yang tidak terbiasa minum kopipun bisa menikmati minum kopi di sana. Namun, keberadaan dari kafe seperti Melcosh ini harus terus dipantau dan diawasi agar tidak menjadikan tempat ini sebagai tempat yang menjerumuskan. Seperti contohnya tempat maksiat, perjudian atau tempat bolos pelajar sekolah.

    Nama : Carolina Maria Sidabutar
    No Absen : 04
    Kelas : XII MIPA 8

    BalasHapus
  23. Nama : Maria Fransiska Avelia.
    Kelas : XII MIPA 8
    No absen : 23.
    Wacana 1 (Paragraf 1,2 dan 3)
    I. RESTRUKTURISASI

    1.1 Silogisme paragraf 1
    1.1.1 Kesimpulan: Melcosh (Term C), memiliki jajanan sebagai kawan menikmati kopi hangat (Term B).
    1.1.2 Premis Minor: Melcosh(Term C ), memiliki jajanan-janan rakyat (Term A).
    1.1.3 Premis Mayor: Semua jajanan-jajanan rakyat (Term A), merupakan kawan menikmati kopi hangat (Term B).
    1.2 Silogisme paragraf 2
    1.2.1 Kesimpulan: Melcosh (Term C), memiliki semioutdoor alias setengah terbuka (Term B).
    1.2.2 Premis Minor: Melcosh (Term C), menggunakan atap dengan kerangka bumbu dan atap membentuk rongga-rongga (Term A).
    1.2.3 Premis Mayor: Kedai dengan atap kerangka bambu dan atap membentuk rongga-rongga (Term A), memiliki semioutdoor alias setengah terbuka (Term B).
    1.3 Silogisme paragraf 3
    1.3.1 Kesimpulan: Melcosh (Term C), memiliki atmosfer menemani kita menikmati kopi (Term B).
    1.3.2 Premis Minor: Melcosh (Term C), menggunakan dinding penyekat sehingga memberikan udara sejuk (Term A).
    1.3.3 Premis Mayor: Semua kedai dengan dinding penyekat dapat memberikan udara sejuk (Term A), serta memiliki atmosfer menemani kita menikmati kopi (Term B).








    II. TANGGAPAN – SANGGAHAN – PENOLAKAN PENDAPAT
    Paragraf pembuka.
    Kedai kopi merujuk kepada sebuah organisasi yang secara esensial menyediakan kopi atau minuman panas lainnya. Di udara yang dingin di lereng merapi sangat cocok apabila sambil menghirup kopi hangat. Ditemani dengan makanan-makanan yang menggambarkan sebuah kedai. Makanan tersebut tentunya sangat diminati oleh orang-orang penikmat makanan asli Indonesia. Pastinya dengan banyak penikmat kopi, akan banyak pula yang mau menikmati makanan-makanan lain sebagai kawan saat menghirup kopi. Seperti yang kita ketahui, orang yang tinggal atau sedang mengunjungi lereng merapi pasti ingin menghangatkan tubuh. Salah satunya dengan mengunjungi kedai kopi yang ada di sekitar lereng.

    BalasHapus
  24. Paragraf 1.
    Kedai kopi menyediakan kopi yang dibuat dengan manual tanpa alat atau sebuah mesin yang dapat bekerja dengan sendirinya membuat sebuah kopi. Bagi penikmat kopi yang suka dengan penggunaan metode manual ini dapat mengunjungi kedai kopi. Dengan adanya kopi hangat yang sudah tersedia, pastinya seorang penikmat kopi membutuhkan sebuah makanan untuk menemaninya menghirup kopi hangat. Makanan yang sering tersedia dan ada di kedai kopi biasanya dipilih oleh banyak orang sebagai teman dalam menikmati secangkir kopi hangat. Ditambah lagi dengan suasana yang mendukung dalam maksud dapat menambah gairah seseorang pada saat menikmati secangkir kopi hangat di kedai kopi.
    Saya bertanggapan bahwa pemilik Kedai Melcosh memiliki kualitas memadai sebagai kedai kopi pada era zaman sekarang. Makanan yang masih bersifat lokal dan susah ditemui di banyak kedai kopi modern yang kita kenal sebagai cafe. Masih tersedia dan disajikan kepada penikmat kopi di kedai kopi tersebut. Sebagai generasi muda tentunya sangat bangga, karena ternyata masih ada kedai kopi yang masih mengambil keputusan untuk tidak mengikuti perkembangan zaman. Jajanan rakyat yang disediakan sangat menarik dan pastinya sangat diminati banyak penikmat kopi, khususnya orang yang tinggal di sekitar lereng merapi.
    Paragraf 2.
    Kedai yang menggunakan desain semioutdoor sangat jarang ditemui. Seperti yangkita ketahui bahwa pada era sekarang banyak kedai modern. Kedai tersebut biasanya kita temui dalam keadaan indoor dan di dalam mall. Lain halnya apabila kita dapat menemui sebuah kedai kopi yang sengaja dibuat dengan desain outdoor. Serta didukung dengan pemandangan yang indah dan menawan yang dapat dilihat langsung dari dalam kedai kopi tersebut.
    Saya kurang setuju dengan penjelasan yang ditulis oleh penulis pada saat menggambarkan bagaimana keadaan dari Kedai Melcosh. Karena hanya dikatakan atap dan tiang serta keadaan desain dari kedai yang dijelaskan. Sebagai pembaca, saya menginginkan penulis untuk menjelaskan lebih mendalam, seperti menjelaskan keadaan di sekitar kedai tersebut. Tidak dijelaskan secara mendalam mengenai keadaan di dalam kedai tersebut, karena penulis hanya menjelaskan bagian luarnya saja. Sebaiknya penulis menuliskan keadaan luar maupun dalam kedai tersebut secara jelas, agar pembaca dapat menerima dengan baik maksud yang ingin disampaikan oleh penulis.

    BalasHapus
  25. Paragraf 3.
    Mendengar alunan musik sambil menikmati secangkir kopi, itulah yang sedang kita rasakan sebagai orang yang hidup di era modern seperti ini. Lain halnya dengan orang yang masih ingin menikmati masa-masa indah di era tradisional. Seperti dengan menikmati keindahan alam ditemani dengan suara bising dari desiran angin, menikmati udara yang sejuk. Serta sambil melihat pemandangan alam yang sungguh luar biasa indahnya. Bagi orang pecinta alam tentunya sangat menyukai tempat tersebut.
    Saya sangat menyukai kalimat yang tercantum pada paragraf 3 ini, penulis menjelaskan lebih mendasar mengenai keadaan sekitar di Kedai Melcosh. Tetapi, pembaca tidak akan mengerti maksud dari kata ini ‘arena pergelaran simfoni serangga malam’. Gambaran pembaca yang sudah membayangkan keindahan kedai tersebut menjadi terhambat karena tidak mengerti dengan maksud yang ingin disampaikan oleh penulis. Sebaiknya penulis mau menuliskan lebih jelas dengan menggunakan kebahasaan yang lebih dimengerti banyak orang, bukan hanya sedikit orang. Karena tujuan seorang penulis dalam membuat sebuah artikel pastinya berkeinginan untuk memberikan penjelasan yang mudah dimengerti oleh para pembaca.
    Penutup.
    Sebagai orang yang mencintai keindahan alam di negara Indonesia tercinta, menjadi sangat tertarik bila berkunjung ke tempat seperti Kedai Melcosh. Tertarik karena, penulis sudah mau menggambarkan kepada para pembaca bagaimana keadaan di dalam kedai tersebut, makanan-makanan yang disajikan pastinya menggugah selera kita sebagai pecinta makanan tradisional. Keinginan untuk pergi ke tempat seperti Kedai Melcosh sangat diminati, bukan hanya dari pecinta alam, tetapi juga dari kalangan masyarakat yang sangat merindukan betapa indahnya kedai kopi yang tidak seperti kedai kopi sekarang ini. Tidak seperti kedai kopi yang hanya terkekang di dalam kerumunan ruko (rumah toko).

    BalasHapus
  26. 1. Silogisme
    Wacana 2

    1.1 Paragraf 4
    1.1.1 Premis Mayor: Mayoritas responden kelompok muda lebih biasa menggunakan internet baik
    A B
    dengan cara mengunduh maupun mendengarkan secara langsung.

    1.1.2 Premis Minor: Sekitar 15% kelompok usia responden lainnya mengakses melalui streaming musik di laman youtube merupakan mayoritas kelompok muda
    C A

    1.1.3 Simpulan: Sekitar 15% kelompok usia responden menggunakan internet dengan cara
    C
    mengunduh dan mampu mendengarkan secara langsung
    B

    1.2 Paragraf 5
    1.2.1 Premis Mayor: Hasil penelitian Global World Index menyimpulkan bahwa jumlah orang yang
    A B
    mendengarkan musik lewat internet meningkat hingga 76%.

    1.2.2 Premis Minor: Mayoritas orang yang menggunakan teknologi berusia 16-24 tahun berdasarkan
    C
    hasil penelitian Global World Index
    A

    1.2.3 Simpulan: Mayoritas orang yang menggunakan teknologi mendengarkan musik lewat internet.
    C B

    1.3 Paragraf 6
    1.3.1 Premis Mayor: Tren pertumbuhan nilai pendapatan industri musik digital menunjukkan prospek
    A B
    yang cerah.

    1.3.2 Premis Minor: Rekaman musik fisik merupakan tren pertumbuhan nilai pendapatan industri
    C A
    musik digital.

    1.3.3 Simpulan: Rekaman musik fisik menunjukkan prospek yang cerah.
    C B

    Nama : Kenny Tanujaya
    Kelas : XII MIA 8
    Absen : 18

    BalasHapus
  27. 2. TANGGAPAN – SANGGAHAN – PENOLAKAN PENDAPAT.

    2.1 Pembuka
    Ya siapa yang tidak tahu dengan musik. Musik adalah suara yang disusun demikian rupa sehinggamengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama. Seiring dengan kemajuan zaman kita sebagai penikmat musik semakin mudah untuk mendengarkannya lewat internet (Youtube,Soundcloud,Joox).Mungkinkah rekaman musik fisik lama kelamaan akan di tinggalkan ?



    2.2 Paragraf 4
    ya saya setuju dengan pendapat penulis karena sebagian besar penikmat musik digital adalah kelompok mudah yang berusia sekitar 16-24 tahun. Musik digital memang efisien tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar cukup dengan mengunduh langsung dari internet atau streaming langsung.

    2.3 Paragraf 5
    Dalam paragraf 5 ini memang sudah bisa disimpulkan bahwa penikmat musik digital telah meningkat 76%. Seiring dengan perkembangan zaman tentu saja semua orang tidak mau repot kesana kemari untuk mencari kepingan rekaman musik yang mereka inginkan, mereka tentu memanfaatkan fasilitas yang ada yaitu internet. Tetapi akan lebih baik bila penulis mensertakan penilitian Global World Index itu dalam cakupan berapa orang ?.

    2.4 Paragraf 6
    Saya kurang setuju dengan wacana penulis pada paragraf ini penulis tidak mensertakan bukti kuat yang menunjukkan bahwa tren musik digital menunjukkan prospek yang cerah. “prospek yang cerah” kata yang dimaksud oleh penulis itu apanya yang cerah. Pembaca akan sedikit bingung dengan kata-kata tersebut. Dan penulis tidak memberi keterangan dia mengambil data tersebut dari mana sehingga wacana penulis itu belum tentu benar karena tidak ada sumber yang di cantumkan.

    2.5 Penutup
    Globalisasi memang membawa banyak pengaruh positif maupun negatif. Akan tetapi itu tergantung dari si pengguna, apakah ia dapat menyaring dampak negatif tersebut ?. Salah satu contoh positif yang dapat kita ambil yaitu musik digital. Karena dengan adanya internet dapat memudahkan penikmat musik untuk memutar lagu kesayangannya. Di sisi lain akibat dari itu akan banyak kepingan CD bajakan yang dapat membuat rugi terhadap pencipta lagu oleh karena itu akan lebih baik bila kita berpikir kritis dalam melakukan sesuatu.






    Nama : Kenny Tanujaya
    Kelas: XII MIA 8
    Absen : 18

    BalasHapus
  28. Nama: Fany
    Kelas XII MIPA 8
    Absen: 11

    Wacana 1 (ParagraF 7, 8 dan 9)
    I. RESTRUKTURISASI

    1.1 Silogisme paragraf 7
    1.1.1 Kesimpulan: Jadah dari Melcosh (Term C), mudah dipotong dan digigit (Term B).
    1.1.2 Premis Minor: Jadah dari Melcosh (Term C ), berbentuk pipih setengah lingkaran (Term A).
    1.1.3 Premis Mayor: Semua makanan yang berbentuk pipih setengah lingkaran (Term A), mudah dipotong dan digigit (Term B).
    1.2 Silogisme paragraf 8
    1.2.1 Kesimpulan: Melcosh (Term C), menyediakan nasi goring berbentuk seperti merapi (Term B).
    1.2.2 Premis Minor: Melcosh (Term C), merupakan kedai yang berada di lereng merapi (Term A).
    1.2.3 Premis Mayor: Semua kedai yang berada di lereng merapi (Term A), menyediakan nasi goreng berbentuk seperti merapi (Term B).
    1.3 Silogisme paragraph 9
    1.3.1 Kesimpulan: Melcosh (Term C), berupaya untuk menghidupi Sekolah Menengah Kejuruan Sanjaya (Term B).
    1.3.2 Premis Minor: Melcosh (Term C), adalah kedai yang dirancang dengan basis pendidikan (Term A).
    1.3.3 Premis Mayor: Semua kedai yang dirancang dengan basis pendidikan (Term A), berupaya untuk menghidupi Sekolah Menengah Kejuruan Sanjaya (Term B).




    BalasHapus
  29. Nama: Fany
    Kelas: XII MIPA 8
    Absen: 11

    II. TANGGAPAN – SANGGAHAN – PENOLAKAN PENDAPAT

    Paragraf pembuka
    Makanan merupakan sesuatu yang pokok bagi manusia untuk melanjutkan hidupnya. Tetapi di jaman modern, orang lebih banyak berupaya mendapatkan makanan yang cepat karena tidak mempunyai waktu untuk membuat makanan. Hal ini menyebabkan banyak dibukanya tempat makan atau kafe yang menyediakan makanan cepat saji dan makanan dari luar. Karena pengaruh makanan dari luar ini, makanan lokal yang dulu digemari mulai dilupakan bahkan diremehkan, yang dapat menyebabkan pudarnya kekhasan suatu bangsa.

    Paragraf 7
    Pada dewasa ini, sangat susah menemukan makanan lokal sehingga menyebabkan tidak sedikitnya orang yang merindukan makanan lokal. Hal ini juga dapat berdampak pengetahuan generasi selanjutnya mengenai makanan lokal. Padahal, makanan lokal dapat menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap tanah air dan juga dapat menunjukkan ciri khas Negara Indonesia.
    Saya tidak setuju dengan pendapat penulis pada paragraf ketujuh, kalimat pertama yang mengatakan bahwa jadah, mendoan, pisang bakar dan tempe garit adalah makanan ndeso. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya kesalahan dalam penyampaian kepada masyarakat bahwa makanan lokal adalah makanan ndeso. Hal ini juga berdampak kepada generasi muda yang dapat merasa segan atau bahkan gengsi untuk makan makanan lokal karena telah diberi label bahwa makanan lokal adalah makanan ndeso. Sebaiknya penulis lebih berhati-hati dalam memilih kata-kata.

    Paragraf 8
    Daya tarik memang dibutuhkan dalam hal apapun untuk menarik minat orang banyak. Terutama makanan yang menjadi kebutuhan pokok manusia. Agar makanan disukai banyak orang, cita rasa dan gizi yang terkandung dalam makanan harus diperhatikan. Tetapi jangan lupa sebelum orang mencicipi makanan, orang akan memilih makanan yang unik dan menarik perhatiannya.
    Saya setuju dengan penulis yang mengatakan bahwa makanan biasapun bisa dibentuk dengan unik dan juga memiliki rasa yang enak. Nasi goreng Melcosh yang berada di lereng gunung merapi dapat dibentuk menyerupai merapi. Hal ini dapat menambah sensasi saat memakan nasi goreng tersebut. Kekreatifan dalam menciptakan bentuk makanan dan bahan makanan dapat menjadi inspirasi orang lain, bahwa makanan yang sederhanapun dapat dibuat unik dan dengan harga yang terjangkau

    BalasHapus
  30. Nama: Fany
    Kelas XII MIPA 8
    Absen: 11

    Paragraf 9
    Pendidikan merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan masa depan seseorang. Tetapi, kurangnya jangkauan bantuan dari pemerintah terhadap pendidikan di daerah yang terpencil menjadikan sulitnya untuk ‘mencicipi’ bangku sekolah. Tetapi, tak sedikit orang yang menyumbangkan bantuan kepada daerah baik berupa dana atau tenaga untuk memajukan pendidikan di daerah.
    Pada paragraf kesembilan, kalimat kelima, penulis mengatakan bahwa misi pendidikan dapat hilang bila Melcosh terfokus dengan bisnis. Saya tidak setuju dengan pendapat penulis, karena menurut pendapat saya, bila bisnis di Melcosh berjalan dengan baik dan sukses, tentu dana yang akan didapat lebih besar. Hal ini tentunya akan dapat memberi bantuan lebih banyak di Kabupaten Sleman atau bahkan daerah di sekitar Kabupaten Sleman untuk memajukan pendidikan. Hal ini juga dapat digunakan untuk menambah wisata kuliner bagi wisatawan yang berkunjung di Kabupaten Sleman dan juga menambah daya tarik dari daerah tersebut. Penulis seolah-olah mengatakan bahwa terlalu fokus dengan bisnis dapat memudarkan tujuan. Hal ini dapat disalah artikan oleh masyarakat bahwa bisnis hanya terfokus pada uang . sebaiknya penulis dapat lebih berhati-hati dalam menyusun kata.

    Penutup
    Semakin tingginya kekreatifitasan masyarakat dalam bidang kuliner, tentu membuat bertambahnya kegemaran orang dalam kuliner. Tetapi, ada baiknya kita sebagai masyarakat Indonesia yang cinta pada tanah air dan bangsa juga tidak melupakan makanan khas Indonesia terutama dari daerah sendiri. Karena hal ini dapat menyebabkan pudarnya cirikhas suatu daerah. Untuk melestarikan makanan daerah, kita tidak perlu sampai membuka tempat makan khusus untuk mekanan daerah, tetapi kita juga bisa sesekali makan makanan khas daerah. Bila bukan kita, siapa lagi yang akan melestarikan makanan daerah.

    BalasHapus
  31. Nama: Fany
    Kelas: XII MIPA 8
    Absen: 11

    Wacana 1 (ParagraF 7, 8 dan 9)
    I. RESTRUKTURISASI

    1.1 Silogisme paragraf 7
    1.1.1 Kesimpulan: Jadah dari Melcosh (Term C), mudah dipotong dan digigit (Term B).
    1.1.2 Premis Minor: Jadah dari Melcosh (Term C ), berbentuk pipih setengah lingkaran (Term A).
    1.1.3 Premis Mayor: Semua makanan yang berbentuk pipih setengah lingkaran (Term A), mudah dipotong dan digigit (Term B).
    1.2 Silogisme paragraf 8
    1.2.1 Kesimpulan: Melcosh (Term C), menyediakan nasi goring berbentuk seperti merapi (Term B).
    1.2.2 Premis Minor: Melcosh (Term C), merupakan kedai yang berada di lereng merapi (Term A).
    1.2.3 Premis Mayor: Semua kedai yang berada di lereng merapi (Term A), menyediakan nasi goreng berbentuk seperti merapi (Term B).
    1.3 Silogisme paragraph 9
    1.3.1 Kesimpulan: Melcosh (Term C), berupaya untuk menghidupi Sekolah Menengah Kejuruan Sanjaya (Term B).
    1.3.2 Premis Minor: Melcosh (Term C), adalah kedai yang dirancang dengan basis pendidikan (Term A).
    1.3.3 Premis Mayor: Semua kedai yang dirancang dengan basis pendidikan (Term A), berupaya untuk menghidupi Sekolah Menengah Kejuruan Sanjaya (Term B).

    BalasHapus
  32. Nama : Joshua Armando Sitompul
    Kelas : XII MIPA 8
    Nomor Absen : 16

    Silogisme Paragraf 10, 11, 12 ( WACANA 2 )


    Silogisme Paragraf 10 (Wacana 2).

    - Kalimat Inti : Resensi Ekonomi menyusutkan angka penjualan .

    - Premis Mayor (PM) : Semua yang menyusutkan angka penjualan adalah resensi ekonomi.

    - Premis Minor (Pm) : Penjualan kaset, CD, dan DVD.

    - Kesimpulan : Penjualan kopi kaset, CD, dan DVD adalah resensi ekonomi.

    - Sanggahan : Menurut saya , saya sangat setuju dengan pernyataan diatas, karena penjualan kopi kaset, CD, dan DVD dapat dikatakan sebagai pelanggaran hak cipta . Orang yang akan memilih kaset tersebut pasti akan membeli kaset yang kopian karena memiliki harga yang relative murah daripada yang asli. Sehinggga hasil penjualan yang bsenarnya original sedikit dan daapat membuat resensi penjualan.



    Silogisme Paragraf 11 (Wacana 2) :

    - Kalimat Inti : Teknologi Internet yang meghadirkan dunia digital telah mengubah banyak hal secara massif dan luas.

    - Premis Mayor (PM) : Dunia digital mengubah banyak hal secara masif dan keras.

    - Premis Minor (Pm) : Teknologi Internet adalah dunia digital.

    - Kesimpulan : Teknologi Internet mengubah banyak hal secara masif dan luas.

    - Sanggahan : Menurut saya, saya sangat setuju dengan pernyataan diatas , karena terbukti bahwa Teknologi Internet telah banyak mengubah dunia dan menjadikan dunia semakin luas karena dapat mengakses seluruh dunia hanya dengan sentuhan tangan. Pernyataan tersebut memiliki makna positif , akan tetapi jika internet tidak digunakan sebaik mungkin, maka internet akan mengancam dan membahayakan diri kita sendiri, oleh sebab itu kita harus bijak dalam memanfaatkan teknologi internet sehingga internet dapat menjadi efek yang baik bagi kehidupan kita dan membuat kita mengetaui banyak hal tentang dunia yang luas ini.



    Silogisme Paragraf 12 ( Wacana 2 ) :

    - Kalimat Inti : Penggandaan rekaman dalam bentuk kaset, CD, atau DVD adalah illegal.

    - Premis Mayor (PM) : Semua yang menggandakan rekaman adalah illegal.

    - Premis Minor (pm) : kaset,CD, dan DVD adalah rekaman gandaan.

    - Kesimpulan : Kaset, CD, dan DVD hasil gandaan adalah illegal.

    - Sanggahan : Saya sangat setuju dengan pernyataan diatas, karena semua bentuk gandaan kaset, CD, atau DVD adalah bentuk dari perbuatan yang illegal, karena itu telah melanggar Hak Cipta dari rekaman kaset, CD, atau DVD tersebut. Tingakan illegal tersebut sangat tidak baik dan telah tercantum dalam Undag-Undang dan Hukum yang berlaku serta dapat diberikan pidana karena penggandaan rekaman tersebut.

    BalasHapus
  33. Nama : Joshua Armando Sitompul
    Kelas : XII MIPA 8
    Nomor Absen : 16

    TUGAS : Paragraf 10, 11 , 12 (Wacana 2).


    Silogisme Paragraf 10 (Wacana 2).

    - Kalimat Inti : Resensi Ekonomi menyusutkan angka penjualan .

    - Premis Mayor (PM) : Semua yang menyusutkan angka penjualan adalah resensi ekonomi.

    - Premis Minor (Pm) : Penjualan kaset, CD, dan DVD.

    - Kesimpulan : Penjualan kopi kaset, CD, dan DVD adalah resensi ekonomi.

    - Sanggahan : Menurut saya, saya sangat setuju dengan pernyataan diatas, karena penjualan kopi kaset, CD, dan DVD dapat dikatakan sebagai pelanggaran hak cipta. Orang yang akan memilih kaset tersebut pasti akan membeli kaset yang kopian karena memiliki harga yang relative murah daripada yang asli. Sehinggga hasil penjualan yang bsenarnya original sedikit dan daapat membuat resensi penjualan.



    Silogisme Paragraf 11 (Wacana 2) :

    - Kalimat Inti : Teknologi Internet yang meghadirkan dunia digital telah mengubah banyak hal secara massif dan luas.

    - Premis Mayor (PM) : Dunia digital mengubah banyak hal secara masif dan keras.

    - Premis Minor (Pm) : Teknologi Internet adalah dunia digital.

    - Kesimpulan : Teknologi Internet mengubah banyak hal secara masif dan luas.

    - Sanggahan : Menurut saya, saya sangat setuju dengan pernyataan diatas , karena terbukti bahwa Teknologi Internet telah banyak mengubah dunia dan menjadikan dunia semakin luas karena dapat mengakses seluruh dunia hanya dengan sentuhan tangan. Pernyataan tersebut memiliki makna positif , akan tetapi jika internet tidak digunakan sebaik mungkin, maka internet akan mengancam dan membahayakan diri kita sendiri, oleh sebab itu kita harus bijak dalam memanfaatkan teknologi internet sehingga internet dapat menjadi efek yang baik bagi kehidupan kita dan membuat kita mengetaui banyak hal tentang dunia yang luas ini.



    Silogisme Paragraf 12 ( Wacana 2 ) :

    - Kalimat Inti : Penggandaan rekaman dalam bentuk kaset, CD, atau DVD adalah illegal.

    - Premis Mayor (PM) : Semua yang menggandakan rekaman adalah illegal.

    - Premis Minor (pm) : kaset,CD, dan DVD adalah rekaman gandaan.

    - Kesimpulan : Kaset, CD, dan DVD hasil gandaan adalah illegal.

    - Sanggahan : Saya sangat setuju dengan pernyataan diatas, karena semua bentuk gandaan kaset, CD, atau DVD adalah bentuk dari perbuatan yang illegal, karena itu telah melanggar Hak Cipta dari rekaman kaset, CD, atau DVD tersebut. Tingakan illegal tersebut sangat tidak baik dan telah tercantum dalam Undag-Undang dan Hukum yang berlaku serta dapat diberikan pidana karena penggandaan rekaman tersebut.

    BalasHapus
  34. Nama : joshua Armando Sitompul
    Kelas : XII MIPA 8
    Nomor Absen : 16

    TUGAS : Silogisme Paragraf 10, 11, 12 ( Wacana 2 )


    Silogisme Paragraf 10 (Wacana 2).

    - Kalimat Inti : Resensi Ekonomi menyusutkan angka penjualan .

    - Premis Mayor (PM) : Semua yang menyusutkan angka penjualan adalah resensi ekonomi.

    - Premis Minor (Pm) : Penjualan kaset, CD, dan DVD.

    - Kesimpulan : Penjualan kopi kaset, CD, dan DVD adalah resensi ekonomi.

    - Sanggahan : Menurut saya , saya sangat setuju dengan pernyataan diatas, karena penjualan kopi kaset, CD, dan DVD dapat dikatakan sebagai pelanggaran hak cipta . Orang yang akan memilih kaset tersebut pasti akan membeli kaset yang kopian karena memiliki harga yang relative murah daripada yang asli. Sehinggga hasil penjualan yang bsenarnya original sedikit dan daapat membuat resensi penjualan.


    Silogisme Paragraf 11 (Wacana 2) :

    - Kalimat Inti : Teknologi Internet yang meghadirkan dunia digital telah mengubah banyak hal secara massif dan luas.

    - Premis Mayor (PM) : Dunia digital mengubah banyak hal secara masif dan keras.

    - Premis Minor (Pm) : Teknologi Internet adalah dunia digital.

    - Kesimpulan : Teknologi Internet mengubah banyak hal secara masif dan luas.

    - Sanggahan : Menurut saya, saya sangat setuju dengan pernyataan diatas , karena terbukti bahwa Teknologi Internet telah banyak mengubah dunia dan menjadikan dunia semakin luas karena dapat mengakses seluruh dunia hanya dengan sentuhan tangan. Pernyataan tersebut memiliki makna positif , akan tetapi jika internet tidak digunakan sebaik mungkin, maka internet akan mengancam dan membahayakan diri kita sendiri, oleh sebab itu kita harus bijak dalam memanfaatkan teknologi internet sehingga internet dapat menjadi efek yang baik bagi kehidupan kita dan membuat kita mengetaui banyak hal tentang dunia yang luas ini.


    Silogisme Paragraf 12 ( Wacana 2 ) :

    - Kalimat Inti : Penggandaan rekaman dalam bentuk kaset, CD, atau DVD adalah illegal.

    - Premis Mayor (PM) : Semua yang menggandakan rekaman adalah illegal.

    - Premis Minor (pm) : kaset,CD, dan DVD adalah rekaman gandaan.

    - Kesimpulan : Kaset, CD, dan DVD hasil gandaan adalah illegal.

    - Sanggahan : Saya sangat setuju dengan pernyataan diatas, karena semua bentuk gandaan kaset, CD, atau DVD adalah bentuk dari perbuatan yang illegal, karena itu telah melanggar Hak Cipta dari rekaman kaset, CD, atau DVD tersebut. Tingakan illegal tersebut sangat tidak baik dan telah tercantum dalam Undag-Undang dan Hukum yang berlaku serta dapat diberikan pidana karena penggandaan rekaman tersebut.

    BalasHapus
  35. Wacana I: Paragraf 4, 5 dan 6

    I. RESTRUKTURISASI

    1.1 Paragraf 4
    PM: Semua kopi yang berasal dari tanah Tapanuli Utara, Sumatera Barat memiliki elemen rasa rempah dan herbal yang kuat.
    Term A: Semua kopi yang berasal dari tanah Tapanuli Utara, Sumatera Barat.
    Term B: Memiliki elemen rasa rempah dan herbal yang kuat.

    Pm: Kopi Siborongborong berasal dari tanah Tapanuli Utara, Sumatera Barat.
    Term C: Kopi Siborongborong.
    Term A: Berasal dari tanah Tapanuli Utara, Sumatera Barat.

    K: Kopi Siborongborong memiliki elemen rasa rempah dan herbal yang kuat.
    Term C: Kopi Siborongborong.
    Term B: Memiliki elemen rasa rempah dan herbal yang kuat.

    1.2 Paragraf 5
    PM: Semua penikmat kopi dan pendiri Melcosh hanya akan menghidangkan kopi yang sudah lulus uji cecapnya.
    Term A: Semua penikmat kopi dan pendiri Melcosh.
    Term B: Hanya akan menghidangkan kopi yang sudah lulus uji cecapnya.

    Pm: Y. Deni Sulistiwawan Pr. merupakan penikmat kopi dan pendiri Melcosh.
    Term C: Y. Deni Sulistiwawan Pr.
    Term A: Merupakan penikmat kopi dan pendiri Melcosh.

    K: Y. Deni Sulistiwawan Pr. hanya akan menghidangkan kopi yang sudah lulus uji cecapnya.
    Term C: Y. Deni Sulistiwawan Pr.
    Term B: Hanya akan menghidangkan kopi yang sudah lulus uji cecapnya.

    1.3 Paragraf 6
    PM: Semua kopi yang mengalami penggarangan tidak merata akan mengalami proses roasting ulang.
    Term A: Semua kopi yang mengalami penggarangan tidak merata.
    Term B: Akan mengalami proses roasting ulang.

    Pm: Kopi yang mengalami penggarangan tidak merata merupakan kopi yang terlalu medium dark.
    Term C: Kopi yang mengalami penggarangan tidak merata.
    Term A: Merupakan kopi yang terlalu medium dark.

    K: Kopi yang mengalami penggarangan tidak merata akan mengalami proses roasting ulang.
    Term C: Kopi yang mengalami penggarangan tidak merata.
    Term B: Akan mengalami proses roasting ulang.

    Nama: Meiliza Ayu Qamarani
    Kelas: XII MIPA 8
    No. Absen: 25

    BalasHapus
  36. Wacana I: Paragraf 4, 5 dan 6

    I. RESTRUKTURISASI

    1.1 Paragraf 4
    PM: Semua kopi yang berasal dari tanah Tapanuli Utara, Sumatera Barat memiliki elemen rasa rempah dan herbal yang kuat.
    Term A: Semua kopi yang berasal dari tanah Tapanuli Utara, Sumatera Barat.
    Term B: Memiliki elemen rasa rempah dan herbal yang kuat.

    Pm: Kopi Siborongborong berasal dari tanah Tapanuli Utara, Sumatera Barat.
    Term C: Kopi Siborongborong.
    Term A: Berasal dari tanah Tapanuli Utara, Sumatera Barat.

    K: Kopi Siborongborong memiliki elemen rasa rempah dan herbal yang kuat.
    Term C: Kopi Siborongborong.
    Term B: Memiliki elemen rasa rempah dan herbal yang kuat.

    1.2 Paragraf 5
    PM: Semua penikmat kopi dan pendiri Melcosh hanya akan menghidangkan kopi yang sudah lulus uji cecapnya.
    Term A: Semua penikmat kopi dan pendiri Melcosh.
    Term B: Hanya akan menghidangkan kopi yang sudah lulus uji cecapnya.

    Pm: Y. Deni Sulistiwawan Pr. merupakan penikmat kopi dan pendiri Melcosh.
    Term C: Y. Deni Sulistiwawan Pr.
    Term A: Merupakan penikmat kopi dan pendiri Melcosh.

    K: Y. Deni Sulistiwawan Pr. hanya akan menghidangkan kopi yang sudah lulus uji cecapnya.
    Term C: Y. Deni Sulistiwawan Pr.
    Term B: Hanya akan menghidangkan kopi yang sudah lulus uji cecapnya.

    1.3 Paragraf 6
    PM: Semua kopi yang mengalami penggarangan tidak merata akan mengalami proses roasting ulang.
    Term A: Semua kopi yang mengalami penggarangan tidak merata.
    Term B: Akan mengalami proses roasting ulang.

    Pm: Kopi yang mengalami penggarangan tidak merata merupakan kopi yang terlalu medium dark.
    Term C: Kopi yang mengalami penggarangan tidak merata.
    Term A: Merupakan kopi yang terlalu medium dark.

    K: Kopi yang mengalami penggarangan tidak merata akan mengalami proses roasting ulang.
    Term C: Kopi yang mengalami penggarangan tidak merata.
    Term B: Akan mengalami proses roasting ulang.

    Nama: Meiliza Ayu Qamarani
    Kelas: XII MIPA 8
    No. Absen: 25

    BalasHapus
  37. Wacana I: Paragraf 4, 5 dan 6

    I. RESTRUKTURISASI

    1.1 Paragraf 4
    PM: Semua kopi yang berasal dari tanah Tapanuli Utara, Sumatera Barat memiliki elemen rasa rempah dan herbal yang kuat.
    Term A: Semua kopi yang berasal dari tanah Tapanuli Utara, Sumatera Barat.
    Term B: Memiliki elemen rasa rempah dan herbal yang kuat.

    Pm: Kopi Siborongborong berasal dari tanah Tapanuli Utara, Sumatera Barat.
    Term C: Kopi Siborongborong.
    Term A: Berasal dari tanah Tapanuli Utara, Sumatera Barat.

    K: Kopi Siborongborong memiliki elemen rasa rempah dan herbal yang kuat.
    Term C: Kopi Siborongborong.
    Term B: Memiliki elemen rasa rempah dan herbal yang kuat.

    1.2 Paragraf 5
    PM: Semua penikmat kopi dan pendiri Melcosh hanya akan menghidangkan kopi yang sudah lulus uji cecapnya.
    Term A: Semua penikmat kopi dan pendiri Melcosh.
    Term B: Hanya akan menghidangkan kopi yang sudah lulus uji cecapnya.

    Pm: Y. Deni Sulistiwawan Pr. merupakan penikmat kopi dan pendiri Melcosh.
    Term C: Y. Deni Sulistiwawan Pr.
    Term A: Merupakan penikmat kopi dan pendiri Melcosh.

    K: Y. Deni Sulistiwawan Pr. hanya akan menghidangkan kopi yang sudah lulus uji cecapnya.
    Term C: Y. Deni Sulistiwawan Pr.
    Term B: Hanya akan menghidangkan kopi yang sudah lulus uji cecapnya.

    1.3 Paragraf 6
    PM: Semua kopi yang mengalami penggarangan tidak merata akan mengalami proses roasting ulang.
    Term A: Semua kopi yang mengalami penggarangan tidak merata.
    Term B: Akan mengalami proses roasting ulang.

    Pm: Kopi yang mengalami penggarangan tidak merata merupakan kopi yang terlalu medium dark.
    Term C: Kopi yang mengalami penggarangan tidak merata.
    Term A: Merupakan kopi yang terlalu medium dark.

    K: Kopi yang mengalami penggarangan tidak merata akan mengalami proses roasting ulang.
    Term C: Kopi yang mengalami penggarangan tidak merata.
    Term B: Akan mengalami proses roasting ulang.

    Nama: Meiliza Ayu Qamarani
    Kelas: XII MIPA 8
    No. Absen: 25

    BalasHapus
  38. Wacana I: Paragraf 4, 5 dan 6

    I. RESTRUKTURISASI

    1.1 Paragraf 4
    PM: Semua kopi yang berasal dari tanah Tapanuli Utara, Sumatera Barat memiliki elemen rasa rempah dan herbal yang kuat.
    Term A: Semua kopi yang berasal dari tanah Tapanuli Utara, Sumatera Barat.
    Term B: Memiliki elemen rasa rempah dan herbal yang kuat.

    Pm: Kopi Siborongborong berasal dari tanah Tapanuli Utara, Sumatera Barat.
    Term C: Kopi Siborongborong.
    Term A: Berasal dari tanah Tapanuli Utara, Sumatera Barat.

    K: Kopi Siborongborong memiliki elemen rasa rempah dan herbal yang kuat.
    Term C: Kopi Siborongborong.
    Term B: Memiliki elemen rasa rempah dan herbal yang kuat.

    1.2 Paragraf 5
    PM: Semua penikmat kopi dan pendiri Melcosh hanya akan menghidangkan kopi yang sudah lulus uji cecapnya.
    Term A: Semua penikmat kopi dan pendiri Melcosh.
    Term B: Hanya akan menghidangkan kopi yang sudah lulus uji cecapnya.

    Pm: Y. Deni Sulistiwawan Pr. merupakan penikmat kopi dan pendiri Melcosh.
    Term C: Y. Deni Sulistiwawan Pr.
    Term A: Merupakan penikmat kopi dan pendiri Melcosh.

    K: Y. Deni Sulistiwawan Pr. hanya akan menghidangkan kopi yang sudah lulus uji cecapnya.
    Term C: Y. Deni Sulistiwawan Pr.
    Term B: Hanya akan menghidangkan kopi yang sudah lulus uji cecapnya.

    1.3 Paragraf 6
    PM: Semua kopi yang mengalami penggarangan tidak merata akan mengalami proses roasting ulang.
    Term A: Semua kopi yang mengalami penggarangan tidak merata.
    Term B: Akan mengalami proses roasting ulang.

    Pm: Kopi yang mengalami penggarangan tidak merata merupakan kopi yang terlalu medium dark.
    Term C: Kopi yang mengalami penggarangan tidak merata.
    Term A: Merupakan kopi yang terlalu medium dark.

    K: Kopi yang mengalami penggarangan tidak merata akan mengalami proses roasting ulang.
    Term C: Kopi yang mengalami penggarangan tidak merata.
    Term B: Akan mengalami proses roasting ulang.

    Nama: Meiliza Ayu Qamarani
    Kelas: XII MIPA 8
    No. Absen: 25

    BalasHapus
  39. Wacana 2
    I. RESTRUKTURISASI
    1.1 Paragraf 4
    1.1.1 Premis Mayor : Remaja (A) lebih terbiasa menikmati musik melalui internet.(B)
    1.1.2 Premis Minor : Mayoritas responden kelompok muda (C) adalah remaja. (A)
    1.1.3 Kesimpulan : Mayoritas responden kelompok muda (C) lebih terbiasa menikmati musik melalui internet.(B)
    1.2 Paragraf 5
    1.2.1 Premis Mayor : Penyuka musik digital (A) memanfaatkan internet untuk mendengarkan musik. (B)
    1.2.2 Premis Minor : Mayoritas orang usia 16 tahun hingga 24 tahun (C) adalah penyuka musik digital. (A)
    1.2.3 Kesimpulan : Mayoritas orang usia 16 tahun hingga 24 tahun (C) memanfaatkan internet untuk mendengarkan musik. (B)
    1.3 Paragraf 6
    1.3.1 Premis Mayor : Bukti kesuksesan musik digital (A) menunjukkan prospek yang cerah. (B)
    1.3.2 Premis Minor : Pertumbuhan nilai pendapatan di industri musik digital (C) adalah bukti kesuksesan musik digital. (A)
    1.3.3 Kesimpulan : Pertumbuhan nilai pendapatan di industri musik digital (C) menunjukkan prospek yang cerah. (B)

    Nama : Christoper Albert
    Kelas : XII MIPA 8
    No.Absen : 6

    BalasHapus
  40. I. RESTRUKTURISASI
    1. Judul: Asyiknya “Ngupi-ngupi” di LerengMerapi
    1.1 Paragraf 4
    Premis Mayor (PM):
    Secangkir kopi yang berasaldariSiborongborong (A)sudahtandas(B).
    Premis Minor (Pm):
    Kopi dariTapanuli Utara,(C) Sumatera Barat, BerasaldariSiborongborong(A).
    Kesimpulan (K):
    Kopi dariTapanuli Utara(C) sudahtandas(B).
    1.2 Paragraf 5
    Premis Mayor (PM):
    Semua kopi(A) di racik dalam bentuk biji kemudian digiling sebelum diseduh(B).
    Premis Minor (Pm):
    Deni(C) adalah penikmat semua kopi(A).
    Kesimpulan (K):
    Deni (C)penikmat kopi yang diracik dalam bentuk biji dan digiling sebelum diseduh(B).

    1.3 Paragraf 6
    Premis Mayor (PM):
    Penikmat kopi akan melakukan roasting ulang(A) sehingga rasa pahit kopi tidak keasaman (B).
    Premis Minor (Pm):
    Deni (C)adalah penikmat berat kopi(A).
    Kesimpulan (K):
    Deni (C)akan melakukan roasting ulang sehingga rasa pahit kopi tidak keasaman (B).

    Nama : M. Sendita Aditya
    Kelas : XII MIPA 8
    No Absen : 22

    BalasHapus



  41. II. Tanggapan, Sanggahan dan Penolakan Pendapat
    2. 1Pembuka :
    Saat ini nongkrong di kedai kopi merupakan kegiaatan yang banyak dilakukan sebagian orang. Banyaknnya kedai kopi yang menyediakan tempat nokrong membuat persaingan dalam menyajikan kopi dengan rasa yang nikmat dan berkualitas.Sehingga banyak orang memilih tempat nongkrong untuk menikmati kopi dengan rasa yang nikmat dan berkualitas. Kegiatan nongkrong dikedai kopi tersebut menjadi sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan sebagan orang selain menghilangkan stres kegiatan tersebut dapat menghilangkan kepenatan pagi para remaja dan orang dewasa.Sehingga kegiatan nongkrong dengan menikmati kopi ini menjadi salah satu kebiasaan sebagian orang untuk menikmati hidup.
    2.2.1. Isi Paragraf 4 :
    Saya kurang setuju pada pernyataan yang menyatakan bahwa Tapanuli Utara berada pada Provinsi Sumatera barat. Karena pada letak geofrafisnya Tapanuli Utara terletak pada Provinsi Sumatera Utara. Lalu pada kalimat kedua terdapat kesalahan penggunaan tanda baca koma dalam pernyataan “dengan elemen rasa rempah,herbal yang kuat.” Seharunya penggunaan pada tanda baca koma diganti dengan konjungsi dan sehingga pernyataan tersebut tidak membingungkan para pembaca.
    2.2.2. Isi Paragraf 5 :
    Saya tidak setuju dengan pernyataan “Semua kopi diracik sejak dalam bentuk biji, kemudian digiling sesaat sebelum diseduh. Jadi dijamin, kopi sampai ke meja dalam rasa dan aroma primanya. Semua kopi diracik sejak dalam bentuk biji, kemudian digiling sesaat sebelum diseduh. Jadi dijamin, kopi sampai ke meja dalam rasa dan aroma primanya.” Karena kenyataannya tidak semua kopi memiliki kualitas yang prima yang diracik sejak dalam bentuk biji, kemudian digiling sesaat sebelum diseduh. Karena ada banyak faktor lain yang menentukan kualitas kopi itu baik atau tidak seperti pada lokasi perkebunan, kesuburan tanah, iklim, ketinggian, dan cara memanen. Kemudian ada hal lain yang saya kurang setuju pada pernyataan “Maklum, pendiri Melcosh, Y Deni Sulistiwawan Pr, adalah penikmat kopi. Ia hanya menghidangkan kopi yang sudah lulus dari uji cecapnya. Jika ia mendapati rasa kopi yang kurang pas menurut indera pencecapnya, ia tidak akan menghidangkan kepada tamu. Jika mendapat kopi di bawah standar alias jelek, Deni akan komplain kepada pihak penggarang biji kopi (roastery).” Karena setiap orang memiliki selera yang berbeda mengenai cita rasa kopi sehingga, tidak semua kopi yang disajikan di Melcosh memliki kualitas cita rasa yang nikmat dengan uji cecap dari pendiri Melcosh.

    2.2.3. Isi Paragraf 6 :
    Saya kurang setuju pada pernyataan “Kadang kami blend (campur) dengan kopi lain sehingga bitter (rasa pahit kopi), acid (keasaman) fruity-nya sebanding.” Karena dalam pernyataan tersebut terdapat kata asing yaitu fruity yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia memiliki arti buah.Hal itu membuat kalimat tersebut tidak koheren karena pada kalimat tersebut sedang membahas masalah biji kopi.
    2.3 Penutup :
    Kegiatan nongkrong di kedai kopi sudah menjadi kebiasaan sebagian orang. Akan tetapi kebiasaan nongkrong di kedai kopi ini harus bisa disesuaikan dengan menjadikan kebiasaan ini menjadi kebutuhan sekunder bukan kebutuhan primer. Karena kegitatan seperti ini mempunyai sisi positif dan sisi negatif. Dalam sisi positif kegiatan ini dapat membuat sebagian orang menghilangkan kebosanan dan stres. Akan tetapi dari sisi positif tersebut tentu ada sisi negatifnya seperti orang akan bermalasan malasan untuk menikmati kopi sambil nongkrong dikedai kopi. Jadi kita sebagai penikmat kopi sekaligus para generasi muda harus dapat menyesuaikan kebiasaan nongkrong ini dalam kehidupan sehari-hari kita.
    Nama : M. Sendita Aditya
    Kelas : XII MIPA 8
    No Absen : 22

    BalasHapus



  42. II. Tanggapan, Sanggahan dan Penolakan Pendapat
    2. 1Pembuka :
    Saat ini nongkrong di kedai kopi merupakan kegiaatan yang banyak dilakukan sebagian orang. Banyaknnya kedai kopi yang menyediakan tempat nokrong membuat persaingan dalam menyajikan kopi dengan rasa yang nikmat dan berkualitas.Sehingga banyak orang memilih tempat nongkrong untuk menikmati kopi dengan rasa yang nikmat dan berkualitas. Kegiatan nongkrong dikedai kopi tersebut menjadi sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan sebagan orang selain menghilangkan stres kegiatan tersebut dapat menghilangkan kepenatan pagi para remaja dan orang dewasa.Sehingga kegiatan nongkrong dengan menikmati kopi ini menjadi salah satu kebiasaan sebagian orang untuk menikmati hidup.
    2.2.1. Isi Paragraf 4 :
    Saya kurang setuju pada pernyataan yang menyatakan bahwa Tapanuli Utara berada pada Provinsi Sumatera barat. Karena pada letak geofrafisnya Tapanuli Utara terletak pada Provinsi Sumatera Utara. Lalu pada kalimat kedua terdapat kesalahan penggunaan tanda baca koma dalam pernyataan “dengan elemen rasa rempah,herbal yang kuat.” Seharunya penggunaan pada tanda baca koma diganti dengan konjungsi dan sehingga pernyataan tersebut tidak membingungkan para pembaca.
    2.2.2. Isi Paragraf 5 :
    Saya tidak setuju dengan pernyataan “Semua kopi diracik sejak dalam bentuk biji, kemudian digiling sesaat sebelum diseduh. Jadi dijamin, kopi sampai ke meja dalam rasa dan aroma primanya. Semua kopi diracik sejak dalam bentuk biji, kemudian digiling sesaat sebelum diseduh. Jadi dijamin, kopi sampai ke meja dalam rasa dan aroma primanya.” Karena kenyataannya tidak semua kopi memiliki kualitas yang prima yang diracik sejak dalam bentuk biji, kemudian digiling sesaat sebelum diseduh. Karena ada banyak faktor lain yang menentukan kualitas kopi itu baik atau tidak seperti pada lokasi perkebunan, kesuburan tanah, iklim, ketinggian, dan cara memanen. Kemudian ada hal lain yang saya kurang setuju pada pernyataan “Maklum, pendiri Melcosh, Y Deni Sulistiwawan Pr, adalah penikmat kopi. Ia hanya menghidangkan kopi yang sudah lulus dari uji cecapnya. Jika ia mendapati rasa kopi yang kurang pas menurut indera pencecapnya, ia tidak akan menghidangkan kepada tamu. Jika mendapat kopi di bawah standar alias jelek, Deni akan komplain kepada pihak penggarang biji kopi (roastery).” Karena setiap orang memiliki selera yang berbeda mengenai cita rasa kopi sehingga, tidak semua kopi yang disajikan di Melcosh memliki kualitas cita rasa yang nikmat dengan uji cecap dari pendiri Melcosh.

    2.2.3. Isi Paragraf 6 :
    Saya kurang setuju pada pernyataan “Kadang kami blend (campur) dengan kopi lain sehingga bitter (rasa pahit kopi), acid (keasaman) fruity-nya sebanding.” Karena dalam pernyataan tersebut terdapat kata asing yaitu fruity yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia memiliki arti buah.Hal itu membuat kalimat tersebut tidak koheren karena pada kalimat tersebut sedang membahas masalah biji kopi.
    2.3 Penutup :
    Kegiatan nongkrong di kedai kopi sudah menjadi kebiasaan sebagian orang. Akan tetapi kebiasaan nongkrong di kedai kopi ini harus bisa disesuaikan dengan menjadikan kebiasaan ini menjadi kebutuhan sekunder bukan kebutuhan primer. Karena kegitatan seperti ini mempunyai sisi positif dan sisi negatif. Dalam sisi positif kegiatan ini dapat membuat sebagian orang menghilangkan kebosanan dan stres. Akan tetapi dari sisi positif tersebut tentu ada sisi negatifnya seperti orang akan bermalasan malasan untuk menikmati kopi sambil nongkrong dikedai kopi. Jadi kita sebagai penikmat kopi sekaligus para generasi muda harus dapat menyesuaikan kebiasaan nongkrong ini dalam kehidupan sehari-hari kita.
    Nama : M. Sendita Aditya
    Kelas : XII MIPA 8
    No Absen : 22

    BalasHapus
  43. II. Tanggapan, Sanggahan, dan Penolakan Pendapat
    Dengan kemajuan teknologi saat ini, semua informasi dan hiburan dapat dengan cepat didapat oleh semua orang melalui internet. Begitu juga dengan hiburan berupa musik. Kebanyakan orang saat ini menikmati musik melalui internet dengan cara mengunduh maupun mendengar secara streaming. Saat ini, remaja lebih terbiasa mengonsumsi musik digital terlebih musik digital dapat disimpan di dalam ponsel sehingga dapat diputar kapanpun. Pertumbuhan orang mengonsumsi musik digital pun dibuktikan oleh pertumbuhan nilai pendapatan di industri musik digital yang menunjukkan prospek yang cerah.
    Di jaman yang modern ini, orang lebih menyukai hal yang efisien sehingga betul apa yang dikatakan oleh penulis bahwa kelompok orang muda lebih terbiasa menikmati musik melalui internet. Tetapi kebanyakan orang lebih menggunakan internet untuk sosial media sehingga kebanyakan orang tidak mengunduh atau mendengar langsung dari internet. Mereka lebih ke arah sharing data melalui Bluetooth atau USB.
    Hal ini pun lama-kelamaan akan menghambat pertumbuhan orang yang menikmati musik dari internet karena lebih efisien dalam segi biaya. Jika kita liat dari sisi premis mayor, premis minor, dan kesimpulan, semuanya masuk akal atau dapat diterima dalam penalaran kita.
    Dengan timbulnya tren mendengar musik lewat internet, sekelompok orang ingin mengetahui bagaimana jumlah orang yang mendengarkan musik lewat internet dan bagaimana pendapatan industri musik dari musik digital. Dikatakan bahwa mayoritas orang yang memanfaatkan internet untuk mendengarkan musik adalah mereka yang berusia 16 tahun hingga 24 tahun. Menurut saya, hal tersebut kurang terjamin kebenarannya karena di era ini anak yang berusia 8 tahun sudah dapat mengakses internet sendiri dan mayoritas anak-anak menyukai musik dengan genre tertentu. Dengan waktu mereka yang masih tergolong banyak waktu luang, kemungkinan besar merekalah golongan orang mayoritas yang mendengarkan musik lewat internet.
    Jika kita lihat dari premis mayor, premis minor dan kesimpulan, semuanya dapat tergolong logis dan dapat diterima dalam penalaran tetapi apakah benar bahwa usia 16 tahun hingga 24 tahun merupakan golongan mayoritas yang mendengarkan musik lewat internet. Karena menurut saya pengonsumsi musik melalui internet lebih dominan anak-anak berusia 8 tahun hingga 18 tahun.
    Menjalarnya tren musik digital tidak hanya dirasakan dampaknya oleh penikmatnya saja melainkan juga oleh industri musik digital. Seiring dengan pertumbuhannya, industri musik digital meraup untung yang cukup besar. Jka melihat secara detail, ada kata tren pertumbuhan nilai pendapatan. Menurut saya kalimat ini agak janggal karena tidak sesuai penalaran.
    Kata tren dalam rangkaian kata itu sebaiknya dihilangkan karena tidak cocok yang membuat kalimat kurang efektif. Jika kita tinjau dari premis mayor, premis minor dan kesimpulan, semuanya sudah sesuai sehingga dapat diterima dalam penalaran dan logis.
    Sebagai orang yang hidup di jaman yang modern, sebaiknya kita menggunakan sarana yang ada dengan sebaik-baiknya dan dapat membantu keperluan kita sehingga hidup menjadi lebih efisien. Semakin canggih teknologi sebaiknya dimanfaatkan semaksimal mungkin tetapi memanfaatkan kebebasan menggunakannya dengan bertanggung jawab.

    Nama : Christoper Albert
    Kelas : XII MIPA 8
    No. Absen : 6

    BalasHapus
  44. I. Restrukturasi :
    1. PM : Toko musik yang pernah berjaya pada era 1990-an (A) akan menutup sebagian besar gerainya (B)
    Pm : Toko musik Disc Tarra (C) merupakan salah satu toko yang pernah berjaya pada era 1990-an. (A)
    K : Toko musik Disc Tarra (C) akan menutup sebagian besar gerainya. (B)

    2. PM : Semua yang bergantung pada penjualan kepingan kaset atau CD (A) mengalami kemunduran. (B)
    Pm : Industri musik konvensional (C) bergantung pada penjualan kepingan kaset atau CD. (A)
    K : Industri musik konvensional (C) mulai mengalami kemunduran. (B)

    3. PM : Kebiasaan mengonsumsi musik (A) amat dipengaruhi teknologi digital. (B)
    Pm : Gaya hidup generasi muda (C) adalah terbiasa mengonsumsi musik. (A)
    K : Gaya hidup generasi muda (C) dipengaruhi teknologi digital. (B)

    Chandra Wahyudi
    XII MIPA 8/05

    BalasHapus
  45. II. Sanggahan-Tanggapan-Penolakan Pendapat :
    Musik yang memiliki makna sebagai suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama telah mengalami banyak perkembangan sejak dikenalkannya pada masa homo sapien sekitar 180.000 sampai 100.000 tahun yang lalu. Faktanya walaupun musik adalah sejenis fenomena intuisi, mendengar musik pula adalah sejenis hiburan. Selain itu, musik sendiri juga memiliki berbagai macam manfaat lainnya bagi kehidupan. Salah satunya adalah sebagai terapi. Terapi musik adalah proses interpersonal yang menggunakan musik untuk terapi aspek-fisik, emosional, mental, sosial, estetika, dan spiritual untuk membantu pasien dalam meningkatkan atau mempertahankan kesehatan mereka
    Sebagai media dalam proses pendistribusiannya kepada masyarakat tidak akan pernah lepas dari peranan industri musik yang berperan dalam penjualan komposisi, rekaman, ataupun pertunjukan musik baik rekaman atau komposisi dalam bentuk keeping kaset maupun CD. Hal ini amat disampaikan dalam wacana berjudul “Layar Jajak – Industri Musik Redup oleh Digital”
    Apabila ditelaah lebih mendalam, dasar pemikiran dari penulis yang tertuang dalam premis mayor bahwa sebagian besar toko musik yang sempat Berjaya pada era 1990-an akan menutup sebagian besar gerainya adalah keliru. Pasalnya, tentu tidak semua dari toko musik yang sempat berjaya pada era 1990-an akan menutup gerainya. Masih banyak dari mereka yang tetap optimis dan percaya bahwa minat akan album fisik dari masyarakat sendiri pasti masih ada walaupun tidak segencar dulu. Sedangkan fakta yang disampaikan penulis melalui premis minor bahwa toko musik Disc Tarra akan menutup sebagian besar gerainya dapat dibenarkan. Hal ini dikarenakan bahwa dalam beberapa kurun waktu ini semenjak tahun 2010, terjadi penurunan minat dari konsumen terhadap album fisik baik dalam bentuk kepingan kaset maupun CD. Era digital semakin menjamah kehidupan masyarakat. Hal ini menyebabkan perubahan kehidupan masyarakat yang menjadi semakin sederhana. Yang pula memberikan imbasnya pada industri musik, dalam hal ini, masyarakat mulai beralih untuk lebih condong dalam membeli musik dalam bentuk digital seiring yang ditawarkan kemajuan zaman.

    BalasHapus
  46. Dengan ini kesimpulan yang didapat bahwa toko musik Disc Tarra akan menutup sebagian besar gerainya dapat dibenarkan walau pemikiran dasar penulis tidak sepenuhnya adalah benar. Dan meskipun kesimpulan yang ditarik telah dapat dibenarkan, kesimpulan tersebut faktanya dalam kehidupan adalah masih kontroversi. Kesimpulan dan premis minor menjadi sempurna apabila dalam premis mayor yang merupakan dasar pemikiran penulis disertai dengan evidensi yang akurat sebagai acuan yakni memberikan fakta yang sebenarnya yaitu data mengenai penurunan drastis minat masyarakat dalam industry music dan data mengenai penjualan gerai-gerai lain.
    Dalam paragraf kedua, apabila dikaji lebih mendalam, dasar pemikiran yang diungkapkan penulis dalam premis mayor bahwa semua yang bergantung pada penjualan kepingan kaset atau CD akan mengalami kemunduran adalah keliru. Hal ini dikarenakan bahwa pada dasarnya penjualan yang bergantung pada kepingan kaset atau CD digunakan bukan hanya pada bidang industri musik, bahkan beberapa industri lain seperti industri fotografi amat mengandalkan pada kepingan kaset atau CD dalam pendistribusiannya kepada konsumen. Compact disc atau yang sering disebut sebagai CD merupakan salah satu media untuk menyimpan data. Sejak diperkenalkan secara resmi pada tahun 1982, CD memperoleh puncak penjualan pada tahun 2000 yang mencapai 2.445 juta keping. CD memberi keuntungan terlebih sendiri yakni dalam hal kapasitas yang cukup besar serta kapabilitas produksi yang lebih efisien disbanding media penyimpanan lainnya seperti pita kaset. Kekeliruan yang kedua pun terdapat pada fakta yang disajikan dalam premis minor bahwa industri musik konvensional bergantung pada penjualan kepingan kaset atau CD karena seperti diketahui bahwa industri musik telah mengalami perubahan yang sangat signifikan seiring dengan perkembangan zaman yang semakin memudahkan segala sesuatu. Walau penjualan dalam bentuk kepingan kaset atau CD (fisik) merupakan prioritas , beberapa industri musik tidak lagi sepenuhnya mengandalkan penjualan kepingan kaset atau CD bahkan beberapa telah mengembangkan penjualan berbasis online.
    Kedua hal tersebut memberikan pula kekeliruan dalam penarikan kesimpulan akhir yakni pernyataan bahwa industri musik konvensional mengalami kemunduran. Bahwasanya di sisi lain, beberapa industri musik konvensional justru mengalami kemajuan yakni peningkatan minat dengan tentunya inovasi dalam memanfaatkan kemajuan teknologi zaman modern. Ketepatan dapat dicapai dengan pembenahan ketiga unsur sendiri yakni premis mayor, premis minor, dan kesimpulan.

    BalasHapus
  47. Dalam paragraf ketiga dari wacana “Layar Jajak – Industri Musik Redup oleh Digital”, apabila ditelaah lebih mendalam, ketiga unsur yakni premis mayor, premis minor, dan kesimpulan adalah tepat. Premis mayor yang merupakan dasar pemikiran penulis bahwa kebiasaan mengonsumsi musik amat dipengaruhi teknologi digital disertai premis minor yang merupakan fakta yang disajikan oleh penulis bahwa gaya hidup generasi muda adalah terbiasa mengonsumsi musik, keduanya memberikan hubungan kesinambungan yang amat tepat satu sama lain. Dalam faktanya di dalam kehidupan, adalah benar bahwa kebiasaan mengonsumsi musik salah satunya amat dipengaruhi oleh teknologi digital yang dapat dalam berupa media penyampaiannya seperti secara online dengan streaming atau mengunduh. Selain itu, mengonsumsi musik juga telah berkembang menjadi salah satu gaya hidup generasi muda saat kini, bahkan fakta pun menyampaikan bahwa pada masa lampau pun musik telah menjadi salah satu tren hidup berkembang dari music dengan genre yang bermacam. Kesimpulan yang ditarik bahwa gaya hidup generasi muda dipengaruhi teknologi digital menjadi sangat tepat atas evidensi dan dasar pemikiran yang tepat pula itu sendiri.
    Dengan demikian, paragraf pertama dan kedua dari wacana “Layar Jajak – Industri Musik Redup oleh Digital” yang merupakan opini penulis mengandung beberapa kesalahan penalaran yakni kesalahan dalam dasar pemikiran penulisan dan pula kesalahan dalam hal fakta yang disajikan. Kedua hal ini menimbulkan kesimpulan yang merupakan opini penulis justru menjadi tidak tepat. Sedangkan pada paragraf ketiga, ketiga unsur yakni dasar pemikiran, fakta, dan kesimpulan sangat tepat akan satu sama lain. Namun terlepas dari beberapa hal tersebut, penulis disarankan untuk mempelajari kembali kaidah dalam mengungkapkan opini yakni opini yang didukung dengan alasan yang kuat berupa fakta peristiwa. Oleh karena itu, kesalahan penalaran dapat dihindarkan.

    Dibuat oleh :
    Chandra Wahyudi
    XII MIPA 8
    5

    BalasHapus
  48. I. RESTRUKTURISASI
    1.1 PM : Semua music dengan format digital (A) dapat dinikmati dengan cara diunduh maupun didengarkan langsung.(B)
    Pm : Kelompok muda (C) menikmati music dengan format digital.(A)
    K : Kelompok Muda (C) menikmati music dengan cara mengunduh maupun mendengarkan langsung.(B)

    1.2 PM : Semua kelompok muda (A) menyebabkan peningkatan penjualan musik format digital(B)
    Pm :Mereka yang berusia 16-24 tahun (C) adalah kelompok muda.(A)
    K :Mereka yang berusia 16-24 tahun (C) menyebabkan peningkatan penjualan musik format digital.(B)
    .

    1.3 PM : Semua industri yang mengalami pertumbuhan nilai pendapatan (A) menunjukkan prospek yang cerah.(B)
    Pm : Industri musik digital (C) mengalami pertumbuhan nilai pendapatan.(A)
    K : Industri musik digital (C) menunjukkan prospek yang cerah.(B)

    Nama : Felia Triesya Arthari
    Kelas : XII MIPA 8
    No. Absen: 13

    BalasHapus
  49. II. TANGGAPAN-SANGGAHAN-PENOLAKAN PENDAPAT
    Teknologi terus berkembang seiring dengan berbagai inovasi-inovasi baru yang hadir di tengah masyarakat. Tak dapat dipungkiri bahwa kemajuan teknologi juga menjadi faktor yang mempengaruhi kemajuan peradaban manusia. Kemajuan ini dapat terlihat dalam berbagai bidang industri, seperti industri musik misalnya. Selama beberapa tahun terakhir, industri musik telah mengalami perkembangan dari sebuah musik dengan format fisik kemudian beralih menjadi musik dengan format digital. Walaupun hal ini disambut baik dengan masyrakat, tetapi kemajuan ini menjadi sebuah ancaman bagi industri musik format fisik yang perlahan-lahan mulai ditinggalkan.

    Paragraf 4:

    Kemudahan dalam berbagai akses teknologi begitu banyak memberikan manfaat untuk aktivitas sehari-hari di dalam masyarakat. Adapun, kehadiran musik dalam format digital menjadi suatu kabar baik bagi para penikmat musik dunia yang membuat musik dapat didengarkan tidak hanya dengan format fisik namun dapat pula dinikmati dengan format digital, diunduh atau bahkan dengarkan langsung misalnya. Kemajuan ini tidaklah terbatas untuk kelompok umur tertentu tetapi dapat pula diakses dan dinikmati oleh siapapun. Tidaklah tepat apabila dikatakan hanya kelompok muda yang menikmati kemajuan musik ini.

    Musik dalam format digital tidak hanya akan diakses oleh seseorang yang masih tergolong muda, tetapi dapat pula diakses oleh orang-orang dewasa bahkan yang sudah lanjut usia sekalipun. Mungkin di dalam kehidupan sehari-hari, hanyalah kawula muda yang sering terlihat menghabiskan waktu dengan berbagai macam teknologi, sehingga penulis berasumsi bahwa kemajuan teknologi musik pun hanya dinikmati oleh kawula muda. Namun dalam kenyataannnya, orang-orang dewasa juga merupakan masyarakat yang ‘melek’ teknologi, yang membuktikan bahwa para orang dewasa juga mengerti dan memahami cara untuk mengunduh dan mendengarkan musik lewat internet.


    Nama : Felia Triesya Arthari
    Kelas : XII MIPA 8
    No. Absen: 13

    BalasHapus
  50. Paragraf 5:
    Penjualan musik dalam format digital mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini tidak terlepas dengan peran masyarakat global yang memanfaatkan teknologi tersebut. Namun, tidaklah tepat apabila dikatakan peningkatan ini disebabkan oleh mereka yang mayoritas berusia 16 hingga 24 tahun. Hal ini dikarenakan usia tidak akan ditanyakan ketika seseorang akan mengunduh maupun mendengarkan musik secara langsung lewat internet. Oleh sebab itu, pernyataan yang mengungkapkan bahwa peningkatan ini disebabkan oleh mereka yang berumur 16-24 tahun tidaklah benar. Untuk setiap lagu yang diunduh, ada banyak kemungkinan usia untuk seseorang yang mengunduhnya.

    Di dalam teks juga dikatakan bahwa penelitian dilakukan selama periode 2012-2015. Apabila seseorang telah berumur 24 tahun di tahun 2012 maka ia sudah berumur 27 tahun ketika tahun 2015. Tidak berarti seseorang yang berumur 27 tahun tersebut akan berhenti mendengarkan musik dalam format digital. Ataupun, seseorang yang memasuki usia 16 tahun pada tahun 2015 tidak berarti bahwa ia kemudian menjadi aktif dalam mengunduh dan mendengarkan musik dalam format digital. Hal ini membuktikan bahwa bukan hanya mereka yang berusia 16 hingga 24 tahun mendengarkan musik dalam format digital.


    Paragraf 6:
    Industri musik digital semakin populer seiring dengan berjalannya waktu.Semakin mudahnya dalam mengakses internet juga menjadi faktor pendukung semakin melonjaknya peminat industri musik digital. Bahkan, industri musik digital sudah menguasai hampir setengah dari pendapatan industri musik secara global, dan telah berhasil menyaingi industri musik fisik. Tidak dapat dipungkiri bahwa peningkatan ini membawa keuntungan yang cukup besar bagi industri musik digital dan akan semakin bertambah seiring dengan perkembangan zaman. Hal tersebut membuktikan bahwa industri musik digital membawa menunjukkan prospek yang cerah untuk kedepannya.

    Sebelum hadirnya industri musik digital, industri musik fisik pernah mengalami kejayaan pada era 90-an. Bahkan dikatakan bahwa masa itu adalah masa keemasan untuk industri musik fisik. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa industri fisik harus mengalami kemerosotan angka penjualan dan hampir hilang akibat kalah bersaing dengan industri musik digital. Untuk beberapa tahun kedepan industri musik digital akan menunjukkan prospek yang cerah dengan pendapatan yang kian melonjak, tetapi juga tidak menutup kemungkinan bahwa nantinya akan ada inovasi baru dalam industri musik yang kemudian membawa keadaan industri musik digital menjadi keadaan yang sama dengan industri musik dengan format fisik sekarang. Oleh sebab itu, tidak dapat dipastikan dengan pasti bahwa prospek yang cerah untuk musik digital akan bertahan dalam jangka waktu yang lama.

    Penutup:
    Perkembangan industri musik digital sejalan dengan perkembangan teknologi dimana hal ini merupakan hal yang tidak dapat dihindar. Meningkatnya konsumsi masyarakat untuk industri musik format digital tidaklah lepas dari peran masyarakat global. Kemudahan dalam akses internet yang dapat digunakan oleh segala usia juga menjadi factor pendukung meningkatnya penjualan musik dalam format digital. Tidak mengherankan untuk beberapa tahun ke depan, industri musik digital dianggap menunjukkan prospek yang cerah dengan keuntungan yang menjanjikan.

    Nama : Felia Triesya Arthari
    Kelas : XII MIPA 8
    No. Absen: 13

    BalasHapus
  51. I. RESTRUKTURISASI
    1.1 Premis Mayor:
    Semua hasil perkembangan teknologi gawai dan telekomunikasi memanjakan konsumen.
    (A) (B)
    Premis Minor
    Aplikasi streaming musik dan mengunduh musik merupakan hasil
    (C)
    perkembangan teknologi gawai dan telekomunikasi.
    (A)

    Kesimpulan : Aplikasi streaming musik dan mengunduh musik memanjakan konsumen
    (C) (B

    1.2 Premis Mayor:
    Semua yang termasuk dalam aplikasi layanan berbayar memberikan
    (A)
    kepuasan dan kenikmatan tersendiri dalam menikmati musik.
    (B)

    Premis Minor:
    Aplikasi iTunes dari Apple termasuk dalam aplikasi layanan berbayar.
    (C) (A)
    Kesimpulan :
    Aplikasi iTunes dari Apple memberikan kepuasan dan kenikmatan tersendiri dalam
    (C) (B)
    menikmati musik.


    1.3 Premis Mayor :
    Semua bentuk penyimpanan musik seperti CD atau DVD akan tergilas oleh industri
    (A) (B)
    musik dalam format digital.

    Premis Minor :

    Industri musik yang mengandalkan bentuk rekaman fisik terwujud
    (C)
    dalam penggunaan CD sebagai tempat penyimpanan musiknya.
    (A)

    Kesimpulan :
    Industri musik yang mengandalkan bentuk rekaman fisik akan tergilas oleh industri
    (C)
    musik dalam format digital.
    (B)

    Nama : Cindy Susanto
    Kelas : XII MIPA 8
    NOmor Absen : 7

    BalasHapus
  52. II. TANGGAPAN – SANGGAHAN – PENOLAKAN PENDAPAT
    Waktu silih berganti, perkembangan teknologi semakin lama semakin maju. Terciptalah berbagai macam aplikasi baru khususnya pada bidang musik. Semakin lama, angka pendengar dan pecinta musik semakin meningkat. Namun, dibalik semua ini, ada berbagai efek samping yang tidak bisa kita lihat dengan mata. Industri musik lama kelamaan akan semakin redup seiring berjalan waktu akibat kalah terkenal dengan musik digital. Zaman telah berubah, tetapi kebiasaan hidup tidak berubah terlalu pesat seperti teknologi. Setiap orang memiliki selera musik yang berbeda. Apakah kita harus mengubah selera musik kita mengikuti zaman atau orang lain? Tentu saja tidak.


    Wacana 2, Paragraf

    7. Kemajuan tekonologi semakin lama semakin terasa. Hal ini ditunjukkan dengan munculnya berbagai macam aplikasi baru yang dapat menarik perhatian para masyarakat khususnya para remaja di bidang musik. Angka pendengar dan pecinta musik sebagian besar adalah para remaja yang mempunyai selera musik yang berbeda-beda. Aplikasi yang berbasis internet semakin merajalela seperti Youtube dan Soundcloud. Berbagai macam genre musik setiap hari diunggah maupun diunduh di darin tersebut. Kemajuan ini bisa dianggap sebagai kemajuan yang menguntungkan bagi pihak yang menggunggah karena dapat meningkatkan potensi penyanyi dan bagi pihak yang mengunduh dapat mempermudah seseorang untuk mengikuti perkembangan musik pada saat ini.
    Era globalisasi semakin meningkatkan kemajuan teknologi. Aplikasi gratis Youtube yang menyajikan berbagai tayangan termasuk musik dalam bentuk format video memberikan pengaruh yang besar bagi kehidupan maya. Begitu pula dengan Soundcloud yang menyediakan koleksi musik yang terbaru maupun lagu-lagu lama dalam bentuk audio.
    Jutaan video dan musik diunggah dan ditonton di Youtube. Orang-orang tidak merasa dimanjakan dengan kemudahan teknologi ini karena perkembangan zaman ini. Semu yang berbasis pada internet memberikan pengeluaran yang besar bagi penikmat musik dan tidak semua orang dapat mengeluarkan uang dengan begitu mudahnya hanya untuk menikmat musik yang terbaru ini.
    Dalam ekspetasi, kemudahan sangat mudah didapat, namun pada realitanya kemudahan sangat sulit untuk kita dapatkan. Untuk sesaat, aplikasi bisa dapat memanjakan mata kita ini, tetapi untuk seterusnya kita tidak bakal tahu apa yang dapat memanjakan mata kita. Hampir semua aplikasi berbasis internet, dan harga yang kita keluarkan harus sebanding dengan fasilitas internet yang baik. Tidak semua orang akan mengeluarkan uang untuk membeli paket internet yang harganya cukup mahal untuk mendengarkan dan menonton video maupun lagu terbaru.

    Nama : Cindy Susanto
    Kelas : XII MIPA 8
    Nomor Absen : 7

    BalasHapus
  53. 8. Semua orang memiliki persepsi yang berbeda-beda tentang Apple,Inc. Produk dari perusahaan Apple, Inc ini sangat mahal untuk dimilikki. Sebagian besar aplikasi yang dikeluarkan dari produk ini adalah aplikasi yang berbayar. Untuk pecinta musik dan menggunakan produk keluaran Apple ini janganlah terkejut karena semua lagunya berbayar dalam aplikasi iTunes ini. Tentu saja kita membutuhkan berbagai aplikasi di gadget yang ktia miliki, kita tidak bisa dengan bebas memasukkan aplikasi yang kita inginkan, terlebih untuk pecinta musik.
    Aplikasi berbayar pasti memiliki keunggulan tersendiri dari segi kualitas. Tidak semua orang mau membayar untuk memiliki aplikasi ayng diinginkan. Mungkin untuk orang yang benar-benar mencintai musik bisa saja mau membayar untuk mendapatkan lagu yang ia ingingkan. Sedangkan, orang awam hanya bisa mendengarkan musik untuk mengikuti perkembangannya saja, yang mendengarkan musik disaat mengisi waktu jenuh atau disaat mood sdang jelek. Mendengarkan musik adalah impian semua orang karena kemudahannya. Tanpa kita sadari, kemudahan itu sebenarnya mengarah pada kesusahan dan kerepotan. Kita harus meng-update terus menerus agar perkembangan musik dan aplikasi tetap baik. Tidak semua orang tidak menginginkan hal itu.


    9. Industri musik di Tanah Air pernah mengalami masa keemasan pada era 1900-an. Pada dasarnya musik yang berbentuk fisik seperti CD, DVD, VCD lebih mudah untuk dijual. Industri musik di tanah air ini pernah mengalami puncak penjualan album musik mencapai 77,5 juta kopi. Jika dibandingkan dengan sekarang, terjadi penurunan dalam penjualan album musik dikarenakan adanya musik digital ini. Lama kelamaan, industri musik ini terus merosot.
    Lama kelamaan, pasar kaset terutama musik terus merosot, akibat bergesernya cara dan gaya hidup konsumen. Faktor lain yang mempercepat lumouhnya industri musik ini ialah kemudahan teknologi yang mendorong maraknya pembajakan dan penyebaran musik secara non-illegal dengan lebih mudah. Masyarakat semakin mudah menggandakan musik ke bentuk digital untuk dibagikan secara gratis dan bebas ke internet dan berbagai aplikasi. Hal inilah yang menyebabkan industri musik dalam bentuk digital lebih berkembang. Kita tidak bisa menolak sebagai konsumen karena kita mengikuti perkembangan zaman, semua yang digital lebih menguntungkan dan dianggap lebih baik dari yang lainnya. Meskipun terdapat sisi negatifnya, jika ada sisi positifnya masyarakat akan senang dan tidak akan melihat sisi negatifnya

    Kita harus pandai dalam mengikuti perkembangan zaman ini, apabila kita mempunyai prioritas utama, lakukanlah prioritas utama tersebut janganlah kita lakukan untuk prioritas yang lain. Perkembangan digital dapat kita terima dengan baik, tetapi harus diseimbangi dengan keselaran antara digital dan cara lama. Lebih baik kita bertahan dan beradaptasi saat ini, dibandingkan hanya untuk memanjakan mata kita ini.

    Nama : Cindy Susanto
    Kelas : XII MIPA 8
    Nomor Absen : 7

    BalasHapus
  54. Wacana I: Paragraf 4, 5 dan 6

    I. RESTRUKTURISASI

    1.1 Paragraf 4
    PM: Semua kopi yang berasal dari tanah Tapanuli Utara, Sumatera Barat memiliki elemen rasa rempah dan herbal yang kuat.
    Term A: Semua kopi yang berasal dari tanah Tapanuli Utara, Sumatera Barat.
    Term B: Memiliki elemen rasa rempah dan herbal yang kuat.

    Pm: Kopi Siborongborong berasal dari tanah Tapanuli Utara, Sumatera Barat.
    Term C: Kopi Siborongborong.
    Term A: Berasal dari tanah Tapanuli Utara, Sumatera Barat.

    K: Kopi Siborongborong memiliki elemen rasa rempah dan herbal yang kuat.
    Term C: Kopi Siborongborong.
    Term B: Memiliki elemen rasa rempah dan herbal yang kuat.

    1.2 Paragraf 5
    PM: Semua penikmat kopi dan pendiri Melcoshhanya akan menghidangkan kopi yang sudah lulus uji cecapnya.
    Term A: Semua penikmat kopi dan pendiri Melcosh.
    Term B: Hanya akan menghidangkan kopi yang sudah lulus uji cecapnya.

    Pm: Y. Deni Sulistiwawan Pr. merupakan penikmat kopi dan pendiri Melcosh.
    Term C: Y. Deni Sulistiwawan Pr.
    Term A: Merupakan penikmat kopi dan pendiri Melcosh.

    K: Y. Deni Sulistiwawan Pr. hanya akan menghidangkan kopi yang sudah lulus uji cecapnya.
    Term C: Y. Deni Sulistiwawan Pr.
    Term B: Hanya akan menghidangkan kopi yang sudah lulus uji cecapnya.

    1.3 Paragraf 6
    PM: Semua kopi yang mengalami penggarangan tidak merata akan mengalami proses roasting ulang.
    Term A: Semua kopi yang mengalami penggarangan tidak merata.
    Term B: Akan mengalami proses roasting ulang.

    Pm: Kopi yang mengalami penggarangan tidak merata merupakan kopi yang terlalu medium dark.
    Term C:Kopi yang mengalami penggarangan tidak merata.
    Term A: Merupakan kopi yang terlalu medium dark.

    K: Kopi yang mengalami penggarangan tidak merata akan mengalami proses roasting ulang.
    Term C:Kopi yang mengalami penggarangan tidak merata.
    Term B: Akan mengalami proses roasting ulang.

    Nama: Meiliza Ayu Qamarani
    Kelas: XII MIPA 8
    No. Absen: 25

    BalasHapus
  55. Wacana I: Paragraf 4, 5 dan 6

    I. RESTRUKTURISASI

    1.1 Paragraf 4
    PM: Semua kopi yang berasal dari tanah Tapanuli Utara, Sumatera Barat memiliki elemen rasa rempah dan herbal yang kuat.
    Term A: Semua kopi yang berasal dari tanah Tapanuli Utara, Sumatera Barat.
    Term B: Memiliki elemen rasa rempah dan herbal yang kuat.

    Pm: Kopi Siborongborong berasal dari tanah Tapanuli Utara, Sumatera Barat.
    Term C: Kopi Siborongborong.
    Term A: Berasal dari tanah Tapanuli Utara, Sumatera Barat.

    K: Kopi Siborongborong memiliki elemen rasa rempah dan herbal yang kuat.
    Term C: Kopi Siborongborong.
    Term B: Memiliki elemen rasa rempah dan herbal yang kuat.

    Nama: Meiliza Ayu Qamarani
    Kelas: XII MIPA 8
    No. Absen: 25

    BalasHapus
  56. Wacana I: Paragraf 4, 5 dan 6

    I. RESTRUKTURISASI

    1.1 Paragraf 4
    PM: Semua kopi yang berasal dari tanah Tapanuli Utara, Sumatera Barat memiliki elemen rasa rempah dan herbal yang kuat.
    Term A: Semua kopi yang berasal dari tanah Tapanuli Utara, Sumatera Barat.
    Term B: Memiliki elemen rasa rempah dan herbal yang kuat.

    Pm: Kopi Siborongborong berasal dari tanah Tapanuli Utara, Sumatera Barat.
    Term C: Kopi Siborongborong.
    Term A: Berasal dari tanah Tapanuli Utara, Sumatera Barat.

    K: Kopi Siborongborong memiliki elemen rasa rempah dan herbal yang kuat.
    Term C: Kopi Siborongborong.
    Term B: Memiliki elemen rasa rempah dan herbal yang kuat.

    Nama: Meiliza Ayu Qamarani
    Kelas: XII MIPA 8
    No. Absen: 25

    BalasHapus
  57. 1.2 Paragraf 5
    PM: Semua penikmat kopi dan pendiri Melcoshhanya akan menghidangkan kopi yang sudah lulus uji cecapnya.
    Term A: Semua penikmat kopi dan pendiri Melcosh.
    Term B: Hanya akan menghidangkan kopi yang sudah lulus uji cecapnya.

    Pm: Y. Deni Sulistiwawan Pr. merupakan penikmat kopi dan pendiri Melcosh.
    Term C: Y. Deni Sulistiwawan Pr.
    Term A: Merupakan penikmat kopi dan pendiri Melcosh.

    K: Y. Deni Sulistiwawan Pr. hanya akan menghidangkan kopi yang sudah lulus uji cecapnya.
    Term C: Y. Deni Sulistiwawan Pr.
    Term B: Hanya akan menghidangkan kopi yang sudah lulus uji cecapnya.

    Nama: Meiliza Ayu Qamarani
    Kelas: XII MIPA 8
    No. Absen: 25

    BalasHapus
  58. 1.3 Paragraf 6
    PM: Semua kopi yang mengalami penggarangan tidak merata akan mengalami proses roasting ulang.
    Term A: Semua kopi yang mengalami penggarangan tidak merata.
    Term B: Akan mengalami proses roasting ulang.

    Pm: Kopi yang mengalami penggarangan tidak merata merupakan kopi yang terlalu medium dark.
    Term C:Kopi yang mengalami penggarangan tidak merata.
    Term A: Merupakan kopi yang terlalu medium dark.

    K: Kopi yang mengalami penggarangan tidak merata akan mengalami proses roasting ulang.
    Term C:Kopi yang mengalami penggarangan tidak merata.
    Term B: Akan mengalami proses roasting ulang.

    Nama: Meiliza Ayu Qamarani
    Kelas: XII MIPA 8
    No. Absen: 25

    BalasHapus
  59. II. TANGGAPAN-SANGGAHAN-PENOLAKAN PENDAPAT

    2.1. Pembuka

    Kopi yang baik akan selalu menemukan penikmatnya walau sesempurna apapun kopi yang dibuat, kopi ya tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin bisa disembunyikan.Cita rasa kopi yang begitu nikmat membuat orang jatuh hati pada seruputan pertama. Aromayang begitu khas membuat siapapun ingin merasakan kenikmatan kopi. Lalu jenis kopi apa yang biasanya kamu pesan saat nongkrong di coffee shop? Espresso, Americano, cappuccino atau café latte? Minuman-minuman ini begitu familiar di telinga dan sudah dinikmati kebanyakan pecinta kopi di Indonesia. Tapi tahukah kamu kalau masih ada jenis kopi yang mungkin bisa menjadi pilihan saat kamu ke kedai kopi? Ialah kopi Siborongborong yang berasal dari tanah Tapanuli Utara, Sumatera Barat, dengan elemen rasa rempah, herbal yang kuat.

    Nama: Meiliza Ayu Qamarani
    Kelas: XII MIPA 8
    No. Absen: 25

    BalasHapus
  60. Memang tidak banyak orang yang mengetahui jenis kopi ini, namun bagi pecinta kopi sejati sudah tidak diragukan lagi kalau cita rasa kopi Siborongborong mempunyai tempat tersendiri di hati mereka. Adalah Kedai Kopi Melcosh yang terletak di Jalan Kaliurang, Kilometer 23, Sleman, DI Yogyakarta yang menyediakan menu kopi Siborongborong. Kedai kopi ini memiliki arsitektur yang cukup unik. Dirancang semioutdoor serta atap yang di desain menggunakan kerangka bambu, dengan penutup berbahan elastis. Lengkung-lengkung atap dan tiang membentuk rongga-rongga mirip bunga terompet yang meredam panas di kala siang.

    Nama: Meiliza Ayu Qamarani
    Kelas: XII MIPA 8
    No. Absen: 25

    BalasHapus
  61. 2.2. Isi Paragraf

    2.2.1. Isi Paragraf 4
    Saya kurang setuju dengan pernyataan pada wacanayang menyatakan bahwa Tapanuli Utara berada di Sumatera Barat. Berdasarkan letak geografisnya, Tapanuli Utara merupakan Kabupaten yang berada di Provinsi Sumatera Utara dengan ibukota Tarutung. Jadi,wacana tersebut telah memberikan informasi yang salah dengan menyebutkan bahwa Tapanuli Utara berada di Sumatera Barat. Kemudian, penggunaan kata “tandas” sebaiknya diganti dengan kata hilang. Karena kata tandas merupakan kata yang asing sehingga dapat menimbulkan salah persepsibagi beberapa orang. Disisi lain, orangdapat salah mengartikan yang seharusnya tandas memiliki artihilang atau habis menjadi suatu nomina yang berarti jamban atau kakus.Selain itu, terdapat kesalahan dalam penggunaan tanda baca pada wacana. Seharusnya penggunaan tanda baca koma pada pernyataan “dengan elemen rasa rempah, herbal yang kuat.” diganti dengan konjungsi. Konjungsi yang tepat untuk menggantikan tanda baca koma pada kalimat tersebut adalah dan. Penggunaan tanda baca koma pada kalimat tersebut dapat menimbulkan kebingungan dari pembaca.

    Nama: Meiliza Ayu Qamarani
    Kelas: XII MIPA 8
    No. Absen: 25

    BalasHapus
  62. 2.2.2. Isi Paragraf 5
    Saya kurang setuju dengan pernyataan pada wacana yang menyatakan bahwa “Semua kopi diracik sejak dalam bentuk biji, kemudian digiling sesaat sebelum diseduh. Jadi dijamin, kopi sampai ke meja dalam rasa dan aroma primanya.” Tidak semua kopi bisa diracik sejak dalam bentuk biji, kopi baru bisa diracik setelah dalam bentuk bubuk kopi. Kalimat tersebut bisa menjadi benar apabila kata diracik diubah menjadi diolah. Selain itu, pada kenyataannya tidak semua kopi yang diracik dalam bentuk biji kemudian digiling sesaat sebelum diseduh dapat menjamin kopi sampai ke meja dalam rasa dan aroma prima. Ada banyak faktor baik internal maupun eksternal yang ikut berperan dalam menentukan kualitas kopi, mulai dari jenis kopi, proses pemetikan dan proses pengolahan kopi itu sendiri. Kemudian saya juga tidak setuju dengan pernyataan yang menyatakan bahwa “Ia hanya menghidangkan kopi yang sudah lulus dari uji cecapnya. Jika ia mendapati rasa kopi yang kurang pas menurut indera pencecapnya, ia tidak akan menghidangkan kepada tamu. Jika mendapat kopi di bawah standar alias jelek, Deni akan komplain kepada pihak penggarang biji kopi (roastery).” Kalimat tersebut seolah-olah menyatakan bahwa kualitas kopi hanya bergantung pada uji cecap Deni, dan mengungkapkan bahwa semua kopi yang lulus uji cecapnya adalah kopi yang berkualitas baik, sedangkan kopi yang tidak lulus uji cecapnya merupakan kualitas kopi yang berkualitasjelek. Pengujian kopi seperti ini tidak dapat dijadikan menjadi sebuah patokan untuk menentukan apakah kualitas kopi baik atau jelek. Tidak ada angka pasti yang dapat menunjukkan standar kualitas kopi. Karena pada dasarnya kenikmatan kopi berdasar pada selera. Selain itu terdapat penggunaan kata yang tidak baku pada wacana tersebut. Kata pencecap seharusnya diganti dengan kata pengecap yang berasal dari kata “cecap” dengan arti alat perasa.

    Nama: Meiliza Ayu Qamarani
    Kelas: XII MIPA 8
    No. Absen: 25

    BalasHapus
  63. 2.2.3. Isi Paragraf 6
    Saya kurang setuju dengan pernyataan pada wacana yang menyatakan bahwa“Kadang kami blend (campur) dengan kopi lain sehingga bitter (rasa pahit kopi), acid (keasaman) fruity-nya sebanding.”.Dalam pernyataan tersebut ditemukan penggunaan kata asing. Kata asing pada wacana seharusnya dicetak miring atau diberi garis bawah. Selain itu, terdapat penggunaan kata asing yang tidak sesuai yaitu kata fruity, jika diartikan dalam bahasa Indonesia, fruity berarti buah, sehingga ketika kalimat tersebut dibaca, akan menimbulkankebingungan. Karena dalam paragraf tersebut sama sekali tidak membahas tentang buah melainkan tentang biji kopi. Kemudian, hal lain yang menggangu adalah kata penggarangan yang tidak merata dengan kata medium dark. Kata medium dark artinya agak gelap atau gelap menengah. Jadi, tidak ada keterkaitan di antara keduanya. Kopi yang mengalami penggarangan tidak merata, seharusnya akan berwarna tidak terlalu hitam, maka kata yang seharusnya digunakan adalah kata light dark yang berarti tidak terlalu gelap, dimana bagian biji kopi yang tidak mengalami penggarangan yang tidak sempurna memiliki warna yang tidak terlalu gelap.

    Nama: Meiliza Ayu Qamarani
    Kelas: XII MIPA 8
    No. Absen: 25

    BalasHapus
  64. 2.3. Penutup
    Memang sudah tidak diragukan lagi bahwa kopi merupakan primadona bagi penikmatnya. Tidak hanya di Indonesia bahkan hampir seluruh dunia mengakui akan kenikmatan kopi. Cita rasa kopi yang begitu nikmat membuat orang jatuh hati pada seruputan pertama. Aroma yang begitu khas membuat siapapun ingin merasakan kenikmatan kopi. Ada berbagai varian kopi yang dapat dinikmati, dan tentunyadengan cita rasayang berbeda, karena setiap kopi memiliki filosofinya masing-masing.

    Nama: Meiliza Ayu Qamarani
    Kelas: XII MIPA 8
    No. Absen: 25

    BalasHapus
  65. Nama : Laurensia Virginia W
    Kelas : XII MIPA 8
    Absen : 19
    Wacana 2 (Paragraf 1 sampai paragraf 3)
    I. Restrukturisasi Silogisme
    1.1 Paragraf 1
    Toko musik Disc Tarra yang berada di salah satu mal terkenal di Jakarta Selatan melakukan ”cuci gudang” dengan diskon hingga 70 persen untuk produk kaset, CD, dan DVD. Beberapa pengunjung pada Kamis (24/12/2015) tampak melihat-lihat cakram musik di jajaran rak yang isinya mulai kosong di toko tersebut. Toko musik yang pernah berjaya pada era 1990-an itu dikabarkan akan menutup sebagian besar gerainya.
    A : Toko musik yang pernah berjaya pada era 90-an
    B : Akan menutup sebagian gerainya
    C : Toko musik Disc Tarra
    PM : Toko musik yang pernah berjaya pada era 90-an akan menutup sebagian
    gerainya.
    Pm : Toko musik Disc Tarra adalah tokoh musik yang pernah berjaya pada era 90-
    an.
    Kesimpulan : Toko musik Disc Tarra akan menutup sebagian besar gerainya.
    1.2 Paragraf 2
    Kondisi toko musik Disc Tarra seolah menjadi penanda jejak industri musik konvensional yang pernah mengalami masa kejayaan. Sebelum Disc Tarra, salah satu pengecer musik legendaris, Aquarius Mahakam, sudah terlebih dahulu gulung tikar pada akhir 2013. Situasi ini mengilustrasikan redupnya industri musik yang dulu mengandalkan penjualan kepingan kaset atau CD.
    A : Induksi musik konvensional
    B : Kehilangan masa kejayaannya.
    C : Toko musik Disc Tarra
    PM : Induksi musik konvensional mulai kehilangan masa kejayaanya.
    Pm : Toko musik Disc Tarra menggambarkan industri musik konvensional.
    Kesimpulan : Toko musik Disc Tarra kehilangan masa kejayaannya.
    1.3 Paragraf 3
    Perkembangan teknologi digital telah mengubah gaya hidup generasi muda, termasuk dalam cara dan kebiasaan mengonsumsi musik. Kondisi itu juga tergambar dari hasil jajak pendapat Kompas yang diselenggarakan Agustus 2015. Hanya 1 persen dari 734 responden yang berhasil terjaring dalam jajak pendapat ini yang mengaku masih mendengarkan musik lewat perangkat pemutar kaset atau CD.
    A : Banyak kalangan pendengar musik
    B : Mengubah gaya hidup karena perkembangan teknologi digital.
    C : Generasi muda
    PM : Banyak kalangan pendengar musik mengubah gaya hidup karena
    perkembangan teknologi digita.
    Pm : Generasi muda merupakan sebagian dari kalangan pendengar musik.
    Kesimpulan : Generasi muda telah megubah gaya hidup karena perkembangan teknologi
    digital.

    BalasHapus
  66. II. Tanggapan- Sanggahan- Penolakan
    Tak ada diantara kita yang tidak kenal dengan yang namanya seni. Beragam seni yang ada adalah seni tari, seni musik, dan lain sebagainya. Salah satu yang akan menjadi pokok pembahsan kita pada saat ini adalah seni musik. Semua orang mengenal yang namanya musik. Orang menyukai musik dengan beragam genre, mulai dari jazz, klasik, rock, dsb. Semua lagu itu telah ada diberbagai zaman. Salah satu zaman musik yang sangat terkenal dan masih diingat oleh masyarakat di Indonesia adalah musik era 90-an.
    Paragraf 1
    Cuci gudang merupakan salah satu trik untuk menarik konsumen, tidak berarti cuci gudang merupakan tanda bahwa sebuah usaha akan bangkrut. Adaapun cuci gudang dilakukan apabila ada hari besar tertentu, seperti tahun baru Cina ataupun perayaan natal dan tahun baru. Cuci gudang juga bisa dilakukan untuk mejual barang-barang yang sebelumnya tidak terjual. Maka dari itu apa yang dilakukan toko musik Disc Tarra tidak berarti mereka sedang mengalami kebangkrutan.
    Dalam teks disebutkan juga bahwa masih ada konsumen yang tertarik dengan CD musik era 90-an. Hal ini menunjukkan bahwa masih ada peminat konsumen untuk mendengar musik era 90-an. Sehingga kalimat kedua dan kalimat ketiga pada paragraf satu yang berbunyi “Beberapa pengunjung pada Kamis (24/12/2015) tampak melihat-lihat cakram musik di jajaran rak yang isinya mulai kosong di toko tersebut. Toko musik yang pernah berjaya pada era 1990-an itu dikabarkan akan menutup sebagian besar gerainya.” tidak benar, karena masih ada konsumen yang datang ke toko itu untuk membeli CD musik era 90-an dan tidak dapat dikatakan jika toko itu akan ditutup.
    Paragraf 2
    CD atau Compact Disc adalah cakram optik digital yang digunakan untuk menyimpan data. Sejak diperkenalkan dengan resmi pada tahun 1982. Pada era 90-an CD banyak digunakan untuk menyimpan lagu dan video, sehingga CD di era 90-an banyak dicari oleh pendegar musik era 90-an. CD memiliki kelemahan yakni pada kualitas suara yang dihasilkan. Kualitas suara yang dihasilkan dari CD tidak sebagus suara yang dihasilkan pita kaset (Compact Casette).
    Pada paragraf kedua penulis mengatakan, “pengecer musik legendaris sudah terlebih dahulu menggulung tikar”. Saya tidak setuju dengan penulis, karena penulis seolah-olah mengatakan bahwa penjual kaset sudah tidak memiliki banyak peminat lagi. Hal ini juga dapat memberi cap atau labelling pada masyarakat bahwa penjual kaset akan menutup toko pada akhirnya. Pemilihan kata yang tidak tepat ini tentunya dapat meredupkan semangat penjual kaset. Seharusnya penulis dapat lebih memilah penggunaan kata.
    Paragraf 3
    Perkembangan teknologi digital memang sudah berkembang dengan sangat pesat. Sehingga semua yang ingin kita dapatkan, seperti musik, film, video, dsb. Kita bisa mendapatkannya dengan mudah. Berbagai sumber di internet sudah menyediakan untuk kita mendownload apa yang kita inginkan sehingga CD musik yang dijual di toko-toko musik mengalami penurunan pendapatan.
    Saya tidak setuju dengan paragraf ini karena dalam kalimat kedua dan kalimat ketiga paragraf ini dikatakan “Kondisi itu juga tergambar dari hasil jajak pendapat Kompas yang diselenggarakan Agustus 2015. Hanya 1 persen dari 734 responden yang berhasil terjaring dalam jajak pendapat ini yang mengaku masih mendengarkan musik lewat perangkat pemutar kaset atau CD.” Padahal hal ini hanya tergambar dari responden yang merespon pemberian pendapat. Sedangkan kita belum mengetahui apakah orang-orang yang tidak memberikan respon juga berpendapat yang sama.
    Penutup
    Demikianlah tanggapan, sanggahan, dan penolakan pendapat yang dapat saya berikan atas teks yang berjudul “Layar Jajak – Industri Musik Redup oleh Digital”. Semoga tanggapan, sanggahan, dan penolakan pendapat yang saya berikan dapat bermanfaat bagi pembaca semuanya.

    BalasHapus
  67. Nama : Laurensia Virginia W
    Kelas : XII MIPA 8
    Absen : 19
    Wacana 2 (Paragraf 1 sampai paragraf 3)
    I. Restrukturisasi Silogisme
    1.1 Paragraf 1
    Toko musik Disc Tarra yang berada di salah satu mal terkenal di Jakarta Selatan melakukan ”cuci gudang” dengan diskon hingga 70 persen untuk produk kaset, CD, dan DVD. Beberapa pengunjung pada Kamis (24/12/2015) tampak melihat-lihat cakram musik di jajaran rak yang isinya mulai kosong di toko tersebut. Toko musik yang pernah berjaya pada era 1990-an itu dikabarkan akan menutup sebagian besar gerainya.
    A : Toko musik yang pernah berjaya pada era 90-an
    B : Akan menutup sebagian gerainya
    C : Toko musik Disc Tarra
    PM : Toko musik yang pernah berjaya pada era 90-an akan menutup sebagian
    gerainya.
    Pm : Toko musik Disc Tarra adalah tokoh musik yang pernah berjaya pada era 90-
    an.
    Kesimpulan : Toko musik Disc Tarra akan menutup sebagian besar gerainya.
    1.2 Paragraf 2
    Kondisi toko musik Disc Tarra seolah menjadi penanda jejak industri musik konvensional yang pernah mengalami masa kejayaan. Sebelum Disc Tarra, salah satu pengecer musik legendaris, Aquarius Mahakam, sudah terlebih dahulu gulung tikar pada akhir 2013. Situasi ini mengilustrasikan redupnya industri musik yang dulu mengandalkan penjualan kepingan kaset atau CD.
    A : Induksi musik konvensional
    B : Kehilangan masa kejayaannya.
    C : Toko musik Disc Tarra
    PM : Induksi musik konvensional mulai kehilangan masa kejayaanya.
    Pm : Toko musik Disc Tarra menggambarkan industri musik konvensional.
    Kesimpulan : Toko musik Disc Tarra kehilangan masa kejayaannya.
    1.3 Paragraf 3
    Perkembangan teknologi digital telah mengubah gaya hidup generasi muda, termasuk dalam cara dan kebiasaan mengonsumsi musik. Kondisi itu juga tergambar dari hasil jajak pendapat Kompas yang diselenggarakan Agustus 2015. Hanya 1 persen dari 734 responden yang berhasil terjaring dalam jajak pendapat ini yang mengaku masih mendengarkan musik lewat perangkat pemutar kaset atau CD.
    A : Banyak kalangan pendengar musik
    B : Mengubah gaya hidup karena perkembangan teknologi digital.
    C : Generasi muda
    PM : Banyak kalangan pendengar musik mengubah gaya hidup karena
    perkembangan teknologi digita.
    Pm : Generasi muda merupakan sebagian dari kalangan pendengar musik.
    Kesimpulan : Generasi muda telah megubah gaya hidup karena perkembangan teknologi
    digital.

    BalasHapus
  68. Nama : Laurensia Virginia W
    Kelas : XII MIPA 8
    Absen : 19
    II. Tanggapan- Sanggahan- Penolakan
    Tak ada diantara kita yang tidak kenal dengan yang namanya seni. Beragam seni yang ada adalah seni tari, seni musik, dan lain sebagainya. Salah satu yang akan menjadi pokok pembahsan kita pada saat ini adalah seni musik. Semua orang mengenal yang namanya musik. Orang menyukai musik dengan beragam genre, mulai dari jazz, klasik, rock, dsb. Semua lagu itu telah ada diberbagai zaman. Salah satu zaman musik yang sangat terkenal dan masih diingat oleh masyarakat di Indonesia adalah musik era 90-an.
    Paragraf 1
    Cuci gudang merupakan salah satu trik untuk menarik konsumen, tidak berarti cuci gudang merupakan tanda bahwa sebuah usaha akan bangkrut. Adaapun cuci gudang dilakukan apabila ada hari besar tertentu, seperti tahun baru Cina ataupun perayaan natal dan tahun baru. Cuci gudang juga bisa dilakukan untuk mejual barang-barang yang sebelumnya tidak terjual. Maka dari itu apa yang dilakukan toko musik Disc Tarra tidak berarti mereka sedang mengalami kebangkrutan.
    Dalam teks disebutkan juga bahwa masih ada konsumen yang tertarik dengan CD musik era 90-an. Hal ini menunjukkan bahwa masih ada peminat konsumen untuk mendengar musik era 90-an. Sehingga kalimat kedua dan kalimat ketiga pada paragraf satu yang berbunyi “Beberapa pengunjung pada Kamis (24/12/2015) tampak melihat-lihat cakram musik di jajaran rak yang isinya mulai kosong di toko tersebut. Toko musik yang pernah berjaya pada era 1990-an itu dikabarkan akan menutup sebagian besar gerainya.” tidak benar, karena masih ada konsumen yang datang ke toko itu untuk membeli CD musik era 90-an dan tidak dapat dikatakan jika toko itu akan ditutup.
    Paragraf 2
    CD atau Compact Disc adalah cakram optik digital yang digunakan untuk menyimpan data. Sejak diperkenalkan dengan resmi pada tahun 1982. Pada era 90-an CD banyak digunakan untuk menyimpan lagu dan video, sehingga CD di era 90-an banyak dicari oleh pendegar musik era 90-an. CD memiliki kelemahan yakni pada kualitas suara yang dihasilkan. Kualitas suara yang dihasilkan dari CD tidak sebagus suara yang dihasilkan pita kaset (Compact Casette).
    Pada paragraf kedua penulis mengatakan, “pengecer musik legendaris sudah terlebih dahulu menggulung tikar”. Saya tidak setuju dengan penulis, karena penulis seolah-olah mengatakan bahwa penjual kaset sudah tidak memiliki banyak peminat lagi. Hal ini juga dapat memberi cap atau labelling pada masyarakat bahwa penjual kaset akan menutup toko pada akhirnya. Pemilihan kata yang tidak tepat ini tentunya dapat meredupkan semangat penjual kaset. Seharusnya penulis dapat lebih memilah penggunaan kata.
    Paragraf 3
    Perkembangan teknologi digital memang sudah berkembang dengan sangat pesat. Sehingga semua yang ingin kita dapatkan, seperti musik, film, video, dsb. Kita bisa mendapatkannya dengan mudah. Berbagai sumber di internet sudah menyediakan untuk kita mendownload apa yang kita inginkan sehingga CD musik yang dijual di toko-toko musik mengalami penurunan pendapatan.
    Saya tidak setuju dengan paragraf ini karena dalam kalimat kedua dan kalimat ketiga paragraf ini dikatakan “Kondisi itu juga tergambar dari hasil jajak pendapat Kompas yang diselenggarakan Agustus 2015. Hanya 1 persen dari 734 responden yang berhasil terjaring dalam jajak pendapat ini yang mengaku masih mendengarkan musik lewat perangkat pemutar kaset atau CD.” Padahal hal ini hanya tergambar dari responden yang merespon pemberian pendapat. Sedangkan kita belum mengetahui apakah orang-orang yang tidak memberikan respon juga berpendapat yang sama.
    Penutup
    Demikianlah tanggapan, sanggahan, dan penolakan pendapat yang dapat saya berikan atas teks yang berjudul “Layar Jajak – Industri Musik Redup oleh Digital”. Semoga tanggapan, sanggahan, dan penolakan pendapat yang saya berikan dapat bermanfaat bagi pembaca semuanya.

    BalasHapus
  69. Theodora Viani, XII MIPA 8 / 31

    I. RESTRUKTURISASI

    1.1 Wacana pertama, paragraf pertama

    PM : Kedai yang menyediakan jajanan rakyat di lereng Merapi adalah tempat mengasyikkan untuk menikmati kopi.

    Pm : Melcosh adalah kedai yang menyediakan jajanan rakyat di lereng Merapi.

    K : Melcosh adalah tempat mengasyikkan untuk menikmati kopi.

    1.2 Wacana pertama, paragraf kedua

    PM : Tempat yang menggunakan atap dengan kerangka bambu serta dengan penutup berbahan elastis adalah salah satu desain dari arsitek Andreas Hartono dan Aryanto Sujarwo.

    Pm : Melcosh adalah tempat yang menggunakan atap dengan kerangka bambu serta dengan penutup berbahan elastis.

    K : Melcosh didesain oleh arsitek Andreas Hartono dan Aryanto Sujarwo.

    1.3 Wacana pertama, paragraf ketiga

    PM : Atmosfer alam yang sejuk menemani para penikmat kopi dan hidangan Melcosh.

    Pm : Kedai terbuka dan udara dari pepohonan teduh di kebun merupakan atmosfer alam yang sejuk.

    K : Kedai terbuka dan udara dari pepohonan teduh di kebun menemani para penikmat kopi dan hidangan Melcosh.



    II. TANGGAPAN, SANGGAHAN, PENOLAKAN PENDAPAT

    Pembuka
    “Ngupi – ngupi” merupakan salah satu hal yang saat ini menjadi kebiasaan yang mendarah daging bagi sebagian besar masyarakat. Sebagai pengantar menikmati kopi, masyarakat biasanya ditemani oleh berbagai makanan ringan untuk menambah kenikmatannya. Kebanyakan masyarakat saat ini lebih menggemari untuk menikmati kopi di area yang dapat memanjakan mereka dengan kenyamanan. Mereka tidak mengutamakan formalitas. Momen “ngupi – ngupi” seringkali tidak hanya dimanfaatkan untuk nyeruput nikmatnya secangkir kopi, namun juga dimanfaatkan untuk mempererat hubungan atau relasi dengan orang lain. Orang – orang bisa saling berbagi cerita, canda tawa, maupun untuk mencari ide. “Ngupi – ngupi” menjadi sarana untuk refleksi emosional secara personal. Selain itu, “ngupi-ngupi” juga bisa menjadi sarana untuk bersosialisasi yang membuat seseorang menjadi terhubung dengan sesamanya dan merasa lebih dekat secara emosional.

    Paragraf pertama
    Untuk menikmati kopi, tidak hanya kualitas dari kopinya yang perlu diperhatikan. Banyak hal yang bisa menambah kenikmatan dalam menyeruput secangkir kopi. Menyeruput secangkir kopi tak lengkap rasanya bila tidak ditemani oleh sajian makanan ringan yang menggugah selera. Salah satu makanan ringan yang bisa dijadikan rekomendasi karena banyak digemari oleh masyarakat adalah jajanan rakyat. Meskipun cukup sederhana, kenikmatan yang didapatkan tidak dapat tertandingi. Oleh karena itu, Melcosh merupakan tempat yang cukup tepat bagi para masyarakat untuk menyeruput secangkir kopi dengan ditemani berbagai sajian makanan ringan untuk memuaskan perut dari dahaga.
    Di dalam wacana, dikatakan bahwa Kedai Melcosh, yang berada di Jalan Kaliurang, Kilometer 23, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, merupakan tempat yang mengasyikkan untuk menikmati sedapnya secangkir kopi di tengah sejuknya lereng Merapi. Selain menyajikan kopi andalannya, Kedai Melcosh juga menyajikan berbagai makanan ringan seperti jadah bakar, tempe mendoan, pisang bakar, dan jajanan rakyat. Adanya sajian makanan ringan menjadi salah satu daya tarik Kedai Melcosh bagi masyarakat. Masyarakat biasanya tak hanya ingin menikmati kopi, namun juga ingin mengisi perut dengan berbagai kudapan ringan untuk memanjakan diri mereka.

    BalasHapus
  70. Nama : Theodora Viani
    Kelas : XII MIPA 8
    Nomor absen : 31



    I. RESTRUKTURISASI

    1.1 Wacana pertama, paragraf pertama

    PM : Kedai yang menyediakan jajanan rakyat di lereng Merapi adalah tempat
    A
    mengasyikkan untuk menikmati kopi.
    B
    Pm : Melcosh adalah kedai yang menyediakan jajanan rakyat di lereng Merapi.
    C `A
    K : Melcosh adalah tempat mengasyikkan untuk menikmati kopi.
    C B

    1.2 Wacana pertama, paragraf kedua

    PM : Tempat yang menggunakan atap dengan kerangka bambu serta dengan penutup
    A
    berbahan elastis adalah salah satu desain dari arsitek Andreas Hartono dan Aryanto
    B
    Sujarwo.

    Pm : Melcosh adalah tempat yang menggunakan atap dengan kerangka bambu serta dengan
    C A
    penutupberbahan elastis.

    K : Melcosh didesain oleh arsitek Andreas Hartono dan Aryanto Sujarwo.
    C B

    1.3 Wacana pertama, paragraf ketiga

    PM : Atmosfer alam yang sejuk menemani para penikmat kopi dan hidangan Melcosh.
    A B
    Pm : Kedai terbuka dan udara dari pepohonan teduh di kebun merupakan atmosfer alam
    C A
    yang sejuk.

    K : Kedai terbuka dan udara dari pepohonan teduh di kebun menemani para penikmat
    C B
    kopi dan hidangan Melcosh .





    II. TANGGAPAN, SANGGAHAN, PENOLAKAN PENDAPAT

    Pembuka
    “Ngupi – ngupi” merupakan salah satu hal yang saat ini menjadi kebiasaan yang mendarah daging bagi sebagian besar masyarakat. Sebagai pengantar menikmati kopi, masyarakat biasanya ditemani oleh berbagai makanan ringan untuk menambah kenikmatannya. Kebanyakan masyarakat saat ini lebih menggemari untuk menikmati kopi di area yang dapat memanjakan mereka dengan kenyamanan. Mereka tidak mengutamakan formalitas. Momen “ngupi – ngupi” seringkali tidak hanya dimanfaatkan untuk nyeruput nikmatnya secangkir kopi, namun juga dimanfaatkan untuk mempererat hubungan atau relasi dengan orang lain. Orang – orang bisa saling berbagi cerita, canda tawa, maupun untuk mencari ide. “Ngupi – ngupi” menjadi sarana untuk refleksi emosional secara personal. Selain itu, “ngupi-ngupi” juga bisa menjadi sarana untuk bersosialisasi yang membuat seseorang menjadi terhubung dengan sesamanya dan merasa lebih dekat secara emosional.

    Paragraf pertama
    Untuk menikmati kopi, tidak hanya kualitas dari kopinya yang perlu diperhatikan. Banyak hal yang bisa menambah kenikmatan dalam menyeruput secangkir kopi. Menyeruput secangkir kopi tak lengkap rasanya bila tidak ditemani oleh sajian makanan ringan yang menggugah selera. Salah satu makanan ringan yang bisa dijadikan rekomendasi karena banyak digemari oleh masyarakat adalah jajanan rakyat. Meskipun cukup sederhana, kenikmatan yang didapatkan tidak dapat tertandingi. Oleh karena itu, Melcosh merupakan tempat yang cukup tepat bagi para masyarakat untuk menyeruput secangkir kopi dengan ditemani berbagai sajian makanan ringan untuk memuaskan perut dari dahaga.
    Di dalam wacana, dikatakan bahwa Kedai Melcosh, yang berada di Jalan Kaliurang, Kilometer 23, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, merupakan tempat yang mengasyikkan untuk menikmati sedapnya secangkir kopi di tengah sejuknya lereng Merapi. Selain menyajikan kopi andalannya, Kedai Melcosh juga menyajikan berbagai makanan ringan seperti jadah bakar, tempe mendoan, pisang bakar, dan jajanan rakyat. Adanya sajian makanan ringan menjadi salah satu daya tarik Kedai Melcosh bagi masyarakat. Masyarakat biasanya tak hanya ingin menikmati kopi, namun juga ingin mengisi perut dengan berbagai kudapan ringan untuk memanjakan diri mereka.

    BalasHapus
  71. Nama : Theodora Viani
    Kelas : XII MIPA 8
    Nomor absen : 31

    Paragraf kedua
    Ada hal penting lain yang dikaji masyarakat dalam memilih area yang pas dalam menikmati sedapnya secangkir kopi.Tak dapat dimungkiri bahwa jenis minuman berbahan dasar kopi dan berbagai menu sajian makanan ringan lainnya menjadi daya tarik bagi suatu kedai. Selain itu, suasana kedai juga menjadi salah satu faktor yang dapat mendukung daya tarik bagi konsumen. Kedai harus dirancang khusus dengan matang sedemikian rupa untuk mengutamakan kenyamanan bagi konsumen. Kenyamanan konsumen menjadi hal yang penting dan utama yang diperjuangkan oleh para pebisnis, baik dalam bidang kuliner mapun bidang lainnya. Oleh karena itu, Melcosh merupakan tempat yang cukup tepat bagi para masyarakat untuk “ngupi – ngupi” dan bersantai sejenak.
    Di dalam wacana, dikatakan bahwa Kedai Melcosh, yang berada di kaki Gunung Merapi, sekitar 2 kilometer ke bawah dari tempat wisata Kaliurang, dirancang semioutdoor atau setengah terbuka. Kedai Melcosh didesain oleh arsitek Andreas Hartono dan Aryanto Sujarwo, mendandakan bahwa sang owner memang ingin bersungguh – sungguh menggiati usahanya. Kedai Melcosh dirancang dengan menggunakan atap kerangka bambu serta penutup berbahan elastis. Lengkung – lengkung atap dan tiang membentuk rongga – rongga mirip bunga terompet yang meredam panas siang sehingga suasana menjadi teduh. Sementara pada malam hari, kesejukanlah yang terasa di Kedai Melcosh. Hal ini mencerminkan bahwa Kedai Melcosh mengutamakan aspek kenyamanan bagi para pengunjung.

    Paragraf ketiga
    Selain itu, ada aspek lain yang diperhatikan oleh masyarakat dalam memilih area yang cocok untuk sekedar menyeruput kopi sembari bersantai. Selain jenis minuman berbahan dasar kopi, berbagai menu sajian makanan ringan, dan aspek kenyamanan pengunjung, adanya panorama alam yang memanjakan mata juga menjadi salah satu aspek penting yang dipertimbangkan oleh para pengunjung. Bagi pengunjung, menikmati kopi di tengah indahnya panorama alam sangatlah menyenangkan. Hal itu bisa melengkapi suasana santai yang didambakan oleh para pengunjung. Oleh karena itu, Melcosh merupakan tempat yang baik bagi para masyarakat untuk menikmati kopi sembari melepas kepenatan yang berkecamuk di pikiran mereka.
    Di dalam wacana, dikatakan bahwa Kedai Melcosh tidak menggunakan dinding penyekat sehingga para pengunjung bisa leluasa melihat kebun seluas 3,4 hektar lebih di sekeliling kedai ini. Hal ini menandakan bahwa sang owner ingin agar para pengunjung bisa menikmati waktu minum kopi mereka sembari mengagumi panorama alam yang ada di sekitar kedai ini. Udara dari pepohonan teduh di kebun itu mengirimkan rasa sejuk. Atmosfer alam yang sejuk mendominasi di Kedai Melcosh. Kedai yang terbuka dan udara dari pepohonan teduh di kebunlah yang menemani para penikmat kopi dan hidangan di Kedai Melcosh.


    Penutup
    Banyak sekali hal atau faktor yang bisa mempengaruhi daya tarik suatu kedai kopi . Tak dapat dimungkiri bahwa jenis minuman berbahan dasar kopi dan berbagai menu sajian makanan ringan lainnya menjadi daya tarik bagi suatu kedai. Selain itu, suasana kedai juga menjadi salah satu faktor yang dapat mendukung daya tarik bagi konsumen. Adanya panorama alam yang memanjakan mata juga menjadi salah satu aspek penting yang dipertimbangkan oleh para pengunjung dalam memilih area yang pas untuk menyeruput sedapnya kopi. Wacana pertama yang berjudul “Ngupi – ngupi” di Lereng Merapi” mengkaji mengenai daya tarik dan kelebihan yang dimiliki oleh Kedai Melcosh. Oleh karena itu, tak mengherankan jika Kedai Melcosh menjadi kedai kopi yang cukup memiliki nama di kalangan masyarakat, khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta.

    BalasHapus
  72. I. RESTRUKTURISASI KEMBALI KE SILOGISME
    1.1 Paragraf 1
    PM : Ada jadah bakar, tempe mendoan, dan pisang bakar, jajanan rakyat sebagai kawan menikmati kopi hangat (A) sambil menikmati simfoni serangga malam. (B)
    Pm : ”ngupi-ngupi” di kedai Melcosh, di Jalan Kaliurang, Kilometer 23, Sleman, DI Yogyakarta (C) sambil jadah bakar, tempe mendoan, dan pisang bakar, jajanan rakyat sebagai kawan menikmati kopi hangat. (A)
    K : ”ngupi-ngupi” di kedai Melcosh, di Jalan Kaliurang, Kilometer 23, Sleman, DI Yogyakarta (C) sambil menikmati simfoni serangga malam. (B)
    1.2 Paragraf 2
    PM : Kedai yang dirancang dengan menggunakan atap dengan kerangka bambu (A) sejuk dikala malam dan teduh disiang hari. (B)
    Pm : Kedai Melcosh berada di kaki Gunung Merapi (C) menggunakan atap dengan kerangka bambu. (A)
    K : Kedai Melcosh berada di kaki Gunung Merapi (C) sejuk dikala malam dan teduh disiang hari. (B)
    1.3 Paragraf 3
    PM : Semua kedai yang tidak menggunakan dinding penyekat (A) membuat pengunjuk bisa leluasa melihat kebun. (B)
    Pm : Kedai Melcosh (C) tidak menggunakan dinding penyekat (A)
    K : Kedai Melcosh (C) membuat pemgunjung bisa leluasa melihat kebun. (B)

    Nama : Deshinta Saraswati Saputri
    Kelas : XII MIPA 8
    No.Absen : 08

    BalasHapus
  73. II. Tanggapan, Sanggahan dan Penolakan Pendapat
    2.1 Pembuka
    Minum kopi merupakan kebiasaan beberapa orang, oleh karena itu ngopi tidak lepas dari tempat ngopi. Sebuah tempat yang banyak dikunjungi oleh orang- orang yang tidak hanya dari penikmat kopi saja namun dari semua kalangan. Kedai kopi menjadi tempat yang dicari orang di saat ingin bersantai maupun untuk berkumpul bersama teman. Selain itu dengan minum kopi sebagian besar orang dapat mengurangi rasa stress. Tidak hanya itu, kedai kopi juga biasanya memberikan kesan tersendiri bagi pengunjungnya, seperti kesan nyaman. Salah satunya adalah Kedai kopi Melcosh. Kedai kopi yang ada di lereng Merapi, Jalan Kaliurang, Kilometer 23, Sleman, DI Yogyakarta ini ternyata adalah salah satu kedai kopi yang banyak diminati warga di sekitar lereng gunung merapi maupun warga yang datang ke lereng gunung merapi. Kedai dengan nuansa alam malam yang indah semakin menambah kesan nyaman bagi para pengunjung.
    2.2 Isi Paragraf 1
    Kedai kopi Melcosh adalah kedai kopi yang banyak menarik wisatawan yang datang ke sekitar lereng gunung merapi. Meskipun kedai ini terletak ditempat yang sederhana dan terlihat sangat sederhana, namun kedai kopi ini memberikan keindahan alam yang sulit dijumpai di perkotaan. Kedai ini tidak hanya menjadi tempat untuk nongkrong atau sekedar untuk melepas penat saja, namu kedai ini juga menyediakan pagelaran simfoni yang membuat para pengunjung betah untuk berlama – lama. Kedai ini juga menyediakan beberapa makanan khas Yogyakarta seperti jadah bakar, tempe mendoan, dan pisang bakar, jajanan rakyat lainnya. Suasana dan keadaan seperti inilah yang banyak dicari oleh para penikmat kopi.
    Tempat yang nyaman dan sejuk dapat membuat pengunjung melepas kepenatan dan mengurangi rasa stress. Sebaiknya suasana seperti ini diberikan oleh para pemilik kedai kopi di perkotaan besar sehingga para pengunjung dapat menikmati keindahan alam disekitar. Sebab di beberapa kota orang lebih cenderung membuatnya menjadi seperti restoran. Beberapa orang lebih cenderung memperhatikan kemewahan serta estetika dari suatu tempat, padahal jika dibandingkan dengan kedai kopi Melcosh sudah dapat dipastikan beberapa orang akan lebih memilih berkunjung ke kedai kopi Melcosh ini. Dengan banyaknya orang yang datang akan lebih berakibat baik, karena Kedai kopi ini dapat menjadi gambaran atau inspirasi bagi beberapa tempat yang hanya memperhatikan kemewahan saja tanpa memperhatikan suasana alam serta emosional para pengunjung. Dan sebaiknya bagi beberapa tempat atau kedai agar tidak hanya memperhatikan kemewahan dan estetika saja, namun boleh juga menghadirkan hal hal yang sederhana seperti keindahan alam, karena hal sederhana juga dapat memiliki nilai estetikanya sendiri.

    Nama : Deshinta Saraswati Saputri
    Kelas : XII MIPA 8
    No. Absen : 08

    BalasHapus
  74. 2.3 Isi Paragraf 2
    Kedai Melcosh juga punya ciri khas yang membuat kedai ini menarik. Melcosh menggunakan atap dengan kerangka bambu, dengan penutup berbahan elastis. Lengkung-lengkung atap dan tiang membentuk rongga-rongga mirip bunga terompet. Walaupun terlihat sederhana dan kurang menarik, penggunaan bahan- bahan ini sebenarnya membuat kedai Melcosh sejuk di malam dan teduh di siang hari. Kedai yang berada di kaki Gunung Merapi, sekitar 2 kilometer ke bawah dari tempat wisata Kaliurang ini didesain oleh arsitek Andreas Hartono dan Aryanto Sujarwo. Kedua arsitek ini menampilkan bangunan semioutdoor alias setengah terbuka.
    Orang yang mendesain tempat seperti ini memiliki pemikiran bagus. Tempat ini didesain untuk menampilkan kesederhanaan dan jiwa natural untuk lebih dekat dengan alam. Namun ada hal yang perlu diperhatikan, mengenai lokasinya. Tempat ini berada di lereng gunung merapi, kita tahu bahwa gunung merapi merupakan gunung api aktif dalam status bahaya. Oleh karena itu lokasi tempat kurang aman. Perlu juga diperhatikan mengenai kekokohan pondasi. Tempat ini dibuat dari bambu yang bisa dibilang tidak terlalu kuat dan banyaknya pengunjung dapat menyebabkan pondasi bangunan tidak kuat lama kelamaan. Oleh karena itu sebaiknya bangunan dibuat dengan bahan lain yang lebih baik dibandingkan bambu. Selain itu tempat ini perlu dilengkapi dengan radar yang akan memperingatkan pengunjung bila gunung merapi dalam keadaan bahaya. Meskipun suatu tempat ingin menampilkan suasana alam yang membuat pengunjung merasa nyaman, namun perlu juga memperhatikan keselamatan pengunjung.

    2.4 Isi Paragraf 3
    Kedai Melcosh berada dekat dengan kebun seluas 3,4 hektar. Kedai yang dibanguntidak menggunakan dinding penyekat ini dapat membuat pengunjung lebih leluasa melihat kebun secara langsung. Dengan pepohonan disekitar kebun, para pengunjung tidak perlu khawatir kepanasan melainkan memberikan suasana sejuk sehingga banyak orang yang betah berlama – lama di kedai ini. Kebun itu pula yang menjadi arena pagelaran simfoni serangga malam. Sehingga pengunjung dapat menikmati sejuknya kebun dan indahnya simfoni yang ditampilkan. Suasana seperti inilah yang akan menemani kita saat menikmati kopi dan hidangan di kedai Melcosh.
    Namun suasana seperti ini juga dapat menimbulkan masalah. Perkebunan yang besar seperti itu pastilah dihuni oleh serangga – serangga kecil, misalnya nyamuk. Nyamuk merupakn salah satu serangga yang dapat menyebabkan penyakit yang serius seperti DBD yang dibawa oleh nyamuk yang dapat menyengat pengunjung kapan saja. Selain itu keamanan di kedai ini juga harus diperhatikan. Banyaknya pengunjung dan keamanan yang kurang baik dapat menimbulkan tindakan kriminal yang terkadang tidak disadari pengunjung karena tempapula dengan keadaan yang benar benar tanpa penyekat menyebabkan kebisingan tersebut sangat ramai. Para pengunjung pastilah berharap mereka mendapatkan kesan yang baik saat datang maupun saat pulang. Sebaiknya pemilik kedai lebih memperhatikan hal – hal seperti itu. Misalnya membangun sedikit penyekat tanpa menghilangkan keindahan Kedai Melcosh ini dan memperketat keamanan di sana. Boleh juga dengan menanami tanaman yang ditanami beberapa tanaman yang dapat menghalau datangnya nyamuk yang mengganggu kenyamanan para pengunjung di Kedai Melcosh ini.

    Nama : Deshinta Saraswati Saputri
    Kelas : XII MIPA 8
    No.Absen : 08

    BalasHapus
  75. A. RESTRUKTURISASI SILOGISME
    I. Judul
    Restrukturisasi Silogisme:
    PM : Kegiatan refleksi emosional (A) dilakukan di lereng merapi (B)
    Pm : “Ngupi-ngupi” (C) adalah kegiatan refleksi emosional (A)
    K : “Ngupi-ngupi” (C) dilakukan di lereng merapi (B)

    II. Paragraf 10
    Restrukturisasi Silogisme:
    PM : Kedai santai (A) dirancang sebagai tempat orang bisa bercerita kepada siapa pun atau tempat bermenung-menung (B)
    Pm : Melcosh (C) adalah kedai santai (A)
    K : Melcosh (C) dirancang sebagai tempat orang bisa bercerita kepada siapa pun atau tempat bermenung-menung (B)

    III. Paragraf 11
    Restrukturisasi Silogisme:
    PM : Tamu yang tidak biasa minum kopi (A) bisa menikmati cold brew yang berkenan di lidah (B)
    Pm : Dua warga Pakualaman (C) adalah tamu yang tidak biasa minum kopi (A)
    K : Dua warga Pakualaman (C) bisa menikmati cold brew yang berkenan di lidah (B)

    Nama : Leila Utarina
    Kelas : XII MIPA 8
    No. urut : 20

    BalasHapus
  76. B. TANGGAPAN, SALAHAN, DAN PENOLAKAN PENDAPAT

    1. Pembuka:
    Restaurant di Indonesia memiliki beragam jenis. Biasanya ada yang disebut tempat makan formal, yaitu tempat orang biasa datang lalu makan dan merasa kenyang. Dan juga tempat makan tidak formal. sekarang kebanyakan orang lebih memilih tempat makan tidak formal yang berbeda atau lebih personal dengan hidangan yang pas, dibanding hanya sekedar mencari makanan berat yang membuat perut kenyang. Apalagi muda-mudi zaman sekarang memilih tempat dengan suasana yang enak untuk dijadikan tempat nongkrong. Tempat makan yang bersuasana beda ini sudah banyak beredar di Indonesia, terutama di kota-kota yang sedang berkembang. Biasanya orang-orang menyebutnya café atau kedai.

    2. Judul :
    Judul dari wacana ini adalah ” ”Ngupi-ngupi” di Lereng Merapi”. Judul yang digunkan pengarang dalam wacana ini kurang menarik dan bahasa yang digunakan masih terdengar asing bagi pembaca. Kata “ngupi” yang berasal dari kata “ngopi” yang berarti kegiatan meminum kopi. Kata “ngupi” juga berasal dari kata “kupi” yang berarti kopi. Kata “ngupi” merupakan kata yang berasal dari bahasa daerah Yogyakarta.
    Menurut pendapat saya, sebaiknya pengarang membuat judul yang berasal dari bahasa Indonesia agar dapat dimengerti oleh pembaca yang berasal dari daerah manapun, karena apabila pengarang menuliskan judul menggunkan salah satu bahasa daerah, maka pembaca dari daerah lain akan sulit untuk memahami bahasa tersebut. Maka seharusnya judul wacana tersebut diganti menjadi ““Ngopi-ngopi” di Lereng Merapi.”

    3. Paragraf 10:
    Pada paragraf ini, terdapat kesalahan penulisan yang dilakukan oleh penulis.pada kalimat pertama, kata lounge seharusnya dicetak miring karena menurut EYD, tata penulisan bahasa asing harus dicetak miring. Selain itu, pada kalimat yang sama, juga terdapat kesalahan lainnya yaitu penulis tidak menggunakan konjungsi. Seharusnya penulis meletakkan konjungsi “atau” diantara kata “lounge” dan “kedai santai” bukan malah menambahkan tanda baca koma. Jadi kalimat yang benar seharusnya adalah Melcosh, dikatakan Deni, dirancang sebagai semacam lounge, atau kedai santai, bukan rumah makan formal.
    Selain itu pada kalimat kedua juga terdapat kesalahan yang dilakukan penulis. Menurut pendapat saya, kalimat tersebut terdengar rancu. Kejanggalan terdapat pada kalimat: Bukan dirancang sebagai tempat orang datang, makan, dan kenyang. Kata “datang” dan “makan” merupakan kata kerja. Sedangkan kata “kenyang” merupakan perasaan. Jadi seharusnya tidak bisa disamakan dengan kata-kata sebelumnya. Apabila penulis masih ingin menggunakan kata “kenyang” seharusnya pada awal kata ditambahkan kata “merasa” agar kata tersebut menjadi kata kerja. Jadi kalimat yang benar adalah; Bukan dirancang sebagai tempat orang datang, makan, dan kenyang. Lalu pada kalimat berikutnya, penulis membahas mengenai tujuan dari didirikan nya kedai Melcosh itu sendiri. Penulis mengatakan bahwa Melcosh ialah tempat berkumpul untuk bercerita bersama teman, sahabat, pacar, atau siapapun dan juga tempat bermenung-menung. Saya kurang setuju dengan pendapat penulis. Karena dengan menggunakan kalimat tersebut penulis seolah-olah mengatakan bahwa seluruh kedai memiliki fungsi yang sama. Menurut saya, tidak semua orang yang pergi ke kedai menggunakan waktunya untuk bersantai atau bercerita dan bermenung-menung. Bisa saja ada beberapa orang yang pergi ke kedai untuk melakukan hal lainnya, seperti mengerjakan tugas atau memang untuk menikmati makanan yang ada di kedai tersebut.

    BalasHapus
  77. 4. Paragraf 11:
    Saya juga kurang setuju pada beberapa kalimat di paragraf 11 ini. Beberapa kalimat masih memiliki unsur yang belum tepat. Seperti misalnya pada kalimat terakhir paragraph 11. Terdapat kata “cold brew” yang sehrusnya dicetak miring. Penulis masih mengulangi kesalahan pada paragraph sebelumnya. Lalu terdapat juga kata “ngalor-ngidul” yang merupakan bahasa daerah. Kata ini bisa saja minim diketahui oleh beberapa orang, sehingga membut beberapa pembaca bisa kebingungan ketika membacanya. Penulis lagi-lagi mengulangi kesalahan yang dilakukan pada judul. Kata “ngalor-ngidul” sehursnya bisa diganti dengan kata “bersenda-gurau”.
    Pada paragraf ini juga penulis mengatakan di kalimat pertama bahwa jarak 20 kilometer tidak menghalangi pengunjung untuk datang ke Melcosh. Menurut pendapat saya, bisa saja ada sebagian orang yang keberatan untuk mengunjungi kedai dengan jarak yang terbilang cukup jauh. Karena biasanaya pengunjung datang ke kedai untuk minum atau makan makanan ringan saja. Dengan jarak yang begitu jauh, tentunya pengunjung masih dapat menemukan kedai lain yang memiliki jarak lebih dekat.

    Penutup:
    Kesalahan seperti human error memang seringkali terjadi dalam penulisan wacana. Dari judul serta paragraf-paragraf yang saya sanggah memang terdapat beberapa human error yang dilakukan oleh penulis. Walaupun penulis seringkali mengulangi kesalahan yang ia lakukan sebelumnya, hal tersebut masih bisa dimaklumi. Selain itu, terdapat pula evidensi yang bertentangan dengan dasar pemikiran penulis. Premis mayor yang berisi fakta juga tidak disesuaikan dengan kehidupan sehari-hari. Akibatnya, kalimat yang dituliskan oleh penulis seringkali tidak dapat dimengerti dan tidak logis bagi pembaca. Penulis disarankan untuk lebih memperhatikan cara menyampaikan opini agar tidak terjadi kesalahan pada kesempatan lainnya.

    Nama : Leila Utarina
    Kelas : XII MIPA 8
    No.Urut : 20

    BalasHapus
  78. I. RESTRUKTURISASI SILOGISME
    1.1 Paragraf 1
    PM : Toko musik yang pernah berjaya pada era 1990-an (A) akan menutup sebagian besar gerainya. (B)
    Pm : Toko musik Disc Tarra (C) adalah toko musik yang pernah berjaya pada era 1990-an. (A)
    K : Toko musik Disc Tarra (C) akan menutup sebagian besar gerainya. (B)

    1.2 Paragraf 2 : PM : Industri musik konvensional (A)yang menjual kepingan kaset telah kehilangan masa kejayaannya. (B) Pm : Toko musik Disc Tarra (C) menjadi penanda industri musik konvensional yang menjual kepingan kaset. (A)
    K : Toko musik Disc Tarra (C) telah kehilangan masa kejayaannya. (B)

    1.3 Paragraf 3 : PM : Gaya hidup generasi muda (A) mempengaruhi cara dan kebiasaan mengonsumsi musik. (B)
    Pm : Perkembangan teknologi digital (C) mengubah gaya hidup generasi muda. (A) K : Perkembangan teknologi digital (C)mempengaruhi cara dan kebiasaan mengonsumsi musik. (B)

    Nama : Sheren
    Kelas : XII MIPA 8
    No. Absen: 28

    BalasHapus
  79. TANGGAPAN-SANGGAHAN-PENOLAKAN PENDAPAT
    Pembuka:
    Dalam kehidupan sehari-hari, manusia seringkali menggunakan musik sebagai sarana untuk mengeluarkan isi hatinya. Oleh karena itu, musik seringkali dikenal sebagai simfoni kehidupan yang menjadi bagian seni yang mewarnai kehidupan sehari-hari manusia. Tanpa musik maka dunia akan terasa sepi, hampa, dan monoton karena musik mampu mencairkan suasana, merelaksasi hati serta menstimulasi pikiran manusia sebagai pemeran cerita kehidupan. Musik ternyata juga berpengaruh pada kehidupan intelegensi generasi muda dalam belajar. Hal ini disebabkan karena musik dapat memberikan rangsangan ritmis mampu meningkatkan fungsi kerja otak. Ritme internal yang dihasilkan musik membuat saraf-saraf otak bekerja, rasa nyaman dan tenang yang distimulasi musik membuat fungsi kerja otak bekerja optimal. Bila hal ini sering dilakukan, fungsi kerja otak akan semakin meningkat sehingga kemampuan berpikir kita lebih jernih dan tajam, serta bisa mencegah kepikunan. Musik juga bisa menimbulkan reaksi psikologis yang dapat mengubah suasana hati dan kondisi emosi, sehingga musik bermanfaat sebagai relaksasi yang dapat menghilangkan stress, mengatasi kecemasan, memperbaiki mood dan menumbuhkan kesadaran spiritual. Sebagai sebuah bentuk seni, musik tak hanya menciptakan harmoni nada yang enak didengar, tetapi juga memberikan kesan indah yang mampu menggugah dan mengantarkan manusia pada kesadaran yang dalam dan penuh, menelusuri lorong-lorong hampa dalam ketidakberdayaan harapan. Tetapi, kini musik tidak hanya bersumber pada kepingan kaset yang dijual di toko terdekat. Keberadaan musik di era globalisasi ini amat bergantung pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

    Paragraf 1:
    Dalam paragraf pertama, penulis menyatakan bahwa salah satu toko musik terkenal di Jakarta Selatan yang bernama toko musik Disc Tarra mengadakan aksi cuci gudang untuk menjual habis seluruh kepingan kaset yang masih tersisa di tokonya. Hal tersebut dilakukan karena toko tersebut akan segera menutup lapak yang pernah membesarkan namanya pada era 1990-an. Saya sependapat dengan pernyataan penulis bahwa cuci gudang dapat menarik minat konsumen untuk mengunjungi suatu toko. Hal tersebut dapat terlihat dalam aksi pengunjung yang melihat-lihat rak kaset yang mulai kosong sebagai tanda terjualnya seluruh barang yang tersedia. Cuci gudang mampu menarik minat konsumen dikarenakan harganya yang murah yang pas untuk kantong tertentu. Tetapi ada suatu hal yang membuat saya tidak sependapat dengan penulis, yaitu ketika penulis menyatakan secara tidak langsung bahwa aksi cuci gudang tersebut dilakukan karena toko tersebut akan segera ditutup. Dengan dilakukannya aksi cuci gudang tidak berarti bahwa suatu toko akan segera ditutup, tetapi justru aksi cuci gudang dapat menarik minat masyarakat untuk mengunjungi suatu toko ataupun dengan tujuan untuk menghabiskan stock barang lama supaya toko tidak mengalami kerugian dan mengalami kelancaran siklus ekonomi.

    Dalam menuliskan suatu berita, penulis juga tidak perlu menyatakan suatu hal yang belum pasti. Wujud ketidakpastian tersebut dapat berupa munculnya kata “dikabarkan” pada kalimat ketiga paragraf pertama karena akan lebih baik apabila penulis memastikan terlebih dahulu kebenaran suatu informasi sebelum menerbitkannya ke media massa sehingga tidak menimbulkan keraguan bagi pembaca yang menerima informasi tersebut. Apabila ternyata penulis salah menyebarkan informasi, maka akan ada akibat fatal yang muncul. Akibat tersebut tidak hanya berdampak pada rusaknya nama media massa yang menerbitkan suatu informasi, tetapi juga berdampak bagi toko musik itu sendiri, atau bahkan pecinta toko musik tersebut. Bagi toko musik itu sendiri kemungkinan terburuk bahwa ia akan mengalami kebangkrutan dikarenakan tidak da konsumen yang membeli produk toko tersebut karena yang konsumen tahu bahwa toko itu sudah ditutup. Sementara bagi pecinta toko musik tersebut akan kehilangan toko kepercayaan tempat ia membeli segala macam kaset.



    Nama: Sheren
    Kelas: XII MIPA 8
    No.absen: 28

    BalasHapus
  80. Paragraf 2:
    Dalam paragraf kedua, penulis membuat perbandingan antara toko musik Disc Tarra dan toko musik Aquarius Mahakam dimana keduanya sama-sama menggunakan kepingan kaset dan CD sebagai sarana untuk menyebarluaskan musik. Kedua toko musik tersebut sama-sama menjadi penanda industri musik yang konvensional. Akan tetapi saya kurang sependapat dengan pernyataan penulis yang apabila dicermati mengandung makna bahwa penyebab toko musik legendaris Aquarius Mahakam gulung tikar adalah karena mengandalkan penjualan musik dengan kepingan kaset dan CD. Padahal, mungkin penyebab toko tersebut harus ditutup karena pemiliknya ingin mencoba dunia bisnis yang lebih menghasilkan uang yang lebih besar. Sementara bagi toko musik Disc Tarra juga mungkin memiliki alasan yang tidak berbeda jauh dengan toko musik Aquarius Mahakam. Oleh karena itu, saya belum bisa menerima ilustrasi yang disampaikan oleh penulis, kecuali penulis memberikan kutipan pernyataan pemilik toko yang mempertegas opini penulis walaupun bisa jadi penyebab toko tersebut gulung tikar dikarenakan tidak mampu bersaing dengan toko lain.

    Secara tidak langsung, dalam paragraf kedua ini penulis juga menyatakan bahwa toko musik yang hanya mengandalkan penjualan kepingan kaset dan CD akan kehilangan masa kejayaan. Saya kurang sependapat dengan pernyataan penulis tersebut dikarenakan walaupun zaman sudah beralih lebih maju akibat perkembangan teknologi, tetapi masih ada pecinta musik yang mendengarkan musik lewat kepingan kaset dan CD. Masih banyak orang kurang mampu untuk membeli alat elektronik yang lebih canggih hanya untuk mendengarkan musik belaka. Oleh sebab itu, mereka mengandalkan kepingan kaset atau CD untuk mendengarkan musik. Untuk mencegah apabila stock barang musik lama masih belum terjual habis, maka akan lebih baik jika pemilik toko mengadakan aksi cuci gudang untuk menjual habis seluruh stock lama.

    Paragraf 3:
    Dalam paragraf ketiga penulis menyatakan bahwa perkembangan teknologi digital telah mengubah gaya hidup generasi muda dalam mengonsumsi musik. Saya sependapat dengan pernyataan penulis bahwa di era globalisasi ini, semua aspek kehidupan amat bergantung pada kemajuan teknologi, termasuk dalam hal mengonsumsi musik. Generasi muda memang cenderung menginginkan hal yang serba instan dalam hidupnya. Mereka ingin semua sarana telah tersedia lengkap dan langsung digunakan. Saya pun sangat sependapat terhadap penulis yang memberikan data penggunaan kepingan kaset dan CD untuk bermusik bagi generasi muda. Dengan adanya bukti tersebut, maka informasi tersebut akan lebih terjamin kepastiannya. Akan lebih baik lagi apabila penulis menjabarkan cara dan kebiasaan mengonsumsi musik seperti apa yang disebabkan oleh perkembangan teknologi digital dan menyebabkan 99% generasi muda meninggalkan kepingan kaset dan CD untuk mendengarkan musik.
    Akan tetapi dalam hal bermusik ada perbedaan antara generasi muda dan generasi pendahulu dalam hal mengonsumsi musik. Masyarakat sering berasumsi bahwa seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, maka kebiasaan untuk mengonsumsi musik dengan mengandalkan kepingan kaset akan segera ditinggalkan utnuk selama-lamanya. Tetapi belum tentu bagi generasi pendahulu kita. Hal tersebut dikarenakan belum tentu semua orang memiliki selera yang sama dalam hal bermusik, terutama generasi pendahulu kita. Oleh karena itu, akan lebih baik lagi apabila penulis tidak hanya memberikan data penggunaan musik yang menggunakan kepingan kaset dan CD antara generasi tua dan generasi muda.

    Nama: Sheren
    Kelas: XII MIPA 8
    No.absen: 28

    BalasHapus
  81. Penutup:
    Perkembangan teknologi digital memang telah menyebabkan sebagian generasi muda mengalami perubahan dalam hal cara dan kebiasaan mengonsumsi musik. Hal ini mengakibatkan masyarakat, terutama generasi muda meninggalkan kepingan kaset dan CD hanya untuk mendengarkan musik. Tetapi, hal ini juga tidak berarti bahwa penyebab gulung tikarnya toko musik Disc Tarra atupun Aquarius Mahakam karena masyarakat tidak lagi senang mendengarkan musik melalui kepingan kaset dan CD. Selain itu, aksi cuci gudang juga tidak berarti bahwa toko musik tersebut akan segera ditutup. Mendengarkan musik melalui digital memang lebih menguntungkan dibandingkan dengan melalui kepingan kaset atau CD biasa, tetapi bukan berarti bahwa mendengarkan musik lewat kepingan kaset dan CD harus ditinggalkan.

    Nama: Sheren
    Kelas: XII MIPA 8
    No.absen:28

    BalasHapus
  82. Nama : M. Alandanu Bakara
    Kelas : XII MIPA 8
    No. Absen : 21

    a) Restrukturisasi Silogisme
    Paragraf 7
    PM : Kedai yang berada di lereng merapi tidak hanya menjual kopi, namun juga menjual
    A B
    makanan ringan.
    Pm : Melcosh adalah kedai yan beada di lereng merapi.
    C A
    K : Melcosh tidak hanya menjual kopi, namun juga menjual makanan ingan.
    C B

    Paragraf 8

    PM : Nasi goreng dengan bentuk seperti tumpeng yang diletakkan di atas telur dadar agak kering
    A
    berbeda dari nasi goreng biasa.
    B
    Pm : Nasi goreng melcosh bentuknya seperi tumpeng yang diletakkan di atas telur adar kering
    C A
    K : Nasi goreng melcosh bentuknya berbeda dari nasi goreng biasa.
    C B

    Paragraf 9
    PM : Melcosh tidak hanya berujuan menyediakan makanan dan minuman, tetapi juga
    A
    memiliki Misi pendidikan selain bergerak di bidang bisnis.
    B

    Pm : Kafe Melcosh ialah kafe yang tidak bertujuan hanya untuk menyediakan makanan dan
    C A
    Minuman, tetapi juga memiliki misi penidikan selain bergerak di bidang bisnis.


    K : Kafe Melcosh juga memiliki misi pendidikan selain bergerak di bidang bisnis
    C B

    BalasHapus
  83. Nama : joshua Armando Sitompul
    Kelas : XII MIPA 8
    Nomor Absen : 16

    TUGAS : SIlogisme Paragraf 10, 11, 12 (Wacana 2) dan Sangghan/Penolakan Pendapat.

    1. Silogisme Paragraf 10 (Wacana 2).

    - Kalimat Inti : Resensi Ekonomi menyusutkan angka penjualan .

    - Premis Mayor (PM) : Semua yang menyusutkan angka penjualan adalah resensi ekonomi.

    - Premis Minor (Pm) : Penjualan kaset, CD, dan DVD.

    - Kesimpulan : Penjualan kopi kaset, CD, dan DVD adalah resensi ekonomi.


    Silogisme Paragraf 11 (Wacana 2) :

    - Kalimat Inti : Teknologi Internet yang meghadirkan dunia digital telah mengubah banyak hal secara massif dan luas.

    - Premis Mayor (PM) : Dunia digital mengubah banyak hal secara masif dan keras.

    - Premis Minor (Pm) : Teknologi Internet adalah dunia digital.

    - Kesimpulan : Teknologi Internet mengubah banyak hal secara masif dan luas.


    Silogisme Paragraf 12 ( Wacana 2 ) :

    - Kalimat Inti : Penggandaan rekaman dalam bentuk kaset, CD, atau DVD adalah illegal.

    - Premis Mayor (PM) : Semua yang menggandakan rekaman adalah illegal.

    - Premis Minor (pm) : kaset,CD, dan DVD adalah rekaman gandaan.

    - Kesimpulan : Kaset, CD, dan DVD hasil gandaan adalah illegal.


    2. Memberikan Tanggapan/Sanggahan/Penolakan Pendapat.

    Kemajuan teknologi pada saat ini banyak memberikan dampak yang sangat positif bagi kehidupan manusia modern sekarang, akan tetapi terdapat pula dampak negative bagi kehidupan manusia, seperti pembajakan, penggandaan yang sering terjadi pada film/lagu, dll. Hal tersebut memang tidak berpengaruh pada sebagian masyarakat, akan tetapi hal tersebut menjadi sangat merugikan bagi pembuat atau pemilik dari lagu atau film tersebut karena telah melanggar hak cipta, ditambah lagi dengan penjualan yang telah beredar dan disebar di masyarakat umum.

    Penjualan kopi kaset, CD, dan DVD dapat dikatakan sebagai pelanggaran hak cipta . Orang yang akan memilih kaset tersebut pasti akan membeli kaset yang kopian karena memiliki harga yang relative murah daripada yang asli. Sehinggga hasil penjualan yang bsenarnya original sedikit dan daapat membuat resensi penjualan.

    Teknologi Internet telah banyak mengubah dunia dan menjadikan dunia semakin luas karena dapat mengakses seluruh dunia hanya dengan sentuhan tangan. Pernyataan tersebut memiliki makna positif , akan tetapi jika internet tidak digunakan sebaik mungkin, maka internet akan mengancam dan membahayakan diri kita sendiri, oleh sebab itu kita harus bijak dalam memanfaatkan teknologi internet sehingga internet dapat menjadi efek yang baik bagi kehidupan kita dan membuat kita mengetaui banyak hal tentang dunia yang luas ini.

    Semua bentuk gandaan kaset, CD, atau DVD adalah bentuk dari perbuatan yang illegal, karena itu telah melanggar Hak Cipta dari rekaman kaset, CD, atau DVD tersebut. Tingakan illegal tersebut sangat tidak baik dan telah tercantum dalam Undag-Undang dan Hukum yang berlaku serta dapat diberikan pidana karena penggandaan rekaman tersebut.

    Akan tetapi, kita sebagai masyarakat, kita harus bijak dalam menghadapi hal tersebut dan kita harus mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk. Kita lah yang dapat menatur diri kita sendiri untuk menjadi baik atau menjadi buruk. Oleh sebab itu kita harus bijak dalam memikirkan seuatu dan harus berpikir dahulu sebelum bertindak.

    BalasHapus
  84. Nama : Joshua Armando Sitompul
    Kelas : XII MIPA 8
    Nomor Absen : 16

    TUGAS : SIlogisme Paragraf 10, 11, 12 (Wacana 2) dan Sangghan/Penolakan Pendapat.

    1. Silogisme Paragraf 10 (Wacana 2).

    - Kalimat Inti : Resensi Ekonomi menyusutkan angka penjualan .

    - Premis Mayor (PM) : Semua yang menyusutkan angka penjualan adalah resensi ekonomi.

    - Premis Minor (Pm) : Penjualan kaset, CD, dan DVD.

    - Kesimpulan : Penjualan kopi kaset, CD, dan DVD adalah resensi ekonomi.


    Silogisme Paragraf 11 (Wacana 2) :

    - Kalimat Inti : Teknologi Internet yang meghadirkan dunia digital telah mengubah banyak hal secara massif dan luas.

    - Premis Mayor (PM) : Dunia digital mengubah banyak hal secara masif dan keras.

    - Premis Minor (Pm) : Teknologi Internet adalah dunia digital.

    - Kesimpulan : Teknologi Internet mengubah banyak hal secara masif dan luas.


    Silogisme Paragraf 12 ( Wacana 2 ) :

    - Kalimat Inti : Penggandaan rekaman dalam bentuk kaset, CD, atau DVD adalah illegal.

    - Premis Mayor (PM) : Semua yang menggandakan rekaman adalah illegal.

    - Premis Minor (pm) : kaset,CD, dan DVD adalah rekaman gandaan.

    - Kesimpulan : Kaset, CD, dan DVD hasil gandaan adalah illegal.


    2. Memberikan Tanggapan/Sanggahan/Penolakan Pendapat.

    Kemajuan teknologi pada saat ini banyak memberikan dampak yang sangat positif bagi kehidupan manusia modern sekarang, akan tetapi terdapat pula dampak negative bagi kehidupan manusia, seperti pembajakan, penggandaan yang sering terjadi pada film/lagu, dll. Hal tersebut memang tidak berpengaruh pada sebagian masyarakat, akan tetapi hal tersebut menjadi sangat merugikan bagi pembuat atau pemilik dari lagu atau film tersebut karena telah melanggar hak cipta, ditambah lagi dengan penjualan yang telah beredar dan disebar di masyarakat umum.

    Penjualan kopi kaset, CD, dan DVD dapat dikatakan sebagai pelanggaran hak cipta . Orang yang akan memilih kaset tersebut pasti akan membeli kaset yang kopian karena memiliki harga yang relative murah daripada yang asli. Sehinggga hasil penjualan yang bsenarnya original sedikit dan daapat membuat resensi penjualan.

    Teknologi Internet telah banyak mengubah dunia dan menjadikan dunia semakin luas karena dapat mengakses seluruh dunia hanya dengan sentuhan tangan. Pernyataan tersebut memiliki makna positif , akan tetapi jika internet tidak digunakan sebaik mungkin, maka internet akan mengancam dan membahayakan diri kita sendiri, oleh sebab itu kita harus bijak dalam memanfaatkan teknologi internet sehingga internet dapat menjadi efek yang baik bagi kehidupan kita dan membuat kita mengetaui banyak hal tentang dunia yang luas ini.

    Semua bentuk gandaan kaset, CD, atau DVD adalah bentuk dari perbuatan yang illegal, karena itu telah melanggar Hak Cipta dari rekaman kaset, CD, atau DVD tersebut. Tingakan illegal tersebut sangat tidak baik dan telah tercantum dalam Undag-Undang dan Hukum yang berlaku serta dapat diberikan pidana karena penggandaan rekaman tersebut.

    Akan tetapi, kita sebagai masyarakat, kita harus bijak dalam menghadapi hal tersebut dan kita harus mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk. Kita lah yang dapat menatur diri kita sendiri untuk menjadi baik atau menjadi buruk. Oleh sebab itu kita harus bijak dalam memikirkan seuatu dan harus berpikir dahulu sebelum bertindak.

    BalasHapus
  85. Nama : M. Alandanu Bakara
    Kelas : XII MIPA 8
    No. Absen : 21

    b.) Tanggapan - Sanggahan - Penolakan Pendapat
    Paragraf 7
    Pada paragraf tersebut penulis menceritakan bahwa Kedai Melcosh menjual berbagai makanan ringan seperti Jadah. Jadah merupakan makanan tradisional dari Sleman, Yogyakarta. Nama Jadah tempe seungguhnya merupakan gabungan dari dua jenis makanan yaitu jadah yang merupakan olahan dari ketan dan tempeataupun tahu.
    . Menurut saya, makanan tersebut kurang cocok bagi sebagian orang. Sebagai contoh apabila ada turis yang datang dari luar negri (Amerika,Eropa,dsb.) mereka tidak terbiasa mencicipi kopi sambil makan jadah. Bahkan apabila minum kopi sambil memakan jadah bagi sebagian orang dapat mengurangi rasa nikmat dari kopi iu sendiri.
    Maka sebaiknya pengarang mencari menu baru yang tidak hanya diselerakan oleh sebagian orang namun secara umum banyak disukai oleh khalayak orang banyak. Saya menyarankan agar pengarang menambah menu baru seperti roti dan biscuit, karena banyak orang yang menyukai menu ini sambil mereka menikmati kopinya.
    Kopi memang banyak diminati oleh para pecinta nya, namun alangkah baiknya apabila kopi juga disajikan dengan makanan ringan yang tepat. Pemilihan makanan ringan yang salah dapat mempengaruhi citra rasa kopi tersebut.

    Paragraf 8
    Pada paragraf tersebut pengarang menceritakan tentang bentuk nasi goreng yang unik yaitu berbentuk seperti tumpeng, diletakkan di atas permukaan telur dadar kering dan terdapat lahar panas di kaki tumpeng tersebut (mayones) dan di dalam tumpeng tersebut terdapat larva (cabe) yang ia asumsikan seperti larva gunung merapi karena lokasi kedai itu sendiri berada di merapi.
    Menurut saya nasi goreng yang disediakan melcosh kurang tepat bagi para pengunjung yang umumnya datang ke Melcosh. Dari bentuknya, nasi goreng ini lebih tepat disajikan untuk anak-anak. Pasalnya, penikmat kopi bisanya orang yang sudah dewasa dan tidak lagi berpola pikir seperti anak – anak. Dilihat dari bentuk nasi goreng yang disajikan, bentuknya seperti nasi goreng yang bertujuan untuk menarik perhatian anak – anak namun tidak berlaku untuk orang dewasa.
    Maka sebaiknya Melcosh menyediakan nasi goreng yang umumnya di sajikan di yogyakarta. Tidak perlu terlalu menghias bentuk nasi goreng, cukup dalam bentuk yang sederhana saja. Terutama Melcosh bukanlah sebuah café yang menjual nasi goreng sebagai menu utama, melainkan menjual kopi sebagai menu utama. Maka sebaiknya Melcosh lebih berfikir cara untuk menghias kopi yang tidak biasa dijual di tempat umum. Ini akan membuat semakin banyak orang tertarik untuk mencicipi kopi yang disediakan Kafe Melcosh.
    Kafe melcosh harus lebih memikirkan teknik meracik kopi semenarik mungkin. Ini ditujukan agar para pengunjung selalu teringat akan keunikan kopi dari Kafe Melcosh. Apabila pelanggan senang, maka mereka secara otomatis bisa mempromosikan Kafe Melcosh dari mulut ke mulut. Sehingga keuntungan juga dapat diingkatkan.

    BalasHapus
  86. Nama : M. Alandanu Bakara
    Kelas : XII MIPA 8
    No. Absen : 21

    b) Tanggapan - Sanggahan - Penolakan
    lanjutan...
    Paragraf 9
    Pada paragraf tersebut pengarang menceitakan tentang misi Kafe Melcosh yang tidak hanya ingin bergerak di bidang bisnis tetapi juga bergerak di bidang pendidikan. Melcosh berupaya menghidupi Sekolah Menengah Kejuruan Sanjaya yang membawahi 11 sekolah di Kabupaten Sleman.
    Melcosh yang tidak memiliki kerja sama yang resmi dengan lembaga pendidikan tidak sewajibnya untuk menyediakan lahan, karena dibutuhkan banyak biaya untuk mewujudkan keinginan tersebut. Melcosh masih memerlukan banyak dana agar dapat memajukan Kafe tersebut.
    Menurut saya, sebaiknya Kafe Melcosh memfokuskan untuk bergerak pada satu bidang saja. Melcosh sendiri sudah tekenal dengan kualitas kopi nya yang sangat baik. Hal tesebut telah dibuktikan dari tanggapan orang – orang yang pernah menikmati kopi di Kafe Melcosh. Mereka sangat menikmati kopi yang disediakan di Melcosh. Maka sebaiknya, Melcosh lebih memfokuskan untuk mengembangkan usaha yang bergerak di bidang kopi ini.
    Kafe Melcosh terkenal akan kualitas kopinya, maka dari itu, sebagai pemilik Kafe, pengarang harus lebih memfokuskan pada bidang bisnis terlebih dahulu. Namun, bukan berarti pengarang idak mendukung bantuan untuk sekolah terebut. Namun alangkah baiknya apabila pengarang lebih mengedepankan kesuksesan kafe Malcosh terlebih dahulu, lalu pengarang bebas bergerak di bidang lain juga.

    BalasHapus
  87. Nama : Cantika Chandra
    Kelas : XII MIPA 8
    Absen : 03
    Wacana 1 ( Paragraf 7, 8, dan 9 )
    I. RESTRUKTURISASI
    1.1 Silogisme paragraf 7
    1.1.1 Kalimat inti : Melcosh sebagai pengantar menikmati kopi.
    1.1.2 Premis mayor : Sejumlah pilihan menu ndeso (Term A) sebagai pengantar menikmati kopi (Term B)
    1.1.3 Premis minor : Melcosh (Term C) menyediakan sejumlah pilihan menu ndeso (Term A)
    1.1.4 Kesimpulan : Melcosh (Term C) sebagai pengantar menikmati kopi (Term B)

    1.2 Silogisme paragraf 8
    1.2.1 Kalimat inti : Nasi goreng Melcosh yang agak unik.
    1.2.2 Premis mayor : Bentuknya yang kerucut seperti tumpeng (Term A) memang agak unik (Term B)
    1.2.3 Premis minor : Nasi goreng Melcosh (Term C) mempunyai bentuk kerucut seperti tumpeng (Term A)
    1.2.4 Kesimpulan : Nasi goreng Melcosh (Term C) yang agak unik (Term B)

    1.3 Silogisme paragraf 9
    1.3.1 Kalimat inti : Kafe Melcosh dirancang dengan basis pendidikan.
    1.3.2 Premis mayor : Untuk upaya menghidupi Sekolah Menengah Kejuruan Sanjaya (Term A), maka dirancang dengan basis pendidikan (Term B)
    1.3.3 Premis minor : Kafe Melcosh (Term C) untuk upaya menghidupi Sekolah Menengah Kejuruan Sanjaya (Term A)
    1.3.4 Kesimpulan : Kafe Melcosh (Term C) dirancang dengan basis pendidikan (Term B)

    BalasHapus
  88. II. TANGGAPAN – SANGGAHAN – PENOLAKAN PENDAPAT
    Paragraf pambuka
    Menikmati simfoni serangga malam di sejuknya lereng Merapi memang sangat menenagkan jiwa, ditambah lagi dengan ditemani kopi hangat serta jajanan-jajanan rakyat yang menambah nilai plus bagi kedai Melcosh yang berada di Jalan Kaliurang ini. Kedai Melcosh yang didesain semioutdoor alias setengah terbuka ini bertujuan agar para pengunjung dapat menikmati udara dari pepohonan serta menikmati pemandangan lereng Merapi. Berbeda dengan kedai-kedai lainnya yang menyediakan berbagai macam makanan modern, kedai Melcosh justru menyediakan berbagai macam makanan-makanan tradisional, seperti jadah bakar, tempe mendoan, pisang bakar, dan nasi goreng.Inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi kedai Melcosh, sehingga kedai ini selalu ramai akan pengunjung.
    Paragraf 7
    Pada era globalisasi sekarang ini, sangat mudah bagi kita untuk menemukan kedai-kedai yang menyediakan berbagai macam makanan modern, namun berbanding terbalik dengan makanan tradisional yang sangat susah untuk dicari pada kedai-kedai. Ini disebabkan karena perubahan era globalisasi yang tentunya juga membawa dampak negatif bagi produksi makanan tradisional. Disaat banyak kedai yang berlomba-lomba untuk menyajikan makanan modern sebagai menu andalannya, kedai Melcosh justru tetap mempertahankan makanan tradisional sebagai menu andalannya. Makanan tradisional inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi kedai Melcosh, sehingga dapat membawa pengunjung untuk berkujung di kedai ini. Makanan tradisional yang disediakan kedai Melcosh ini merupakan jajanan rakyat seperti jadah bakar, tempe mendoan, pisang bakar, dan nasi goreng.
    Kedai Melcosh yang tetap mempertahankan makanan tradisional dan tidak terpengaruh oleh perubahan trend makanan sekarang ini dapat diacungkan jempol. Tindakan kedai Melcosh dengan mempertahankan makanan tradisional ini sama saja dengan menunjukkan rasa bangga terhadap Indonesia, serta mau menjaga dan melestarikan makanan-makanan tradisional yang sudah mulai dilupakan dan ditinggalkan oleh masyarakat sekarang ini. Lokasi kedai Melcosh yang berada di dekat lereng Merapi yang ramai akan turis akan membawa banyak turis-turis asing datang ke kedai Melcosh untuk menikmati kopi serta jajanan-jajanan rakyat ataupun hanya untuk sekedar beristirahat disana. Dengan inilah, kedai Melcosh sama saja ingin memperkenalkan makanan tradisional Indonesia kepada para turis-turis. Sehingga, makanan tradisional Indonesia yang sudah ditiggalkan masyarakat Indonesia ini dapat bangkit lagi di Indonesia serta dapat berkembang dan terkenal sampai ke mancanegara.

    BalasHapus
  89. Paragraf 8
    Nasi goreng merupakan makanan tradisional yang ada di Indonesia, makanan tradisional ini sudah terkenal sampai ke luar Indonesia seperti Malaysia, Singapura, Thailand, dan berbagai Negara lainnya. Dan nasi goreng juga merupakan salah satu menu andalan yang ada di kedai Melcosh. Nasi goreng pada umumnya biasanya hanya ditaruh di atas piring tanpa dicetak ataupun dihias, berbeda dengan nasi goreng yang ada di kedai Melcosh. Nasi goreng yang berada di kedai Melcosh justru berbentuk kerucut menyerupai tumpeng. Disekitaran nasi goreng tersebut diberikan telur dadar agak kering, lalu ada juga mayonase, potongan daging ayam serta bakso, juga tidak lupa terdapat cabai di dalam nasi goreng tersebut. Jika digambarkan, nasi goreng andalan kedai Melcosh ini bentuknya menyerupai seperti Gunung Merapi.
    Tampilan nasi goreng yang inovatif inilah yang membuat menu ini menjadi andalan di kedai Melcosh, bentuknya yang dibuat menyerupai Gunung Merapi membuat kesan menarik, sehingga para pengujung yang datang ke kedai Melcosh menjadi penasaran dan ingin mencoba nasi goreng berbentuk Gunung Merapi tersebut. Pembentukan nasi goreng dengan bentuk seperti Gunung Merapi ini merupakan hal sederhana namun menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Nasi goreng berbentuk Gunung Merapi ini semakin lama akan semakin terkenal di kalangan para turis-turis asing yang berkunjung di kedai Melcosh, juga tentunya akan mendongkrak popularitas dari nasi goreng tersebut, sehingga nasi goreng berbentuk Gunung Merapi tersebut tidak hanya menjadi makanan tradisional di Indonesia, tapi bisa menjadi makanan modern di mancanegara.

    BalasHapus
  90. Paragraf 9
    Kebanyakan, kedai-kedai yang beroperasi itu hanya ingin mendapatkan keuntungan semata, tanpa mau memikirkan hal lain yang dapat mereka lakukan untuk membantu sesama mereka, contohnya saja membuka suatu kedai namun hasil keuntungan yang di dapat dari mengelola kedai tersebut digunakan untuk menghidupi suatu sekolah. Inilah yang dilakukan oleh kedai Melcosh. Kedai ini dikelolah sebagai bagian dari upaya untuk menghidupi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Sanjaya yang membawahi 11 sekolah di Kabupaten Sleman. Para era globalisasi sekarang ini, jarang sekali orang mau mengelola kedai yang keuntungannya diberikan untuk menghidupi suatu sekolah, para pengusaha biasanya malah bersaing untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya, seharusnya para pengusaha-pengusaha tersebut mempunyai kesadaran sedikit untuk membagikan sedikit dari keuntungan yang dia peroleh kepada orang-orang yang lebih membutuhkan.
    Secara pribadi, saya sangat setuju dengan apa yang dilakukan oleh kedai Melcosh, hal ini merupakan hal yang mulia yang dilakukan oleh kedai Melcosh. Menghidupi Sekolah Menengah Kejuruan Sanjaya yang membawahi 11 sekolah di Kabupaten Sleman ini bukanlah hal yang mudah, para pengusaha lain pasti langsung enggan untuk melakukan hal mulai seperti apa yang dilakukan oleh kedai Melcosh ini. Membantu biaya pendidikan sama saja dengan membantu memajukan generasi-generasi muda di Indonesia. Dengan bantuan ini, anak-anak yang tidak dapat bersekolah dikarenakan kendala uang dapat bersekolah dengan bantuan dari kedai Melcosh ini. Bukan hanya membantu untuk menghidupi sekolah, kedai Melcosh juga memberikan fasilitas-fasilitas yang baik untuk digunakan sebagai alat pembelajaran. Secangkir kopi itu sangat berarti untuk pendidikan mereka, tetapi kedai Melcosh tidak sepenuhnya berorientasi ke bisnis murni sehingga misi pendidikannya hilang. Pemikiran seperti inilah yang harusnya diterapkan oleh para pengusaha-pengusaha.
    Penutup
    Makanan tradisional yang ada di Indonesia harusnya menjadi ikon tersendiri bagi dunia kuliner di Indonesia. Perkembangan zaman yang semakin maju ini membuat makanan-makanan tradisional menjadi ditinggalakan oleh masyarakat Indonesia. Seharusnya masyarakat Indonesia tidak meninggalkan makanan-makanan tradisional yang ada, mereka seharusnya dapat membuat kreasi-kreasi baru dari makanan tradisional tersebut. Sehingga makanan tradisional Indonesia dapat maju, tidak hanya di Indonesia namun juga terkenal sampai ke mancanegara. Tidak hanya itu, para pengusaha-pengusaha seharusnya tidak bersikap egois terhadap orang lain yang berada di bawahnya, para pengusaha haruslah memiliki pemikiran untuk membantu sesama, dalam hal bisnis para pengusaha dapat membagikan keuntungannya kepada orang-orang atau sekolah-sekolah yang kurang mampu.

    BalasHapus
  91. Nama : Karina Claudia
    Kelas : XII MIPA 8
    No. Absen : 17
    I. RESTRUKTURISASI (Paragraf 7, 8, dan 9)
    1.1 Premis Mayor : Jenis aplikasi dan layanan streaming musik berbasis internet yang terus berkembang (A) memanjakan konsumen.(B)
    Premis minor : Perkembangan teknologi yang pesat (C) mulai menyediakan jenis aplikasi dan layanan streaming musik berbasis internet yang terus berkembang. (A)
    Kesimpulan : Perkembangan teknologi yang pesat (C) semakin memanjakan konsumen.(B)

    1.2 Premis Mayor : Laman atau aplikasi berbayar seperti Deezer, Guvera, MixRadio Spotify, dan Joox (A) menawarkan layanan berbayar dengan cara berlangganan. (B)
    Premis minor : Bagi mereka yang mengutamakan kualitas suara (video)(C) dapat berlangganan di laman atau aplikasi berbayar seperti Deezer, Guvera, MixRadio Spotify, dan Joox.(A)
    Kesimpulan : Bagi mereka yang mengutamakan kualitas suara (video)(C), beberapa aplikasi menawarkan layanan berbayar dengan cara berlangganan. (B)

    1.3 Premis Mayor : Industri rekaman fisik yang pernah mengalami zaman keemasan(A) tergilas oleh industri musik dalam format digital.(B)
    Premis minor : Industri musik yang mengandalkan bentuk rekaman fisik (C) pernah mengalami zaman keemasan.(A)
    Kesimpulan : Industri musik yang mengandalkan bentuk rekaman fisik (C) tergilas oleh industri musik dalam format digital.(B)

    BalasHapus
  92. Nama : Karina Claudia
    Kelas : XII MIPA 8
    No. Absen : 17
    II. TANGGAPAN, SANGGAHAN, DAN PENOLAKAN PENDAPAT
    Perkembangan teknologi yang semakin pesat sekarang menimbulkan efek yang sangat luar biasa pada masyarakat luas. Contohnya saja kemajuan teknologi di bidang musik. Pada tahun 90-an musik dapat didengar dari sebuah piringan hitam dengan menggunakan alat yang bernama Gramophone. Alat yang termasuk dalam kategori besar ini berfungsi untuk menghasilkan suara dari gesekan antara jarum stylus dengan piringan hitam tersebut. Namun sekarang, musik sudah dapat didengar hanya dengan beberapa sentuhan di layar telepon genggam. Suara yang dihasilkan pun tidak kalah jernih dari suara yang dihasilkan oleh Gramophone.
    7. Sekarang musik sudah dapat diunduh di internet. Kita tidak perlu lagi membeli piringan-piringan hitam dan Gramophone. Musik berbasis digital dapat diakses melalui jaringan internet yang gratis maupun berbayar. Cara ini memang lebih efektif dan efisien bagi pecinta musik. Apalagi sekarang musik dapat diperoleh dari aplikasi Youtube. Youtube menyediakan berbagai jenis musik, dari musik klasik, instrumen, sampai musik pop. Musik yang terdapat di Youtube dapat berupa audio ataupun video. Musik-musik ini pun dapat diunduh dengan cepat dan mudah. Dengan kemajuan yang pesat begitu siapa yang tidak merasa dimanjakan?
    Dengan adanya kemudahan tersebut, beberapa orang telah merubah gaya hidupnya. Banyak kalimat seperti, “Tiada hari tanpa musik” atau “Musik adalah hidupku” telah menjadi tren bagi anak-anak muda. Selain itu, mengakses aplikasi Soundcloud juga tidak terlalu sulit dilakukan. Hal ini terjadi karena teknologi modern yang telah menciptakan telepon genggam berkembang begitu pesat. Tetapi untuk mengakses aplikasi-aplikasi ini tentunya memerlukan jaringan internet. Bila seseorang tidak memiliki koneksi internet, maka ia tidak dapat membuka aplikasi tersebut.
    8. Bagi para penikmat musik dengan format video tidak hanya dapat mengakses musik kesukaannya dari Youtube saja, melainkan dapat berlangganan dengan membuka aplikasi seperti Vevo, Deezer, Guvera, MixRadio Spotify, dan Joox. Aplikasi-aplikasi ini tentu saja tidak diperoleh secara gratis. Aplikasi tersebut dapat kita akses dengan cara membayar dan berlangganan. Cara membayarnya dapat melewati kartu kredit atau secara online. Mungkin bagi sebagian orang mengkases aplikasi ini merupakan pemborosan tetapi ada alasan-alasan tertentu mengapa aplikasi ini diakses dengan cara berbayar. Mungkin pada aplikasi ini genre musik yang disediakan lebih banyak daripada aplikasi lain dan memiliki kualitas yang jauh lebih baik dari yang lainnya. Namun apakah dengan pernyataan diatas lantas semua orang bisa langsung memahami apa tujuan dari aplikasi berbayar tersebut? Tidak, orang pasti berpikir kalau aplikasi ini mengeluarkan uang yang banyak sehingga mereka tidak mau mengaksesnya. Lalu apakah perusahaan-perusahaan dari aplikasi tersebut akan cepat bangkrut? Tentu saja tidak. Mereka tentu memiliki jalan lain agar mereka memperoleh keuntungan yang besar.
    Contohnya saja mereka membuat aplikasi seperti iTunes yang berasal dari Apple. Semua orang tentu tahu bahwa produk keluaran dari Apple merupakan produk yang berkualitas tinggi. Jadi bagi mereka yang tidak mau mengakses dari iTunes jangan khawatir, masih ada aplikasi lain yang disediakan di Google Play Store bagi pengguna Android. Untuk aplikasi yang tersedia di Google Play Store penggunaannya cukup mudah yaitu tinggal mengunduh aplikasi yang tersedia lalu Anda dapat langsung menginstall aplikasi tersebut.

    BalasHapus
  93. Nama : Karina Claudia
    Kelas : XII MIPA 8
    No. Absen : 17
    9. Industri musik yang mengandalkan bentuk rekaman fisik seperti piringan hitam maupun kaset tergilas oleh industri musik dalam format digital yang banyak beredar di internet. Padahal industri musik yang mengandalkan bentuk fisik tersebut sempat meraih masa keemasan pada tahun 90-an. Sungguh disayangkan hal itu terjadi. Menurut saya, musik dalam bentuk piringan hitam itu cukup unik. Mengapa tidak, hal yang membuat saya tertarik adalah bagaimana bisa sebuah alat dapat membaca gelombang-gelombang suara yang direkam dalam piringan hitam lalu dapat diubah dalam bentuk bunyi yang dapat didengar oleh orang lain. Hal ini tentu menjadi bagian terunik dari alat musik Gramophone. tentu saja alat musik ini mempunyai kekurangan, yaitu ukurannya yang besar.
    Pada periode 1990, industri musik Tanah Air pernah berhasil menjual album musik hingga mencapai 77,5 juta kopi. Hal ini tentu menjadi kebanggan bagi industri musik tersebut. Keberhasilan ini merupakan bukti bahwa musik dalam bentuk format fisik memang tidak kalah baiknya dari musik dalam format digital. Hanya saja musik dalam format fisik ini kurang efisien dan tidak mudah dibawa kemana-mana.
    Sesungguhnya musik dalam bentuk format fisik tidak memiliki banyak kekurangan, namun karena zaman telah berubah dan manusia menginginkan semua kegiatan menjadi lebih efisien, maka terciptalah musik dalam format digital. Menurut saya musik dalam format fisik tidak terlalu buruk karena hal itu merupakan penemuan alat pemutar musik pertama yang dibuat oleh manusia.

    BalasHapus
  94. RESTRUKTURISASI
    Paragraf 10
    Inti Kalimat : Presesi ekonomi menyusut dan kembali meningkat pada tahun 1999
    PM : Presesi ekonomi menyusut dan kembali meningkat pada tahun 1999
    Pm : Di tanah air musik mulai lesu dan terus merosot hingga saat ini presesi ekonomi
    Kesimpulan : Di tanah air musik mulai lesu dan terus merosot hingga saat ini dan kembali
    meningkat pada tahun 1999
    Paragraf 11
    Inti Kalimat : Model pembajakan berupa pengadaan rekaman bentuk kaset, CD, dan DVD ilegal dibagikan secara bebas dan terbuka di internet
    PM : Model pembajakan berupa pengadaan rekaman dalam bentuk kaset, CD, dan DVD
    ilegal dibagikan secara bebas dan terbuka di internet
    Pm : Hasil surfey asosiai industri rekaman indonesia meyebutkan sekitar 6.000.000 klai
    penguduhan secara ilegal berupa kaset,CD, dan DVD
    Kesimpulan : Hasil surfey asosiasi industri rekaman indonesia menyebutkan sekitar 6.000.000
    kali pengunduhan secara ilegal dibagikan secara bebas dan terbuka di internet.
    Paragraf 12
    Inti Kalimat : Kehadiran teknologi internet menghadirkan dunia digiatal secara masif dan luas
    PM : Kehadiran teknologi internet menghadirkan dunia digiatal secara masif dan luas
    Pm : Perubahan gaya hidup masyarakat tidak bisa dimungkiri kehadiran teknologi
    internet
    Kesimpulan : Perubahan gaya hidup masyarakat menghadirkan dunia digital secara masif dan
    luas
    NAMA :Daniel Leonardo S.
    KELAS:XII MIA 8
    ABSEN: 8

    BalasHapus
  95. TANGGAPAN, SANGGAHAN, PENOLAKAN PENDAPAT
    Teknologi yang digunakan manusia terus maju dengan berkembangnya zaman. Perkembangan teknologi yang terus maju ini juga berdampak terhadap perkembangan industri musik yang ada di Indonesia. Perkembangan teknologi ini sangat mempengaruhi resesi ekonomi di bidang musik dan perubahan bentuk fisik musik dari cakram ke bentuk digital yang bisa didapatkan di internet. Kemajuan teknologi ini juga menimbulkan kelebihan dan juga berbagai ancaman bagi industri musik di Indonesia.
    Paragraf 10
    Pada paragraf 10 ini menggunkan istilah resesi ekomi . Pada paragraf 10 ini menjelaskan tentang resesi ekonomi penjualan CD, kaset, dan DVD yang terjadi di Indonesia hal ini terjadi akibat bergesenya cara konsumsi dan gaya hidup konsumen yang terjadi. Paragraf ini juga menjelaskan kenaikan dan penurunan permitaan akan musik pada tahun 1999 dan 2000──20013.

    Memang benar saat ini musik bisa dinikmati melalui internet sehingga industri musik di tanah air terus merosot, sehingga membuat pencipta lagu dirugikan dan merasa tidak dihargai atas karya-karyanya. Hal ini memang membuat merosotnya penurunan resesi ekonomi penjualan CD,kaset dan DVD, yang berdampak banyaknya toko kaset gulung tikar.
    Paragraf 11
    Pada paragraf ini menjelaskan tentang pembajakan yangi tak hanya berupa penggandaan rekaman dalam bentuk kaset, CD, atau DVD ilegal. Lebih dari itu, masyarakat demikian mudah menggandakan musik dari format cakram ke bentuk digital untuk kemudian dibagikan secara bebas dan terbuka di internet. Hasil survei Asosiasi Industri Rekaman Indonesia tahun 2013 menyebutkan terjadi sekitar enam juta kali pengunduhan ilegal lagu setiap hari melalui internet. Hal ini mengakibatkan industri rekaman menanggung kerugian hingga Rp 6 miliar per hari.
    Memang benar pembajakan dalam bentuk kaset, CD, dan DVD secara ilegal terjadi di masyarakat sekarang ini sehingga cakra ke bentuk digital dibagikan secara bebas dan terbuka di internet. Banyaknya pembajakn kaset seperti ini membuat banyak kerugiaan yang terjadi pada pencipta lagu karena kaset yang asli tidak lagi diminati sebab harga kaset bjakan lebih murah daripada kaset asli.
    Paragraf 12
    Dari paragraf 12 terdapat masalah yaitu perubahan gaya hidup masyarakat mengakibatkan berbagai media yang sebelumnya melekat dalam keseharian menjadi tidak relevan lagi. Kaset, CD, dan DVD sangat mungkin tidak lagi mendominasi, tetapi akan tetap bertahan dan beradaptasi seperti piringan hitam yang sempat berjaya di masa silam.
    Kehadiran teknologi internet menghadirkan dunia digital secara luas memudahkan penikmat musik dalam bentuk kaset, CD, dan DVD. Kehadiran yang disebabkan oleh pergeseran gaya hidup dalam masyarakat ini membuat banyak kerugian resesi ekonomi yang dampaknya dirasakan oleh penjual kaset, CD, dan DVD asli. Kehadiran teknologi yang bebas seperti bukan membuat hanya memudahkanpenikmat musik, tetapi membuat penikmat musik menjadi tidak menghargai pencipta lagu tersebut karena sebelum kemajuan teknologi ini banyak penikmat musik yang menghargai pencipta musik tersebut.

    Penutup
    Perkembangan teknologi pada industri musik membuat mudah penikmat musik untuk menikmati musik. Menikatnya kebutahan mayarakat mengenai musik pada internet menimbulkan penurun resesi ekonomi yang terjadi pada tiap tahunnya. Hal tersebut banyak pemilik industri musik asli mengalami gulung tikar akibat kurangnya permintaan penikmat musik dengan kaset, CD,dan DVD asli. Pergeseran gaya hidup akibat perkembangan teknologi ini telah membuat banyak banyak penikamt musik tidak menghargai pancipta ang telah membuat tersebut. Penikmat musik harusnya lebih menghargai pencipta lagu dengan membeli kaset, CD,dan DVD asli walaupun dengan mudah mendapatkan bajakanya dari internet.
    NAMA :Daniel Leonardo S.
    KELAS:XII MIA 8
    ABSEN: 8

    BalasHapus
  96. RESTRUKTURISASI
    Paragraf 10
    Inti Kalimat : Presesi ekonomi menyusut dan kembali meningkat pada tahun 1999.
    PM : Presesi ekonomi menyusut dan kembali meningkat pada tahun 1999.
    Pm : Di tanah air musik mulai lesu dan terus merosot hingga saat ini presesi ekonomi
    Kesimpulan : Di tanah air musik mulai lesu dan terus merosot hingga saat ini dan kembali
    meningkat pada tahun 1999.

    Paragraf 11
    Inti Kalimat : Model pembajakan berupa pengadaan rekaman bentuk kaset, CD, dan DVD ilegal dibagikan secara bebas dan terbuka di internet.
    PM : Model pembajakan berupa pengadaan rekaman dalam bentuk kaset, CD, dan DVD
    ilegal dibagikan secara bebas dan terbuka di internet .
    Pm : Hasil surfey asosiai industri rekaman indonesia meyebutkan sekitar 6.000.000 klai
    penguduhan secara ilegal berupa kaset,CD, dan DVD.
    Kesimpulan : Hasil surfey asosiasi industri rekaman indonesia menyebutkan sekitar 6.000.000 .
    kali pengunduhan secara ilegal dibagikan secara bebas dan terbuka di internet.

    Paragraf 12
    Inti Kalimat : Kehadiran teknologi internet menghadirkan dunia digiatal secara masif dan luas.
    PM : Kehadiran teknologi internet menghadirkan dunia digiatal secara masif dan luas
    Pm : Perubahan gaya hidup masyarakat tidak bisa dimungkiri kehadiran teknologi
    Internet.
    Kesimpulan : Perubahan gaya hidup masyarakat menghadirkan dunia digital secara masif dan .
    luas .

    BalasHapus

Posting Komentar

Gunakan nama dan email masing-masing! Harap ditulis nama, kelas, dan nomor absen.

Postingan populer dari blog ini

CERITA PENDEK ON-LINE KARYA SISWA-SISWI KELAS XII IPA 3 TAHUN 2014/2015

CERITA PENDEK ON-LINE KARYA SISWA-SISWI KELAS XII IPA 2 TAHUN 2014/2015

FORMAT KARYA TULIS ILMIAH AKADEMIS