Postingan

Menampilkan postingan dari Juni 13, 2013

MENUMBUHKAN KEBIASAAN MENULIS POLA ILMIAH AKADEMIS SISWA SMA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN ANALISIS BUKU SASTRA

I. PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah      Pembelajaran menulis sebagai bentuk keterampilan berbahasa produktif belum diberdayakan sebagai suatu ranah keterampilan berbahasa yang menyenangkan bagi para pembelajar. Selama ini pembelajaran menulis di sekolah belum mendapatkan perhatian yang baik dari guru dalam porsi yang cukup. Pembelajaran menulis di sekolah hanya mendapat porsi waktu yang sedikit dibandingkan dengan pembelajaran kebahasaan lainnya. Selain itu, guru acap kali hanya berorientasi melihat hasil tulisan siswa tanpa membelajarkan proses menulis pada siswa. Akhirnya, tujuan pembelajaran menulis hanya mengarah pada pencapaian kemampuan pemahaman konsep atau teori menulis belaka sehingga masih jauh dari takaran hasil belajar yang membawa siswa aktif produktif tertulis.      Di sisi lain kalangan guru lebih banyak yang hanya berorientasi pada segmen kurikulum yang masih merupakan plat datar dari ranah peraturan menteri yang terkait. Lebih parah lagi pembelajar